Jahe adalah salah satu bahan yang ada di dalam Bir Kotjok (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ pixabay)

Bir Kotjok Bogor, Racikan Minuman Rempah yang Bikin Segar

19 February 2023   |   19:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Alih-alih memabukkan, minuman bir yang satu ini justru dapat membuat badan menjadi segar. Bukan tanpa sebab, bahan-bahan yang dipakai untuk meracik minuman ini terbuat dari rempah-rempat pilihan sehingga dapat membuat tubuh jadi bugar dan membantu menjaga kesehatan.

Bir tersebut dikenal dengan sebutan Bir Kotjok, sebagai minuman khas dari Bogor. Minuman yang satu ini tidak boleh terlewatkan saat kalian berkunjung atau berwisata di daerah yang terkenal dengan kota hujan ini.

Baca juga: Rekomendasi Wisata Alam dan Kuliner di Bogor

Dikutip dari laman kotabogor.go.id, minuman yang satu ini disebut Bir Kotjok lantaran cara membuatnya yang dikocok-kocok layaknya membuat minuman milk shake. Minuman ini disebut sudah ada sejak 1960an.
 
Sama-sama menggunakan nama bir, Bir Kotjok ternyata berbeda dengan Bir Pletok yang merupakan khas dari Jakarta. Perbedaan itu terdapat pada bahan yang digunakan. Bir Kotjok adalah minuman yang menggunakan bahan jahe, kayu manis, cengkih, dan gula aren.

Gula aren dan jahe yang terdapat dalam minuman ini membuatnya memiliki rasa manis dan hangat ketika diseruput. Tidak hanya itu, cengkih dan kayu manis yang juga menjadi bagian dalam minuman ini membuatnya memiliki aroma harum.

Dalam proses pembuatannya, semua bahan, yakni jahe, kayu manis, cengkih, dan gula aren direbus secara bersamaan. Setelah mendidih, semua bahan tersebut disaring. Kemudian, air rebusan tersebut ditempatkan atau dimasukkan ke dalam botol minuman.

Biasanya, Bir Kotjok akan dibuat saat ada yang memesannya. Penjaja minuman ini akan menempatkan bir di dalam teko dengan es. Kemudian, bir dan es tersebut dikocok sampai berbuih. Setelah itu, bir pun siap disajikan. Minuman ini akan memiliki sensasi rasanya sendiri ketika dikocok sampai mengeluarkan buih.

Para pelancong tidak akan mengalami kesulitan untuk menemukan penjaja minuman ini ketika berkunjung ke Bogor. Biasanya, penjual minuman ini menggunakan gerobak sederhana dengan botol-botol berisi Bir Kotjok yang tertata rapi di atasnya.

Harga yang ditawarkan oleh para penjaja Bir Kotjok sekitar Rp4.000 untuk satu gelas. Selain menikmati di tempat, para pelancong juga bisa menikmatinya dengan membawa pulang.

Minuman ini juga disebut memiliki beragam khasiat, salah satunya adalah mengatasi masuk angin, meredakan flu, dan juga menghangatkan tubuh. Bahan-bahan alami yang terdapat di dalamnya membuat minuma bir yang satu ini dipastikan bebas dari efek samping apapun.

Selain Bir Kotjok, Bogor juga memiliki kuliner khas lainnya antara lain tauge goreng, asinan, doclang mantarena, laksa, dodongkal keju, ngohiang, asinan jagung bakar, dan sebagainya.

Baca juga: Cobain Yuk, 5 Rekomendasi Kuliner Khas Daerah yang Wajib Dicicipi

Selain wisata kuliner, para pelancong juga dapat menikmati beragam wisata alam seperti Kebun Raya Bogor, Hutan CIFOR, Situ Gede, Taman Sringanis, Ananda Karima, Kebun Wisata Ilmiah, dan sebagainya.

Ada beragam cara yang dapat ditempuh oleh para pelancong untuk menuju Kota Bogor. Bagi kalian yang tinggal di daerah aglomerasi Jabodetabek, kalian bisa menggunakan kereta rel listrik (KRL) dari sejumlah stasiun KRL. Kalian juga bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk melalui jalan Tol Jagorawi.
 


Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Diklaim Ramah Anak, Cek 4 Fitur Canggih Tablet Huawei Matepad SE Kids Edition

BERIKUTNYA

Intip Koleksi Fesyen Edisi Lebaran Ivan Gunawan Berbahan Tenun Sotis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: