Ilustrasi mengerjakan tugas kuliah (Sumber gambar: Thought Catalog/Unsplash.com)

7 Aplikasi Penting untuk Kegiatan Kuliah, Mahasiswa Wajib Download!

02 September 2022   |   17:30 WIB

Like
Deadline tugas yang padat tampaknya identik dengan kehidupan mahasiswa. Selain dituntut berkuliah di kampus, mahasiswa biasanya akan mendapatkan tugas lanjutan di rumah. Untuk mengerjakan berbagai tugas tersebut, tentunya mahasiswa membutuhkan banyak aplikasi pendukung agar kegiatan kuliah berjalan lancar.

Beberapa aplikasi akan sangat berguna untuk mendukung menyelesaikan tugas kuliah, mulai dari scan dokumen, mengetik, membuka file, hingga memutar video. Cukup dengan mengunduh aplikasinya di App Store atau Google Play Store secara gratis, maka kamu sudah bisa menggunakan aplikasi untuk kebutuhan kuliah kamu.

Hypeabis.id merangkum rekomendasi aplikasi yang penting untuk kegiatan kuliah kamu. Yuk simak!
 

1. Video Conference

 

Aplikasi Zoom untuk kuliah (Sumber gambar: Chris Montgomery/Unsplash)

Aplikasi Zoom untuk kuliah (Sumber gambar: Chris Montgomery/Unsplash)


Meski mulai perlahan pulih dari pandemi, peran aplikasi video conference untuk pertemuan kuliah masih cukup signifikan. Beberapa agenda kuliah yang tidak bisa dilangsungkan sceara tatap muka akan dialihkan melalui aplikasi berbasis video secara real time.

Baca jugaPenting untuk Pelajar, Ini 4 Fungsi Google Classroom untuk Pembelajaran Daring

Beberapa contoh aplikasi video conference adalah Skype, Google Meet, Zoom, hingga Facebook Messenger. Jangan lewatkan untuk mengunduh aplikasi ini di laptop atau smartphone milikmu ya!
 

2. WPS Office

WPS Office merupakan aplikasi yang mencakup kebutuhan penulisan dan dokumen dalam satu platform. Dalam penggunaannya, aplikasi ini dibutuhkan untuk mahasiswa melakukan tugas yang berkaitan dengan file reader, word, excel, atau membuat powerpoint.

Genhype bisa menggunakan WPS Office untuk membuat, mengedit, hingga mengubah file dokumen. Melalui fitur bagikan, kamu juga bisa langsung mengirim file-nya ke Gmail atau WhatsApp.
 

3. CamScanner

Kamu tidak punya waktu untuk scan dokumen di tempat fotocopy? Tenang, Genhype hanya perlu mengunduh CamSanner untuk keperluan scan dokumen dengan mudah dan praktis. Dengan fitur foto dari smartphone, kamu sudah bisa mendapatkan dokumen berbentuk scan yang bisa diatur tingkat kecerahan kertas dan ketebalan tinta pada dokumennya.
 

4. Storage

Aplikasi berbasis penyimpanan jadi salah satu yang wajib kamu unduh di laptop atau smartphone. Aplikasi ini akan membantu dalam menyimpan file secara online dan aman. Kamu bisa menyimpan bahkan mengarsipkan tugas kuliah melalui storage online dengan aman.

Beberapa aplikasi storage yang banyak diunduh orang untuk kebutuhan kuliah dan kerja adalah Google Drive, Google Cloud, Dropbox, hingga OneDrive.
 

5. Archive Manager

Mahasiswa akan sering menemukan file berbentuk .rar atau .zip yang dikirim dari dosen. File berbentuk archive ini membutuhkan aplikasi archive manager untuk membukanya. Jangan lupa untuk menunduh jenis WinZIP, Bandizip, iZar, hingga 7zip.
 

6. Pemutar Video

Dengan metode belajar berbasis video yang sedang tren, bukan tidak mungkin dosen memberi file dalam bentuk video. Untuk membuat belajar jauh efektif, maka sebaiknya kamu mempunyai aplikasi pemutar video seperti VLC Media Player, GOM Player, atau Quicktime Player.
 

7. IPusnas

Akses keperluan informasi dari buku berbasis digital juga bisa dengan mudah didapatkan melalui aplikasi IPusnas. Aplikasi ini akan menyajikan buku yang tercatat di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melalui smartphone untuk kebutuhan tugas kamu.

Nah Genhype, itulah beberapa aplikasi yang wajib kamu unduh di laptop atau smartphone kamu.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor : Gita Carla
 
SEBELUMNYA

Makin Lengket, Ini Rahasia Pasangan Milenial Mesra Sepanjang Masa

BERIKUTNYA

Yuk Icip 4 Menu Baru dari Chef Hans Christian

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: