Layar kunci smartphone (Sumber: Unsplash/Nicolas Hirajeta)

Menikmati Ragam Konten dari Layar Kunci Smartphone

26 February 2023   |   10:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Ponsel pintar atau smartphone sudah jadi kebutuhan tiap orang pada era serba digital seperti sekarang. Setiap harinya, kita bisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam memainkan perangkat segenggaman tangan tersebut. Bahkan ketika tidak ada notifikasi, tak jarang kita selalu mengecek layar ponsel yang terkunci atau lock screen

Kebiasaan tersebut coba dieksplorasi oleh Glance, platform digital yang menghadirkan berbagai konten di layar kunci ponsel pengguna. Konten yang disediakan berupa entertainment, belanja daring, permainan video gim, berita, dan olahraga. Dengan platform ini artinya para pengguna tidak perlu membuka kunci ponsel dan mengunduh aplikasi lagi untuk menikmati konten tersebut. 

CO-founder InMobi Group dan President & COO Glance, Piyush Shah, mengatakan bahwa lock screen Glance menawarkan konten premium yang dipersonalisasi dan tren dari penerbit lokal maupun global di seluruh kategori. Termasuk hiburan, olahraga, perjalanan, gaya hidup, permainan gim video, dan konten langsung pada para kreator. 

Sampai saat ini, dia mengklaim, terdapat lebih dari 225 juta pengguna menikmati Glance di ponsel Android mereka. Indonesia, lanjutnya, menjadi negara kelima di dunia yang paling banyak menggunakan platform tersebut. "Di Indonesia sendiri, tiga kategori teratas di lock screen Glance adalah konten hiburan, gim, dan teknologi," katanya. 

Masing-masing dari kategori tersebut telah mengumpulkan sekitar 626 juga, 591 juta, dan 411 juta tayangan video. Melalui layar kunci ponsel, pengguna dapat bermain gim secara langsung, melihat konten kesehatan dan kebugaran, serta konten lainnya yang relevan dengan karakteristik dan kebiasaan para pengguna.

Baca juga: 9 Cara Mematahkan Kecanduan Smartphone
 

(Sumber: Glance)

(Sumber: Glance)

Shah menyatakan bahwa Glance berencana meluncurkan platform tayangan langsung (live streaming) bernama Roposo. Nantinya setelah platform itu diluncurkan di dalam negeri, perusahaan akan menambahkan konten live premium berbasis kreator di layar kunci smartphone seluruh pengguna. Hal ini disebutkan bakal membuka peluang munculnya lebih banyak kreator konten lokal. 

Selain itu, Glance juga berencana menyediakan lebih banyak konten gim dan live game streaming action yang didukung oleh platform permainan Nostra. Pada tahun ini, platform tersebut berencana memperluas koleksi permainannya dari 400 gim menjadi 1.000 judul melalui kemitraan dengan studio dan pengembang gim video global. 

Director of Market Development Glance Indonesia, Dalip Shahri, mengatakan dengan ekspansi Nostra serta rencana peluncuran Roposo, diharapkan bisa memberikan dampak yang signifikan pada industri gim nasional dan ekosistem kreator di dalam negeri. 

"Glance adalah smart lock screen yang menyediakan semua konten. Selain gaming dan spesifik brand untuk live, kami juga punya tayangan film. Jadi setiap hari minggu bisa nonton film gratis episode 1 dan 2 selama 7 jam, dari jam 12 [siang] sampai jam 7 malam," katanya. 

Adapun, Ketua Tim Business Matchmaking Direktorat Ekonomi Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Luat Sihombing, mengatakan bahwa sektor ekonomi digital hadir sebagai ujung tombak percapatan pemulihan ekonomi nasional. Tak bisa dimungkiri bahwa pandemi telah merontokkan banyak bidang ekonomi, tapi sektor digital justru tumbuh pesat. 

"Jika bicara dari sisi konten, keamanan siber, dan bagaimana kenyamanan pengguna, tentu kita mengharapkan Glance akan memberikan dampak baik dari konten informasi yang disebarkan," katanya. 

Baca juga: Tren Smartphone 2023: Layar Lipat, Ponsel Spesifik hingga Ekosistem Gawai

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Review Game The Bad Kids, Remaja & Mimpi Buruk Realitas Dewasa 

BERIKUTNYA

Pameran Art Mandalika Digelar, Jadi Ruang Apresiasi & Motivasi Seniman NTB

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: