Pang Yuhao

Simak Sejarah Kelam & Rekomendasi Ucapan Hari Pelajar Internasional

17 November 2022   |   17:09 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Pelajar menjadi salah satu aset terpenting bagi sebuah bangsa. Mereka merupakan generasi penerus yang sejak dulu menjadi pelopor perubahan demi kemajuan negara, bahkan dunia dalam skala internasional. Mengingat pentingnya peran generasi muda intelektual ini, setiap 17 November lantas dijadikan sebagai Hari Pelajar Internasional.

Namun demikian, ternyata ada sejarah kelam di balik hari peringatannya. Mengutip National Today, hari ini dibuat untuk mengingat keberanian ribuan siswa di Praha yang berjuang untuk kebanggaan nasional dan hak untuk pendidikan tinggi. Kala itu, mereka harus menghadapi salah satu pimpinan terkeji dalam sejarah dunia.

Bermula ketika kekuasaan Adolf Hitler pada 1933 mempertaruhkan klaim agresif atas wilayah di luar perbatasan Jerman. Nazi pertama kali mencaplok Austria pada 1938, negara asal Hitler. 

Tidak puas, mereka pun memaksa Cekoslowakia untuk menyerahkan sebagian wilayahnya. Negara ini pun terbelah. Jerman menduduki wilayah Ceko dan memaksa Slovakia untuk berpisah menjadi negara sendiri.

Namun demikian, pada 1939, mahasiswa Fakultas Kedokteran di Universitas Charles di Praha mengadakan demonstrasi untuk memperingati pembentukan Republik Cekoslowakia yang independen. Sayangnya, aksi tersebut dibalas Nazi secara brutal dan mengakibatkan kematian seorang mahasiswa bernama Jan Opletal.

Baca juga: Daftar 5 Universitas Seni Terbaik di Dunia

Ribuan siswa lantas muncul di prosesi pemakamannya. Namun proses tersebut berubah menjadi demonstrasi anti-Nazi. Nazi mengambil langkah sigap dengan menutup semua lembaga pendidikan Ceko.

Tidak puas, partai berkuasa di Jerman dengan kepimpinanan Adolf Hitler itu  menangkap lebih dari 1.200 siswa dan mengirim mereka ke kamp konsentrasi. Pada 17 November, Nazi kemudian mengumpulkan sembilan pengunjuk rasa, mengeksekusi mereka tanpa pengadilan.
 

Suasana belajar mengajar di kampus. (Sumber gambar : Unsplash/Alexander Pallaes)

Suasana belajar mengajar di kampus. (Sumber gambar : Unsplash/Alexander Pallaes)


Buat kamu yang ingin turut memperingati Hari Pelajar Internasional, berikut rekomendasikan ucapan yang bisa dibagikan ke teman-teman pelajar kamu :

1. Siswa yang terhormat, semoga kamu memiliki karier yang luar biasa dan sukses di masa depan. Selamat Hari Pelajar Internasional!

2. Tidak ada jalan pintas untuk sukses. Pelajari hal-hal baru dalam hidup dan bekerja keras untuk mencapai tujuan hidup kamu. Selamat Hari Pelajar Internasional.

3. Semua impian kamu akan menjadi kenyataan jika kamu terus bekerja keras dan tetap fokus pada tujuan. Semoga kamu memiliki masa depan dengan pencapaian luar biasa. Selamat Hari Pelajar Internasional.

4. Hidup adalah tentang peluang dan peluang baru. Kamu hanya perlu tahu cara mengambilnya pada saat yang tepat. Semua harapan terbaik ada pada hari ini. 

5. Kegagalan adalah pilar kesuksesan. Jadi meskipun gagal, jangan menyerah dan terus belajar dan bekerja keras. Kamu pasti akan berhasil suatu hari nanti. Selamat Hari Pelajar Internasional.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Aksi Tukar Baju & Thrifting Ternyata Dapat Mengurangi Limbah Fesyen di Bumi

BERIKUTNYA

Jangan Asal, Kenali Ciri-ciri Diet yang Tidak Sehat pada Remaja

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: