Cuplikan film Waktu Maghrib (Sumber gambar: Rapi Films)

Sinopsis & Fakta Unik Waktu Maghrib, Film Horor Besutan Sidharta Tata 

09 February 2023   |   16:27 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Penggemar sinema horor merapat, sebab film horor lokal Waktu Maghrib besutan Sidharta Tata siap meneror kalian. Film hasil garapan kolaborasi Rapi Films dan Skymedia ini sudah bisa disaksikan secara serentak di bioskop Tanah Air mulai hari ini Kamis, 9 Februari 2023.

Diproduseri Gope T. Samtani dan Sunil G. Samtani, film Waktu Maghrib bakal mengajak penonton untuk menyelami berbagai mitos yang beredar di masyarakat. Salah satunya mengenai teror supernatural akibat sebuah sumpah yang dilontarkan oleh seseorang menjelang Maghrib tiba.

Baca juga: Debut Film Panjang Sutradara Sidharta Tata, Waktu Maghrib Tayang 9 Februari

Adapun, film berdurasi 140 menit ini akan berkisah mengenai teror yang dialami tiga orang sahabat di sebuah desa terpencil. Mereka adalah Adi, Saman, dan Ayu yang dihantui oleh sosok makhluk halus yang mirip gurunya yang bernama Bu Woro.
 
 

Teror tersebut bermula dari kekesalan Adi dan Saman yang sering dimarahi oleh Bu Woro. Mereka berdua memang kerap datang terlambat masuk sekolah hingga Bu Woro memberikan hukuman pada mereka. Hingga suatu hari, menjelang waktu maghrib karena kesal, mereka pun menyumpahi Bu Woro agar lekas meninggal.

Namun, ternyata sumpah serapah tersebut benar-benar terjadi. Bu Woro meninggal dalam sebuah kecelakaan tragis. Hingga suatu hari, Ayu yang berpamitan kepada ayahnya untuk salat maghrib di masjid melihat sosok hantu yang menyerupai Bu Woro, tapi mukanya sangat menakutkan. Rupanya makhluk tersebut datang untuk mengganggunya.

Kendati begitu, tak hanya Ayu yang dihantui hantu itu. Ternyata Saman dan Adi juga sudah terlebih dulu diteror makhluk misterius tersebut hingga Saman mengalami kesurupan dan melakukan bunuh diri di waktu maghrib. Lantas, bagaimana kisah selanjutnya? 

Nah, bagi yang penasaran sebelum meluncur ke bioskop yuk simak dulu fakta-fakta unik film Waktu Maghrib yang dihimpun Hypeabis.id dari berbagai sumber dalam ulasan berikut ini, Genhype.
 

1. Angkat Mitos di Masyarakat

Berbagai mitos yang masih beredar di masyarakat memang kerap menjadi inspirasi sineas Indonesia untuk membuat film bergenre horor. Sutradara Sidharta Tata mengatakan premis Waktu Maghrib berangkat dari mitos yang beranggapan bahwa anak kecil dilarang di luar rumah saat menjelang maghrib.

Pasalnya, bagi sebagian orang, waktu maghrib kerap dikaitkan dengan rentannya anak-anak mendapatkan gangguan dari makhluk halus. Memori kolektif  itulah yang ingin disajikan sang sutradara pada penonton lewat medium film. 
 

2. Debut Horor Sidharta Tata

Film Waktu Maghrib juga menjadi debut Sidharta dalam menyelami sinema horor. Sebelumnya sutradara, produser, dan penulis skenario ini sudah mengerjakan berbagai proyek film pendek dan series, salah satunya Pertaruhan The Series (2022). Sementara itu, untuk film layar lebar, Tata, begitu biasa dia dipanggil pernah menyutradarai segmen The Protocol dalam Quarantine Tales (2020).


3. Dibintangi Aktor-Aktris Remaja Tanah Air

Berbeda dengan film horor lainnya, film Waktu Maghrib dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris yang masih muda. Kali ini, Ali Fikry berperan sebagai Adi, Bima Sena sebagai Saman, dan Nafiza sebagai Ayu yang merupakan tiga karakter utama film ini. 

Tak hanya itu, film Waktu Maghrib juga diramaikan oleh Aulia Sarah, Andri Mashadi, Tasya Namya, Sadana Agung, Nasarius Ardhani Sudayono, Gracia Baby Christanto, dan Kevin Abani yang turut beradu peran dalam film yang diproduseri oleh Gope T. Samtani ini.


4. Film Untuk 17 Tahun Ke Atas

Meski film Waktu Maghrib diperankan oleh anak-anak muda Indonesia, tapi dikutip dari laman 21cineplex film ini mendapat kategori khusus untuk dewasa atau 17 tahun ke atas. Oleh karena itu film ini tidak disarankan untuk ditonton oleh mereka remaja atau anak kecil.
 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Shah Rukh Khan Tembus US$100 juta Box Office Dunia Lewat Pathaan

BERIKUTNYA

Butuh Waktu, Ini Tantangan Web3 Game Berkembang di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: