Flyer film Mantra Surugana (sumber gambar Hypeabis.id/Prasetyo Agung)

Sinopsis & Fakta Mantra Surugana, Film Horor Kental Budaya Sunda

14 February 2023   |   21:31 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Bertepatan dengan hari Valentine alias hari kasih sayang, Peregrine Studios, sebuah rumah produksi film baru asal Jakarta  siap meramaikan Industri film Tanah Air. Salah satunya dengan meluncurkan film horor berjudul Mantra Surugana yang bakal dirilis tahun ini di bioskop seluruh Indonesia.

Pada debutnya kali ini, rumah produksi  layar lebar dan web series itu juga mendapuk sineas Dyan Sunu Prastowo untuk menyutradarai film tersebut. Adapun, Mantra Surugana  bakal menghadirkan pengalaman audio visual yang baru untuk sinema Indonesia lewat mantra sunda kuno sebagai tematik film.

Mantra Surugana bakal menceritakan bangkitnya sosok iblis lewat mantra dan kutukan yang menghantui seorang mahasiswa bernama Tantri (diperankan Sitha Marino). Sebagai  mahasiswa baru, yang tinggal di asrama, dia menemukan hubungan mengerikan antara mantra dan kutukan iblis di masa lalunya. 

Baca juga: Sinopsis & Fakta Unik Waktu Maghrib, Film Horor Besutan Sidharta Tata
 
 

Supardi Tan, Executive Producer Mantra Surugana pun mengaku sangat antusias untuk segera menghadirkan film tersebut ke publik. Bersama rumah produksinya, dia  berkomitmen untuk terus menghasilkan karya berkualitas yang sesuai dengan tema-tema budaya lokal di Indonesia.

"Selain menyediakan fasilitas dan layanan produksi untuk mendukung perkembangan industri kreatif  film Indonesia, visi kami adalah agar film-film Tanah Air dapat bersaing di kancah internasional," papar Supardi saat ditemu di sela-sela media gathering di Jakarta, Selasa, (14/2/23).

Supardi mengungkap film Mantra Surugana pun turut diperankan oleh aktor dan artis berbakat Indonesia, seperti Sitha Marino, Messi Gusti, Cindy Nirmala, dan Rania Putrisari. Ada juga Fergie Brittany, Shabrina Luna, Rafael Adwel, Dewa Dayana, Yusuf Mahardika, Arswendy Bening Swara, Tegar Satrya dan Mike Lucock. 

“Cerita horor dan legenda urban sangat dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia yang sangat luas. Saya berharap Mantra Surugana bisa menjadi pemicu bagi penikmat film lokal untuk berkenalan lebih jauh tentang ragam budaya asli di Tanah Air," imbuhnya.

Adapun, sang sutradara, Dyan Sunu Prastowo mengatakan lewat Mantra Surugana juga menjadi tantangan baginya untuk menghadirkan horor dengan tema yang berbeda. Dia berharap karya terbarunya itu bisa turut menyemarakkan genre film horor yang belakangan ini memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat.

"Ini jadi challenge kami untuk melahirkan tema horor dengan cara yang berbeda. Sebab selain menggunakan audio yang lebih intens, tujuh puluh persen film ini praktikal dan sisanya didevelop CGI," papar Dyan Sunu.


Sinopsis Film Mantra Surugana 

Film Mantra Surugana mengisahkan tentang sosok perempuan bernama Tantri yang mengalami berbagai kejadian menyeramkan sejak tinggal di asrama kampus. Hal inilah yang membuat Asta, Fey, dan Reza, senior Tantri di kampus curiga mengenai kejadian tersebut.

Mereka menduga hal itu terjadi karena Tantri tinggal di kamar Arum, sahabat mereka yang sebelumnya hilang secara misterius dan diikuti pula oleh hilangnya mahasiswa lain bernama Luki.Namun, keesokan harinya, suasana kampus gempar dengan kejadian tak terduga.

Ihwal kegemparan tersebut adalah saat Tantri menemukan mayat Luki sudah membusuk. Kepada Asta, Tantri pun mengaku mendapat bisikan misterius kalau Luki bunuh diri secara mengerikan.  Karena menyadari Tantri mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki orang lain, Asta dan teman-temannya pun minta Tantri mencari Arum. 
 

Para pemain film Mantra Surugana (sumber gambar Hypeabis.id/Prasetyo Agung)

Para pemain film Mantra Surugana (sumber gambar Hypeabis.id/Prasetyo Agung)

Syahdan, di rumah Arum yang terbengkalai, Tantri akhirnya menemukan buku kuno berisi Mantra. Namun dia juga menyadari jika mantra tersebut dirapalkan maka akan bisa membuat seseorang terbunuh. Dari sinilah perlahan terkuak rahasia yang dibawa mati oleh Luki, yang menyeret nama Asta dan teman-temannya sebagai orang-orang yang dimantrai. 

Namun, malang tak dapat ditolak, niat menyelamatkan diri dari pengaruh mantra malah berkembang menjadi bencana bagi Asta dan teman-temannya, juga bagi Tantri. Mantra yang terlanjur terucap ternyata memanggil sosok pembalas dendam yang mengincar mereka. Tak hanya itu, dendam tersebut ternyata ada hubungannya dengan masa lalu dari mereka masing-masing. 

Oleh karena itu, tidak bisa tidak, Mantra harus dibalikkan,dan  buku kuno tersebut harus dihancurkan, atau mereka sendirilah yang hancur. Lantas, berhasilkah upaya mereka untuk menjalankan misi tersebut?

Baca juga: Rekomendasi Film Bioskop Februari 2023, Ada Genre Horor hingga Romantis

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Ini Makna Letak Cincin di Masing-masing Jari, Bisa Menggambarkan Sifat Orang yang Memakainya

BERIKUTNYA

Setelah Kue dan Mamba, Muncul Tren Gaya Fesyen Dangdut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: