Zumba membuat badan tetap fit. (Sumber: Unsplash/Danielle-Cerullo)

Menari Sembari Olahraga, Ini Manfaat & Asyiknya Zumba

03 June 2021   |   14:19 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ada beragam cara untuk membuat badan tetap fit dan bugar, salah satunya adalah kegiatan zumba. Kegiatan satu ini adalah kombinasi dari gerakan kardio dengan tarian yang bisa membantu mengurangi stress dan memperbaiki suasana hati.

Sudah tidak diragukan lagi kalau zumba telah membantu banyak orang di seluruh dunia untuk lebih sehat melalui menari.

Zumba terus berkembang menjadi kegiatan yang menyenangkan dan aman untuk mendorong semangat orang-orang meraih lebih banyak manfaat bukan hanya kesehatan fisik tetapi juga kestabilan emosi dan kepercayaan diri.

Evelyn Liem, salah satu orang yang telah rutin melakukan zumba selama 6 tahun, telah menjadikan menari sebagai bagian dari rutinitas untuk merasakan hari yang menyenangkan dan mengenal diri lebih baik.

“Sejak pertama kali mengikuti zumba, saya akhirnya menemukan apa yang saya cari. Saya suka menari mengikuti alunan musik sejak kecil dan zuma memberikan kesempatan untuk menemukan kembali passion yang hilang,” ungkapnya.

Bahkan, Evelyn mengatakan menemukan harapan baru untuk bisa sembuh dari penyakit kanker yang dideritanya melalui menari.

Hampir senada, Denada Tambunan, seorang instruktur zumba menceritakan bahwa dirinya mendapatkan banyak manfaat dalam kegiatan zumba.

“Zumba dapat membakar 800 kalori per jam, membuat saya berenergi dan siap untuk memulai hari. Zumba juga membuat saya merasa bugar, kuat dan tidur lebih nyenyak,” kata Denada.

Sebuah penelitian dari Journal of Applied Gerontology menemukan bahwa menari merupakan salah satu cara penghilang stres yang aktif. 

Dengan suara musik yang lantang dan irama yang dinamis, kegiatan zumba menciptakan suasana layaknya berpesta sehingga para peserta tidak ragu untuk menggerakkan badan dan kaki mereka mengikuti alunan musik. Sambil bersenang-senang, mereka secara tidak langsung membakar kalori dan meningkatkan fleksibilitas pada tubuh.

Semakin seseorang cepat menari, semakin cepat pula jantung berdetak dan menjadikannya lebih kuat dan sehat.

Nah, jadi gimana nih Genhype, tertarik untuk mulai coba kegiatan zumba?

Editor: Indyah Sutriningrum

 

SEBELUMNYA

Jangan Sembarangan, Begini Cara Aman Bersepeda Saat Pandemi

BERIKUTNYA

6 Tips Rambut Kece ala Karakter Drakor Vincenzo dari Penata Profesional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: