Ilustrasi (sumber gambar : candychain/ unsplash)

5 Cara Sederhana Ungkapkan Rasa Sayang pada Hari Valentine

14 February 2023   |   08:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Momen hari Valentine yang jatuh setiap tanggal 14 Februari, sering dijadikan sebagai waktu bagi seseorang untuk mengungkapkan rasa kasih dan sayangnya kepada orang-irang terkasih. Biasanya mereka memberikan hadiah berupa bunga, coklat, atau perhiasan untuk orang yang dicintai.

Namun, tidak semua orang memilih untuk memberikan hadiah sebagai ungkapan rasa sayangnya. Sebab, pada dasarnya bahasa cinta atau love language setiap orang itu berbeda-beda loh Genhype. Psikolog Klinis, Irma Gustiana mengatakan bahwa ada lima macam love language yang biasanya digunakan seseorang dalam menyampaikan rasa cinta kasihnya. 

Pertama, menerima dan memberikan hadiah. Kedua dengan menyampaikan kata-kata penegasan. Ketiga dengan memberikan waktu yang berkualitas atau quality time. Keempat adalah dengan memberikan sentuhan fisik, dan yang kelima adalah dengan tindakan atau pelayanan.

Nah, supaya Genhype tidak bingung, Irma memberikan tips ungkapan love language pada hari kasih sayang dan merayakan Valentine dengan sederhana, baik untuk orang terkasih maupun diri sendiri. Yuk simak dalam ulasan berikut ini. 

Baca juga: 15 Ucapan Istimewa di Hari Valentine, Ungkap Rasa Sayang untuk Pasangan Yuk!


1. Kirim Kado Valentine yang Unik

Memberi kado Valentine untuk orang tersayang maupun diri sendiri tidak harus mahal, melainkan lebih ke arah makna dari pemberian kado tersebut. “Berilah bingkai berisi bunga kering dengan ucapan yang dipersonalisasi agar lebih berkesan bagi orang dengan love language yang sesuai,” saran Irma.

Lunette Flower and Gift, usaha yang didirikan oleh dua perempuan Chrisfella Cokro Handoyo dan Clarissa sejak 2021, mencatat produk bingkai berisi bunga kering sangat laris khususnya menjelang Hari Valentine tahun ini. Mereka menuturkan bahwa jumlah transaksi buket bunga dan kerajinan tangan naik hingga tiga kali lipat. 

Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan banyaknya orang yang ingin memberikan hadiah kepada orang terkasih menyebabkan beberapa kategori produk seperti bunga, coklat, kertas kado, parfum, dan parsel masing-masing mengalami kenaikan yang serupa. 

Di luar kategori produk tersebut, Tokopedia mencatat fesyen, rumah tangga, makanan dan minuman, elektronik dan perawatan tubuh menjadi beberapa kategori yang juga laris jelang Valentine.
 

2. Ungkap Kasih Sayang dengan Kata-kata

Irma mengatakan bahwa rasa kasih sayang bisa disampaikan dengan kata-kata sederhana, misalnya mengucapkan terima kasih atas usaha yang telah dilakukan orang terkasih maupun diri sendiri selama ini.
 

3. Luangkan Quality Time

Nikmati waktu berkualitas (quality time) sendiri (me time) atau bersama orang terkasih, misalnya dengan menonton film sambil menikmati berbagai camilan yang disukai, mulai dari makanan ringan hingga es krim cita rasa. Ekhel mengatakan bahwa menjelang Hari Valentine, penjualan es krim di Tokopedia melonjak hingga tiga kali lipat. 
 

4. Berikan Physical Touch

Berpelukan, berpegangan tangan atau duduk berdekatan dapat memicu hormon bahagia seperti serotonin, oksitosin dan dopamin yang bisa membuat suasana hati menjadi lebih tenang. “Memakai skincare pun bisa menjadi contoh praktik love language sentuhan fisik bagi diri sendiri,” tutur Irma. 
 

5. Lakukan Acts of Service

Lebih lanjut, Irma menjelaskan bahwa rasa kasih sayang untuk orang terkasih maupun dengan diri sendiri dapat ditunjukkan lewat tindakan atau pelayanan yang sederhana tetapi bermakna. Contohnya, pesanlah makanan dan minuman (makmin) favorit saat sedang mengalami kelelahan sebagai bentuk apresiasi dan penyemangat. 

Baca juga: 7 Tradisi Perayaan Unik Valentine dari Berbagai Negara, Salah Satunya Jadikan Babi Sebagai Simbol Cinta

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
 

SEBELUMNYA

Gokil, Nilai Barang Tertinggal di KAI Selama 2022 Capai Rp4 Miliar

BERIKUTNYA

Jadi Ide Hadiah Valentine, Yuk Coba 2 Resep Kue Lezat Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: