Allan Anderson (Sumber gambar: Allan Andersn Music)

Mantap Berkarier Solo, Allan Andersn Rilis Single Jalan yang Berbeda

16 February 2023   |   17:42 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Jika sebelumnya banyak orang mengenal sosok penyanyi Allan Andersn sebagai salah satu vokalis dari grup 2nd Chance, kini dirinya mantap berkarier solo dengan nama panggung Allan Andersn. Sebagai karya pembuka pada tahun ini, Allan kembali merilis single anyar bertajuk Jalan yang Berbeda.

Single ini bukan karya solo pertama Allan. Sebelumnya, dia juga pernah merilis lagu berjudul Dear AA pada 2020 lalu. Namun, single Jalan yang Berbeda sekaligus menandai langkahnya sebagai penyanyi solo sejak hengkang dari 2nd Chance pada Desember 2022 lalu.

"Jalan yang Berbeda bercerita tentang seseorang yang sudah legowo akan keputusan pasangannya untuk berpisah, namun masih berharap mereka berdua bisa berteman," kata Allan dalam keterangan resminya yang diterima Hypeabis.id.

Baca juga: Resensi Buku This Album Could Be Your Life: 50 Album Musik Terbaik Indonesia 1955-2015

Lagu ini sejatinya telah diciptakan oleh Allan sejak Juni 2022. Namun, baru awal tahun inilah dirasa menjadi momentum yang tepat baginya untuk merilis singlw tersebut. Single Jalan yang Berbeda ditulis oleh Allan bersama Igo Pentury.

Adapun, proses penggarapan lagu ini juga dibantu oleh Yara Project yang terdiri dari Yafi Aria dan Ramahan Al sebagai komposer, serta Hery Alesis pada proses mixing dan mastering. Tidak ada alasan khusus bagi Allan membuat single ini dalam genre pop ballad karena dia sendiri adalah penyuka semua jenis lagu.

Meski demikian, diakui olehnya dalam lagu ini, dia ingin lebih menonjolkan karakter suaranya. "Selain itu, aku merasa lagu ini juga sangat relate dengan kebanyakan kisah percintaan,”  imbuh penyanyi jebolan ajang pencarian bakat X Factor Indonesia itu.
 

Cover artwork lagu Jalan yang Berbeda

Cover artwork lagu Jalan yang Berbeda (Sumber gambar: Allan Andersn Music)

Seperti judulnya, lagu Jalan yang Berbeda memang memiliki lirik yang emosional tentang kandasnya sebuah hubungan. Menurut Allan, kesedihan dalam kisah percintaan memang tidak akan terlepas bagi semua orang yang menjalaninya, tidak terkecuali dirinya.

Dengan dirilisnya single ini, Allan berharap dapat mewakili perasaan banyak orang di luar sana, termasuk mereka yang tengah mengalami kisah yang dia hadirkan di single ini.

Dia juga berharap orang-orang yang mendengarkan dapat menyukai notasi-notasi nada yang dihadirkan di lagu ini. “Hopefully, laguku bisa diterima di masyarakat luar, Itu akan membuatku sangat senang,”  ungkapnya.

Ke depan, Allan memastikan bahwa dia akan kembali merilis karya-karya musiknya yang tengah dia siapkan. Bahkan, dia memberikan sedikit bocoran bahwa akan merilis album dalam waktu dekat ini.
 

Joan Allan Anderson atau yang lebih dikenal Allan Andersn merupakan penyanyi kelahiran Tahuna, Sulawesi Utara. Namanya mulai dikenal publik saat mengikuti ajang pencarian bakat X Factor Indonesia musim ketiga pada 2021.

Meski sempat gagal lolos kategori Male dalam ajang tersebut, Allan justru dipertemukan oleh tiga kontestan lain yang bernasib sama yakni Caecilia Prayudi, Thomas Boly, dan Febrian Ihsan, lalu terbentuk dalam grup 2nd Chance. Seperti namanya, lewat grup ini, mereka mendapatkan kesempatan kedua untuk melanjutkan kompetisi.

Kendati jalan mereka tak mulus untuk mengikuti kompetisi tersebut, nyatanya 2nd Chance justru keluar sebagai juara kedua X Factor Indonesia musim ketiga. Mereka pun mendapatkan lagu kemenangan berjudul Jatuh Cinta Kedua ciptaan Igo Pentury yang sudah dirilis pada 2022 lalu.

Namun, sejak Oktober 2022, Allan Andersn absen dalam setiap kegiatan dan penampilan Grup 2nd Chance baik secara on air maupun off air. Pada November 2022, akun Instagram resmi milik Grup 2nd Chance tidak tertera username akun Instagram milik Allan.

Asumsi yang beredar kala itu bahwasannya Allan hengkang dari 2nd Chance. Kecurigaan ini pun terbukti. Pada tanggal 7 Desember 2022, 2nd Chance resmi mengumumkan bahwa Allan tidak lagi menjadi anggota grup vokal ini. Kini 2nd Chance tampil dalam formasi trio, sementara Allan mantap berkarier solo.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Cuma Pakai 4 Skincare, Begini Rangkaian Perawatan Kulit Berjerawat yang Simpel

BERIKUTNYA

Karakter Lebih Gagah, Intip Spesifikasi dan Harga Hyundai Creta Terbaru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: