Republik Ceko (Sumber: Unsplash/Ouael Ben Salah)

Rekomendasi Destinasi Wisata Kaya Sejarah di Republik Ceko

17 February 2023   |   16:30 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Benua Biru, Eropa, selalu jadi tempat impian banyak orang untuk berlibur. Kota-kota dengan bangunan kuno dan megah, wahana sampai museum yang penuh nilai sejarah, pemandangan alam super cantik, hingga suasana empat musim, jadi daya pikat yang kuat untuk para wisatawan melancong ke sana. 

Eropa juga punya kota dan negara tier 1 destinasi wisata. Sebut saja Paris, Prancis; London, Inggris; Amsterdam, Belanda; Zurich, Swiss; dan masih banyak lagi. Di luar tempat-tempat tersebut, Eropa masih menyimpan banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Misalnya Republik Ceko. 

Baca juga: 5 Spot Wisata Nepal Selain Gunung, Bisa Tapak Tilas Sejarah Buddha

Siapa di antara Genhype yang enggak tahu Praha/Prague? Ibu kota Republik Ceko itu jadi salah satu tujuan wisata banyak pelancong, termasuk dari Indonesia. Popularitas Kota Praha disebut meningkat selama 10 tahun terakhir, dan negara yang ada di Eropa Timur itu mencatat kenaikan jumlah wisatawan hingga 23 persen sepanjang tahun lalu. 

Kedutaan Besar Republik Ceko, bekerja sama dengan Enjou Europe, CzechTourism Agency, Fashion Arena, dan Art of Travel mengemas negara tersebut sebagai destinasi ideal wisatawan. Salah satunya dengan memberikan kemudahan dalam memenuhi syarat dan ketentuan pembuatan Visa Schengen. 

Regional Director CzechTourism Agency, Lukas Pokorny, mengatakan dengan adanya Visa Schengen, para pelancong dari luar negeri dapat mengunjungi 26 negara di wilayah Schengen secara bebas selama 90 hari. Hal ini tentunya bisa jadi nilai lebih bagi wisatawan yang hendak bepergian antarnegara, termasuk ke Republik Ceko. 

Lantas apa saja destinasi wisata yang ada di negara tersebut? Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa kalian kunjungi di Negara Seribu Kastil Republik Ceko. Mulai dari keindahan kota sampai wisata alam, yuk simak ulasannya! 
 

1. Kastil Praha

 

(Sumber: CzechTourism)

(Sumber: CzechTourism)

Kasil Praha (Prague Castle) adalah salah satu objek wisata paling populer di negara ini, dan juga merupakan salah satu kastil terbesar di dunia. Di tempat ini, para pengunjung bisa menjelajahi halaman, istana, museum, dan taman indah yang ada di lingkungan tempat wisata. 

Seluruh pekarangan kastil didominasi oleh Katedral St. Vitus yang monumental, dengan interior abad pertengahan yang megah. Katedral ini juga merupakan tempat makam ‘orang-orang suci’ dan penguasa Ceko, termasuk St. Wenceslas, St. Yohanes dari Nepomuk, dan kaisar Charles IV serta Rudolf II. 
 

2. Jembatan Charles

 

(Sumber: CzechTourism)

(Sumber: CzechTourism)

Pelancong  yang berkunjung ke negara ini tentunya tidak boleh melewatkan salah satu ikon wisata Republik Ceko, tidak lain adalah Jembatan Charles (Charles Bridge), Sebuah jembatan batu tertua di Praha yang menghubungkan kawasan Kota Tua dengan Kastil Praha. Jembatan ini juga terkenal dengan patung-patungnya yang terdapat di sepanjang bangunan. 

Pembangunan jembatan dimulai oleh raja Ceko dan Kaisar Romawi Charles IV pada 7 September 1357. Alasannya adalah konstelasi Matahari dan Saturnus yang konon membawa nilai positif, juga fakta bahwa tanggal itu sesuai dengan urutan angka ganjil. 1-3-7-9-7-5-3-1. Kombinasi tersebut dipercaya membawa keberuntungan, membuat jembatan jadi megah dan menghadirkan jutaan pengunjung dari seluruh dunia. 
 

3. Kastil Karlstejn

 

(Sumber: CzechTourism)

(Sumber: CzechTourism)

Sekarang kita sedikit bergeser keluar dari ibu kota negara tersebut. Sekitar 30 kilometer di sebelah Barat Daya Praha, terdapat kastil dari abad ke-14 bernama Karlstejn Castle yang sangat terkenal. Bangunan megah itu populer lantaran gaya arsitektur gotik dan koleksi perhiasan kerajaan. 

Dalam sejarah pembangunannya, kastil itu didirikan oleh raja Ceko dan Kaisar Romawi Charles IV sebagai tempat menyimpan harga kerajaan, koleksi relik suci, dan permata mahkota. Tak ayal jika kastil memang dikenal demikian. Karlstejn juga punya beberapa bangunan dengan tata letak bertingkat, sesuai dengan pentingnya bagian masing-masing. 
1
2


SEBELUMNYA

Sejarah Singkat Isra Miraj, Momen Pertama Diwajibkannya Salat Lima Waktu

BERIKUTNYA

Yuk Berburu Perhiasan di Jakarta International Jewellery Fair, Banyak Koleksi Teranyar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: