Harga yang dicapai berlian biru ini mendekati pemegang rekor (sumber gambar: tangkapan layar laman Sotheby's)

Berlian Biru Ini Terjual dengan Harga Fantastis di Balai Lelang Sotheby’s

06 May 2022   |   19:27 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Berlian biru De Beers Blue terjual seharga US$57,47 juta dalam lelang yang diadakan oleh rumah lelang Sotheby’s Hong Kong. Berlian yang berhasil dijual tersebut memiliki ukuran sebesar 15,10 karat. Dilansir dari laman Sotheby’s, berlian tersebut merupakan yang terbesar dari jenisnya yang pernah muncul di lelang, dan merupakan salah satu yang terjual dengan harga tertinggi di pasar terbuka.

Penjualan berlian biru tersebut di balai lelang Sotheby’s Hong Kong hampir sama dengan pemegang rekor berlian biru saat ini, yakni The Oppenheimer Blue berukuran 14,62 karat, yang dijual seharga US$57,54 juta pada 2016.

Pencapaian penjualan lelang tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan perkiraan pada sebelum penjualan, yakni US$48 juta. Harga batu berlian tersebut bisa lebih tinggi dari perkiraan lantaran pertarungan penawaran berkepanjangan yang terjadi antara 4 kontestan selama 8 menit.

“Dengan batu akhirnya dijual ke klien yang diwakili oleh Wenhao Yu, Ketua Perhiasan dan Jam Tangan di Sotheby’s Asia melalui telepon,” demikian tertulis dalam laman Sotheby’s.

De Beers Blue merupakan keajaiban alam yang ditemukan di Tambang Cullinan yang legendaris di Afrika Selatan pada 2021. Tambang Cullinan merupakan salah satu dari sedikit sumber berlian biru yang sangat langka di dunia.

Berlian biru ini merupakan berlian yang sangat langka dan penting mengingat tidak ada yang pernah dilelang dengan ukuran lebih dari 15 karat. Selama ini, berlian biru yang dilelang adalah berlian dengan ukuran sekitar 10 karat.

Patti Wong, Kepala Sotheby's Asia, mengatakan berlian dengan warna cerah yang kuat dan potongannya yang sangat indah merupakan batu yang hanya ada sekali dalam satu generasi, dan merupakan yang terbesar yang pernah dilihat selama 31 tahun berkarir di Sotheby’s.

“Kami sangat senang De Beers dan Diacore memercayai kami untuk mempersembahkan batu ini ke pasar internasional dan hasilnya adalah konfirmasi yang jelas dari apresiasi yang berkembang, dan kesadaran akan kelangkaan besar berlian biru di seluruh dunia,” katanya.

Sementara Nir Livnat, Ketua Diacore, mengatakan bahwa Diacore memiliki hak istimewa untuk memiliki kesempatan bekerja sama dengan Sotheby’s dalam melelang batu berlian biru yang merupakan salah satu harta alam paling menakjubkan di bumi.

Batu berlian tersebut telah dirancang dan dibuat oleh tim khusus Diacore. Tim ini telah menciptakan sejumlah kreasi berlian paling langka di dunia, seperti CTF Pink Star 59,60 karat, koleksi Millennium BLue, dan banyak lainnya.

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Yuk Kunjungi 5 Tempat Wisata Gratis di Jakarta

BERIKUTNYA

Wow, Film KKN Di Desa Penari Tembus 2 Juta Penonton dalam 6 Hari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: