Ilustrasi hadiah hari Valentine. (Sumber foto: Pexels/Pavel Danilhyuk)

Dari Emas hingga Berlian, Cek Tren Perhiasan di Hari Valentine

14 February 2023   |   19:27 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Langit di angkasa bak berubah jadi merah muda setiap 14 Februari. Setiap tahunnya, banyak pasangan di dunia merayakan hari tersebut sebagai Hari Valentine. Namun, Hari Kasih Sayang ini sebenarnya tidak hanya dirayakan dengan pasangan, tetapi juga sahabat dan keluarga.

Tentu, ada banyak cara untuk menunjukkan cinta. Salah satunya ialah dengan memberikan hadiah berupa perhiasan. Perhiasan banyak dipilih karena menyimbolkan komitmen.

Pengamat Mode Sonny Muchlison mengatakan bahwa saling memberi hadiah masih jadi kegiatan yang favorit dilakukan banyak orang saat Hari Valentine. Terlebih, bagi pasangan yang ingin melanjutkan hubungannya ke jenjang yang lebih serius.

Baca juga: Selain Cokelat & Bunga, Ini Dia 5 Ide Kado Unik dan Romantis untuk Hari Valentine

Biasanya, kata Sonny, Hari Kasih Sayang ini kerap dijadikan muda-mudi untuk menyatakan cinta atau mengungkapkan keseriusannya. Nah, salah satu cara terbaik untuk menyimbolkan keseriusan itu ialah dengan memberikan hadiah perhiasan.

“Perhiasan banyak dipilih untuk menyatakan cinta karena lebih real dan universal. Secara fungsi dan estetika juga lebih menarik jika dibandingkan dengan hal lain, seperti cokelat atau bunga,” ujar Sonny kepada Hypeabis.id.

Menurut Sony, tren perhiasan yang akan dipakai untuk hadiah pada momen Valentine akan berubah dibanding tahun lalu. Jika dahulu kalung dengan inisial masih ramai, Sony menilai tahun ini tren tersebut akan meredup.

Tren perhiasan akan mengarah ke corak-corak dan penggunaan bahan yang unik. Kesan simpel masih akan dikedepankan, tetapi tampilannya tidak akan terlalu sederhana.


Tren Bahan dan Model

Untuk bahan, Sony menilai emas dan berlian masih jadi perhiasan yang favorit. Namun, lagi-lagi permainan desain akan lebih dijual oleh jenama-jenama ternama. Misalnya, liontin yang dibuat dengan bentuk droplet yang mengedepankan estetika.

Sementara itu untuk anting, jika berbahan berlian, biasanya akan mengedepankan unsur elegan. Bentuknya akan menonjolkan si berlian sebagai daya tarik utama yang menempel di telinga. Namun, jika berbahan emas, anting justru tidak dibuat menempel di telinga. Saat ini trennya sedang mengarah ke anting tali panjang yang jatuh ke bawah.

Untuk cincin, Sony melihat bentuk yang tipis dan memanjang belakangan ini lebih disukai. Bentuknya juga bukan seperti ring sederhana. Namun, kini lebih ke bentuk spiral yang indah.

Pada tahun ini, estetika sangat dianggap penting. Setiap corak dan detail akan lebih diperhatikan. Sebab, di sanalah biasanya para jenama-jenama perhiasan membubuhkan metafora untuk cinta.
 

Ilustrasi kalung dengan liontin. (Sumber foto: Pexels/Andie Gómez-Acebo)

Ilustrasi kalung dengan liontin. (Sumber foto: Pexels/Andie Gómez-Acebo)


Jadi, pemberian perhiasan saat momen Valentine punya arti yang lebih mendalam. Sebab, setiap corak, warna, dan bahan yang ada di dalam satu perhiasan mencerminkan makna-makna khusus untuk pasangan.

“Karena Valentine itu juga adalah sebuah metafora yang diamini banyak orang bahwa ada satu hari khusus untuk berbagi kasih dan sayang,” imbuhnya.

General Manager Frank & co. Jewellery Ferdy Felano sepakat antusiasme masyarakat terhadap perhiasan selalu meningkat menjelang momen Valentine. Sebab, banyak orang yang ingin memanfaatkan momen ini untuk memberikan hadiah spesial pada orang yang dicinta.

Valentine juga kerap dijadikan momen untuk melamar orang yang dicintainya menjadi pasangan hidup. Tentunya, kata Ferdy, hal ini menciptakan gelombang antusiasme yang besar bagi industri ritel perhiasan.

 

Sebagai sebuah brand perhiasan yang telah menemani masyarakat Indonesia hampir tiga dekade, Frank & co. Jewellery seakan memiliki wajah yang dikenal oleh berbagai generasi. Hal ini membuat peminat perhiasan Frank & co. Jewellery datang dari berbagai kalangan.


Brand perhiasan nomor satu ini juga selalu memberikan desain yang klasik, timeless, dan berfokus pada
material berkualitas tinggi. Hal ini membuat Frank & co. Jewellery memiliki nilai tambah dan makin digemari.

“Fenomena kenaikan permintaan terhadap produk perhiasan menjelang Valentine dapat dikatakan bersifat global. Untuk Frank & co. Jewellery kenaikannya sekitar 30 persen,” ujar Ferdy.

 

(Sumber: Frank & co. Jewellery

Bright Love Trilogy Ring. (Sumber: Frank & co. Jewellery


Pada momen Valentine, liontin merupakan salah satu jenis perhiasan yang paling banyak dicari. Koleksi liontin berbentuk hati masih menjadi salah satu desain favoritnya.

Kemudian, bagi mereka yang ingin mengambil momentum Valentine untuk melamar, cincin menjadi favoritnya. Koleksi cincin emas dengan berlian solitaire selalu menjadi pilihan utama di Frank & co. Jewellery.

Dalam menyambut momen Valentine, brand perhiasan yang telah berdiri sejak 1996 itu merilis Collection of The Month dengan memperbanyak ladies ring solitaire. Salah satu koleksi spesialnya ialah Bright Love.

Koleksi ini mengedepankan desain yang cantik, klasik, serta elegan yang dikombinasikan dengan keindahan berlian. Dengan teknik bright cutting, koleksi ini makin mengelevasi keindahan paduan antara emas dan berlian.

Sebagai hadiah kepada orang-orang tercinta, perhiasan emas dengan desain yang manis, terkesan personalised, dan beraksen berlian yang lebih subtle juga kerap jadi pilihan banyak menarik saat Valentine. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Tingkat Kesepian Meningkat: Apakah Jasa Sleep Call Merupakan Solusi Tepat?

BERIKUTNYA

Alasan Susu Kental Manis Tidak Boleh Jadi Konsumsi Harian, Bisa Bikin Kecanduan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: