Ilustrsai mahasiswa seni (sumber gambar Unsplash/Richard Cabusao)

Ingin Jadi Kurator Seni? Yuk Ikut Open House Jurusan Kampus Ini 

18 February 2023   |   16:28 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2023 sudah tiba nih. Bagi kalian yang bercita-cita menjadi seniman atau kurator seni, ada banyak cara untuk mewujudkan mimpi itu. Salah satunya dengan memilih tempat kuliah di Jurusan Tata Kelola Seni (TKS). 

Adapun, di Indonesia jurusan ini bisa dipelajari di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Salah satu kampus seni tertua itu saat ini pun terus membuka peluang bagi yang ingin berkiprah sebagai para pengelola budaya di tengah gencarnya festival, pameran dan event seni di Tanah Air. 

Baca juga: Daftar 5 Universitas Seni Terbaik di Dunia

Jurusan TKS yang dibuka sejak 2014 kini memiliki 2 program studi. Pertama, Prodi S1 Tata Kelola Seni. Kedua, Prodi S-1 Konservasi Seni. Para lulusannya pun bisa menjadi manajer organisasi seni, manajer seniman, kurator, konservator,arsiparis, museolog, event organizer, dan pegiat wisata budaya. 

"Dalam rangka PMB 2023, Jurusan TKS mengadakan Open House pada 23-24 Februari 2023, setiap hari jam 09.00-16.00 WIB. Agenda pertama ini dapat diikuti oleh para pelajar, calon mahasiswa, guru, guru BK dan orang tua/wali siswa se-Indonesia," demikian dikutip dari keterangan tertulis ISI Yogyakarta, Sabtu (18/2/23).
 
 


Jurusan Tata Kelola Seni ingin membuka diri seluas-luasnya kepada para siswa calon mahasiswa dalam forum tersebut. Selain itu, tentunya Genhype dapat bertanya sedetail mungkin mengenai bagaimana cara menjadi mahasiswa baru 2023 di kampus tersebut.

Program Open House itu pun akan menyajikan pameran arsip hasil edukasi Prodi S-1 TKS. Selain itu juga ada sarasehan bersama antar pelajar, mahasiswa, dosen dan alumni, serta para profesional di bidang manajemen seni. Tidak lupa Genhype pun dapat melakukan konsultasi PMB dengan para pemangku kebijakan di ISI Yogyakarta. 

Selain itu, dalam sarasehan berformat talkshow nanti juga akan dibahas perihal profesi Pengelola Seni di Indonesia. Salah satunya dengan menghadirkan para alumni TKS yang saat ini bekerja sebagai profesional. Di antaranya Setyo Harwanto dari Festival Sumonar Yogyakarta, Cut Nailil dari Siji Art Management Jakarta, dan Ahmad Noor Fadly dari Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

Adapun, tema lain yang tak kalah menarik adalah membahas cara menjadi Pengelola Seni Handal oleh dosen Tata Kelola Seni, bersama Trisna Pradita M.M. (dosen Prodi TKS) dan Prima Dona Hapsari, M.Hum. (dosen Prodi Konservasi Seni).  Sementara itu, para mahasiswa juga bakal mengupas tentang asyiknya kuliah TKS bersama himpunan mahasiswa jurusan yang dapat diikuti secara hibrida.

Program Open House ini juga bakal menyajikan pameran arsip hasil edukasi Prodi S1 TKS, dengan berbagai materi yang menarik loh Genhype. Jadi, bagi kalian yang ingin kuliah jurusan seni bisa segera bisa menyiapkan berbagai berkas atau pertanyaan yang nanti ingin diajukan saat open house. Jadi, selamat mewujudkan cita-cita kalian ya.

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Cara Mengurus Sertifikat Halal MUI Online untuk Badan Usaha, Simak Persyaratannya

BERIKUTNYA

Hypereport: Mengulik Fenomena Menikah dengan Sederhana dan Tanpa Tekanan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: