Penggunaan platform digital bagi bisnis online. (Sumber gambar: Unsplash/ John Schnobrich)

Pentingnya Pemanfaatan Platform Digital untuk Bisnis Online

15 February 2023   |   17:00 WIB

Like
Arus teknologi yang berkembang mendorong pertumbuhan bisnis online dengan adanya platform digital, khususnya bagi para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Sistem perdagangan yang dilakukan secara digital ini memiliki pengaruh dan manfaat tersendiri bagi para pelaku UMKM dalam upaya pengembangan bisnis mereka. 
 
Pemanfaatan platform digital dirasakan bagi para pebisnis online, salah satunya Chisfella Cokro Handoyo dan Clarissa, Pemilik usaha Lunette Flower and Gift. Chisfella mengatakan bahwa platform digital tersebut sangat membantunya dalam menjalankan bisnis florist online ini. 

“Target pasar kami banyak yang menggunakan platform Tokopedia untuk melakukan transaksi agar proses transaksi berjalan dengan aman dibandingkan dengan order secara langsung sehingga dapat menambahkan trust kepada customer,” ujar Ujar  Chrisfella Cokro Handoyo kepada Hypeabis.id, Selasa (14/2/2023). Kemudahan akses pembelian produk juga menjadi pilihan baginya untuk menjual produk di platform tersebut. 

Baca juga: Optimalkan Platform Digital, Kunci Sukses Pelaku Usaha Bertahan di Tengah Perubahan Zaman
 
Tak hanya itu, menurutnya bisnis online memiliki pasar yang lebih luas dan bisa mencakup ke seluruh Indonesia. “Selain itu kita juga engga harus sewa tempat or beli tempat untuk kita berjualan karena so far memang Lunette kerjanya di rumah aku yang dijadiin studio,” tambahnya.

Dengan mendalami digital marketing, Chisfella mengatakan bahwa dengan adanya platform digital menjadi kolaborasi yang luar biasa untuk pengembangan bisnis online kedepannya.
 
Di sisi lain, Ekhel Chandra Wijaya, Head of External Communications Tokopedia mengungkapkan bagaimana platform digital turut serta membantu dalam mengembangkan UMKM. “Kita berusaha menjadi jembatan untuk memberikan  panggung seluas-luasnya bagi penjual dimanapun mereka berada” ujar Ekhel Chandra Wijaya kepada Hypeabis.id, selepas acara Tokopedia bertajuk Sambut Hari Kasih Sayang: Rayakan Cinta yang Selalu Ada Selalu Bisa, Senin (13/2/2023).

Hal ini membuat perusahaan memiliki banyak inovasi yang dilakukan baik dari segi teknologi maupun dari sisi kampanye atau promosi. Tak hanya itu, perusahaan juga menggarap hyperlocal dengan misinya melakukan pemerataan ekonomi digital di Indonesia dan pendekatan secara menyeluruh bagi para pelaku UMKM dengan harapan agar kedepannya pelaku UMKM dapat sukses dalam menjalankan usahanya. 
 
Di lain kesempatan, Natasha, pemilik toko Kadaka di platform Lazada mengatakan bahwa di era digital saat ini sangat penting untuk mengembangkan bisnis dengan mengedepankan strategi bisnis multi-kanal. “Kami berharap bisa menjangkau dan mengembangkan target pasar kami, karena baik media sosial maupun platform eCommerce seperti Lazada memiliki jangkauan dan basis pasar yang berbeda-beda,” ujar Natasha.

Hal tersebut membuat mereka dapat menerapkan strategi pemasaran yang berbeda dan tepat sasaran yang sesuai dengan karakteristik basis pelanggan yang ada di masing-masing kanal.  
 
"Kami bergabung di platform Lazada pada saat acara Lazada Woman's Fest 2022 di mana kami meluncurkan Out for Coffee collection melalui kolaborasi dengan Kyra Nayda,” tambah Claudia. Tak hanya sebatas bergabung di platform saja, ternyata dengan kolaborasi yang melibatkan influencer juga dapat menjadi peluang yang besar bagi brand lokal.

Mereka sebagai pemilik brand lokal berharap dengan bergabungnya mereka di platform digital dapat membuka kesempatan untuk melakukan banyak inovasi baru yang bisa membantu mereka dalam memperluas jangkauan pelanggan dan mengembangkan brand miliknya. 
 
Sementara itu, Head of Business Development & Seller Engagement Lazada Indonesia, Fitri Karnadi menjelaskan bagaimana perusahaan tersebut selalu mendukung pertumbuhan setiap brand dan penjual yang ada di Lazada. "Lazada selalu berinovasi untuk dapat membantu para brand dan penjual Indonesia mengembangkan bisnis di dalam ekosistem Lazada, baik dari sisi teknologi maupun strategi pemasaran untuk membantu penjual menjangkau target pasarnya," ujar Riri.

Riri juga berharap brand dan penjual yang ada di platform digital terus tumbuh, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di lingkup yang lebih luas lagi. 

Baca juga: Wajib Baca, Ini 5 Cara agar Sukses Berjualan di Platform Digital

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Enam Tahun Bersama, Girl Group K-Pop MOMOLAND Resmi Bubar

BERIKUTNYA

Army Siap-siap, Suga BTS Bakal Konser Solo di Indonesia pada Mei 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: