Ant-Man and the Wasp: Quantumania mendapatkan arahan dari Sutradara Peyton Reed (Sumber gambar: Tangkapan layar YouTube Marvel Entertainment)

Film Ant-Man and the Wasp: Quantumania Raup Rekor Pendapatan Meski Rating Rendah

21 February 2023   |   14:51 WIB

Film Ant-Man and the Wasp: Quantumania berhasil memperoleh pendapatan kotor sebesar US$357,3 juta atau sekitar Rp5,4 triliun (kurs US$1=Rp15.123) di seluruh dunia total selama 6 hari penayangan yakni pada 15-20 Februari 2023. Film ini tercatat mengungguli dua film Ant-Man yang telah rilis sebelumnya.

Berdasarkan laman Box Office Mojo, pendapatan kotor itu membuat film yang mendapatkan arahan dari sutradara Peyton Reed itu menjadi yang teratas dalam daftar film Box Office yang rilis pada 2023. Ant-Man and the Wasp: Quantumania berhasil jauh menunggunguli film yang rilis pada tahun ini.

Baca juga: 5 Fakta yang Perlu Diketahui tentang Kang The Conqueror, Super Villain Cerdas di Ant-Man and the Wasp: Quantumania

Film–film itu antara lain Pathaan, Titanic 25 Year Anniversary, Plane, Knock at the Cabin, Magic Mike’s Last Dance, 80 for Brady, Missing, Operation Fortune: Ruse de guerre, Asterix & Obelix: The Middle Kingdom, dan sebagainya. Tidak hanya itu, film ini juga tercatat menjadi film dengan perolehan tertinggi untuk sementara, baik dari pasar domestik maupun internasional.

Film yang rilis di pasar domestik Amerika Serikat pada 17 Feburari 2023 itu berhasil memperoleh US$118 juta sampai dengan 20 Februari 2023. Sementara itu, film ini berhasil meraih pendapatan kotor total dari pasar internasional sejak 15 Februari 2023 sampai 20 Februari 2023 sebesar US$239,3 juta.

Pada kategori pembukaan selama 3 hari di pasar domestik dari 17 sampai 19 Februari 2023, film ini berhasil menjadi yang pertama dengan pendapatan US$104 juta, dan mengalahkan Avatar: The Way of Water, Magic Mike's Last Dance, Puss in Boots: The Last Wish.

Tidak hanya itu, pendapatan di pasar domestik Amerika Serikat juga tercatat lebih besar jika dibandingkan dengan pendapatan dua film Ant-Man lainnya, yakni Ant-Man (2015) dan Ant-Man and the Wasp (2018) dalam akhir pekan pembukaannya. Ant-Man tercatat memperoleh pendapatan kotor US$57,2 juta, dan Ant-Man and the Wasp sebesar US$75,8 juta. 

Perolehan dari pasar dunia yang didapat oleh film Ant-Man and the Wasp: Quantumania juga tercatat telah mencapai 68 persen dari pendapatan Ant-Man dan 57,38 persen dari pendapatan Ant-Man and the Wasp.

Meskipun berhasil memperoleh pendapatan yang lebih baik dari dua film lainnya, Ant-Man and the Wasp: Quantumania tercatat memiliki rata-rata rating yang lebih rendah. 

Berdasarkan laman Internet Movie Database (IMDb), Ant-Man and the Wasp: Quantumania memperoleh rata-rata rating 6,6 dari 10 untuk sementara dengan jumlah pemberi nilai mencapai 40.737 pengguna IMDb. Sementara itu, film Ant-Man memiliki rata-rata rating 7,3 dari 10 dengan jumlah pemberi nilai sekitar 677.000 pengguna akun IMDb. 


Visual Tidak Maksimal

Masih dalam laman IMDb, salah satu akun yang memberikan nilai 7 menilai bahwa film Ant-Man and the Wasp: Quantumania bukan lah film yang buruk. Film ini adalah film bagus, tapi tidak spesial. Secara teknis, teknik CGI yang terdapat dalam film terasa sangat kasar di beberapa tempat, dan editing terkadang sangat mati.

Sementara itu, salah satu pemilik akun IMDb yang memberikan nilai enam menuliskan bahwa diri menikmati menonton film ini. Menurutnya, Ant-Man and the Wasp: Quantumania adalah film yang sebagian besar solid dan cukup menghibur.

Meskipun begitu, film ini dinilai standar dalam level MCU, dan terasa mengecewakan. Sang pemberi nilai menuturkan tidak sepenuhnya merasa terlibat pada paruh pertama film. Dia mengaku menikmati, tapi tidak terikat.

Cerita yang tersaji juga terlihat tidak fokus. Ketika penjahat menjadi lazim, film melompat satu tingkat. Namun, itu tidak sepenuhnya menebus babak pertama yang jauh lebih lemah. Sama dengan pemberi nilai 7, hal lain yang mengejutkan adalah pemberi nilai tidak terpesona oleh visual film ini. Sang pemberi nilai menuturkan bahwa visual yang tersaji terlihat sangat kreatif dan tidak melihat CGI yang buruk seperti beberapa orang lain.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Nonton Ant-Man and The Wasp: Quantumania

Meskipun begitu, sang pemberi nilai mengaku tidak merasa kagum seperti yang sering terjadi dengan efek CGI yang tersaji. Kemungkinan perasaan itu dapat terjadi lantaran film yang lalu seperti Doctor Strange 2 dan Avatar 2 memiliki efek CGI yang memukau.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Metafora Sugestif Goresan Goenawan Mohamad dalam Pameran Tunggal Kitab Hewan 

BERIKUTNYA

Ternyata Ini Faktor yang Mendorong Masyarakat Jadi Impulsive Buyer

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: