Ilustrasi sukses jualan online (Sumber gambar: Maranda Vander/Unsplash)

Wajib Baca, Ini 5 Cara agar Sukses Berjualan di Platform Digital

12 August 2022   |   20:15 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Like
Banyak pelaku usaha yang mulai memanfaatkan penjualan melalui platform digital seiring dengan makin banyaknya konsumen yang membeli berbagai produk secara digital. Namun, bagi Genhype yang ingin berjualan secara online melalui platform ecommerce atau marketplace, ada strategi yang harrus dilakukan agar dagangannya bisa laku dan mendapatkan banyak pembeli.

Ada banyak kisah sukses dari para seller yang sukses berjualan secara online, salah satunya Merri Aisir salah satu seller di tokopedia pemilik usaha rendang UniNam yang sukses menjalankan bisnisnya secara digital.

Merri sendiri memulai bisnisnya dengan hanya bermodal Rp2 juta. Saat ini dia sukses menjual produknya melalui tokopedia dan berhasil mencapai omzet hingga puluhan juta perbulan. Dalam mengembangkan usahanya, dia juga memberdayakan ibu-ibu di sekitar dapur UniNam dan membantu para petani dan peternak di Payakumbuh, Sumatera Barat.

Baca jugaMantan Pegawai Bank Ganti Profesi Hingga Sukses dengan Berjualan Madu

Merri menuturkan ada beberapa strategi yang harus dilakukan agar barang yang dijual oleh seller secara online melalui marketplace sukses mendapatkan banyak pembeli.

Pertama, diawal dengan produk yang akan dijual. Seller harus memproduksi produk yang memiliki nilai tambah dan berkualitas sehingga konsumen berminat untuk membelinya. Setelah itu, pemilik usaha harus membuat foto produk yang menarik agar konsumen tertarik. “Kemudian jenis produknya juga kalau bisa jangan sedikit, sertakan juga deskripsi yang lengkap,” ujarnya.

Baca juga6 Cara Ini Bikin Jualan Kuliner Online Laris Manis

Kedua, banner toko harus dibuat dengan bagus dan rapi karena banner menjadi muka dari toko online kita yang pasti menjadi hal pertama yang dilihat oleh konsumen atau calon pembeli sehingga banner atau toko yang ada di marketplace itu harus rapi dan menarik.

Ketiga, memiliki pelayanan yang bagus karena konsumen akan senang jika komunikasi dengan seller berjalan baik. Seller harus cepat merespons pertanyaan dari pembeli, baik itu melalui forum diskusi maupun pesan pribadi. “Seller harus fast respons jangan sampai mengecewakan pembeli,” terangnya.

Keempat, siapkan stok barang. Menurutnya, seller harus menjaga stok barang. Jangan sampai ketika pembeli sudah membayar tiba-tiba produk yang diinginkan ternyata tidak tersedia dan harus diganti dengan produk lain. Hal tersebut tentu saja akan mengecewakan konsumen. “Kalau bisa barang juga harus segera dikirim, jangan lebih dari 24 jam. Kemudian barangnya di-packing dengan rapi,” ujarnya.

Kelima, terus mempelajari berbagai fitur yang ada di marketplace karena sangat memudahkan dalam berjualan online. “Salah satu yang terus saya manfaatkan adalah fitur Bundling Produk, yang membantu mengelola persediaan produk agar tidak menumpuk,” ucapnya.

Baca jugaIngin Sukses Bisnis Online? Ikut Program Pelatihan Google dan Kemenkop Yuk

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Pandemi Ciptakan Sejumlah Tren Baru Bisnis Online

BERIKUTNYA

Wisata Olahraga yang Seru Ala Phuket

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: