Fitur Virtual Try On (Sumber gambar: Blibli)

Fitur Virtual Try On untuk Produk Kosmetik, Tak Perlu Takut Salah Pilih Shade Makeup

20 February 2023   |   16:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Industri kosmetik memang tiada habisnya untuk dibahas. Apalagi, berkembangnya tren belanja kosmetik di marketplace semakin mempermudah konsumen mendapatkan produk yang diinginkan. Namun tidak seperti membeli busana atau sepatu yang ukurannya sudah jelas, membeli produk seperti makeup memiliki tantangan tersendiri.

Pasalnya, produk makeup berkaitan dengan kecocokan warna kulit, tipe kulit, hingga tekstur. Hal inilah yang acap kali membuat konsumen kesulitan memilih jenis make up yang sesuai dengan wajahnya.

Baca juga: Kiat Makeup Pria Hasilkan Korean Natural Look ala Gabriel Prince

Blibli, salah satu platform marketplace menghadirkan fitur terbaru bernama Virtual Try On. Fitur ini sengaja dihadirkan untuk memberi pengalaman belanja produk kosmetik yang seamless. Tujuannya adalah mempermudah konsumen memilih shade, tekstur, hingga warna yang sesuai dengan rona wajah dengan lebih dari 2000 shades.

Cara kerja fitur ini adalah mencocokan produk kosmetik untuk bagian mata, wajah, hingga bibir secara virtual melalui live video. Fitur Virtual Try On ini didukung dengan teknologi Augmented Reality (AR). Ada sekitar 22 brand makeup yang berpatisipasi mendukung fitur Virtual Try On in mulai dari brand lokal hingga internasional. Beberapa brand yang bisa dicoba dengan fitur ini antara lain Wardah, Somethinc, Dear Me, BLP, Rose All Day, dan Luxcrime.

Hadirnya fitur Virtual Try On ini pun menjawab kebutuhan solusi konsumen dalam memperkaya pengalaman belanja kosmetik di berbagai merek. Hal itu juga beriringan dengan meningkatnya permintaan produk kosmetik lebih dari 50 persen.

“Permintaan produk meningkat lebih dari 60% yang didominasi kebutuhan produk perawatan wajah, serta semakin beragamnya pilihan produk makeup yang meningkat lebih dari 170 persen,” kata Stephanie Santoso selaku VP Kesehatan & Kecantikan Category Blibli.

Lewat fitur Virtual Try On ini, pengguna bisa menentukan tampilan seperti apa yang ingin dipilih. Misalnya penyuka makeup natural, maka pengguna bisa menggunakan sedikit bedak tabur dengan menonjolkan sisi mata melalui penggunaan maskara. Penggunaan maskara juga sebaiknya tipis saja, berfokus membuat bulu mata lebih lentik dan panjang alami tanpa perlu menggunakan maskara berlapis hingga terlihat tebal.

Produk blush on dan contour yang tajam juga bisa dipilih untuk membuat tampilan lebih glamour dan bold. Bagi yang menyukai make up ala Korea, pilihan warna pink dan peach bisa membuat rona wajah lebih segar dengan memilih foundation atau cushion dengan tampilan dewy finish. Korean look terlihat sempurna dengan warna peach dan sedikit highlighter di bagian hidung.

Baca juga: 4 Rekomendasi Produk Makeup Hybrid, Dapat Benefit Riasan dan Skincare Sekaligus

Konsumen bisa mencoba fitur ini melalui aplikasi Blibli di Android dan iOS, tepatnya pada bagian pojok kiri bawah halaman produk image dengan tulisan Try On. Cukup foto wajah dengan mode selfie kemudian pilih ragam produk secara virtual untuk dicocokan dengan shade dan tekstur, misalnya warna foundation, lipstick, pilihan bedak, eyeshadow, dan lainnya.  

Editor: Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

Konser Tiket BLACKPINK Dijual Lagi, Cek Kategori yang Tersedia & Cara Belinya

BERIKUTNYA

5 Alasan Infinix Zero 5G Menarik untuk Dimiliki, Spek Gahar Harga Wajar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: