Tradisi perayaan Valentine di Berbagai Negara (Sumber Foto: Unsplash)

7 Tradisi Perayaan Unik Valentine dari Berbagai Negara, Salah Satunya Jadikan Babi Sebagai Simbol Cinta

13 February 2023   |   19:24 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Momen Valentine biasanya dirayakan dengan makan malam romantis, memberikan sekotak cokelat, atau kartu ucapan berisi pesan manis untuk pasangan. Hal-hal tersebut merupakan bentuk ungkapan cinta dan kasih sayang untuk pasangan yang menjadikan tanggal 14 Februari tersebut terasa spesial.

Namun, masyarakat di berbagai negara rupaya punya cara yang beda dan unik untuk merayakannya. Melansir dari Today, inilah beberapa tradisi Valentine unik yang dilakukan oleh orang-orang di seluruh dunia. Mungkin bisa jadi ide baru untuk menghabiskan aktivitas bersama pasangan. 

Baca juga: Cokelat Masih Jadi Favorit saat Perayaan Valentine, Ternyata Begini Sejarahnya!


1. Republik Ceko

Selain hari Valentine, Republik Ceko juga punya perayaan 'Hari Cinta' yang jatuh pada 1 Mei. Pasangan di sana mengunjungi patung penyair Ceko Karel Hynek Macha yang dikenal dengan puisi-pusi romantisnya. Patung penyair ini terletak di hutan pohon ceri. Ada mitos yang menyebutkan jika sepasang kekasih berciuman di bawah dahan pohon ceri, maka bisa mendapatkan keberuntungan.


2. Denmark

Bukan hanya pasangan kekasih yang merayakan Valentine di Denmark, teman dan keluarga juga merayakannya dengan bertukar kartu ucapan. Ada kartu ucapan yang disebut gaekkebrev atau surat tetesan salju, isinya ungkapan menyentuh atau sekadar kata-kata lucu. Namun nama pengirimnya anonim dan hanya ditandai dengan titik.

Jika penerima gaekkebrev menebak identitas pengirimnya, dia harus memberikan telur saat perayaan Paskah. Begitupun sebaliknya, jika tebakannya salah, penerimanya harus memberikan telur paskah pada si pengirim surat.


3. Jerman

Valentine biasanya identik dengan pernak-pernik berbentuk hati, tetapi di Jerman karakter babi sangat populer. Rupanya, babi adalah simbol cinta dan nafsu, jadi bukan hal yang aneh jika sepasang kekasih bertukar boneka babi atau cokelat berbentuk babi.


4. Afrika Selatan

Di Afrika Selatan, hari kasih sayang dirayakan pada 15 Februari untuk menghormati festival Romawi Lupercalia. Dalam festival tersebut beberapa wanita akan menyematkan simbol hati di lengan bajunya. Simbol hati tersebut dibuat dari secarik kertas yang isinya bertuliskan nama orang yang spesial untuk mereka.


5. Korea Selatan

Saat hari Valentine, wanita menghadiahkan cokelat kepada pasangannya, lalu sebulan kemudian para pria akan memberikan balasannya di hari White Day yang jatuh pada 14 Maret. Namun, ada juga peringatan untuk para lajang pada 14 April yang dikenal sebagai Black Day. Pada momen ini orang-orang merayakan status lajang mereka dengan semangkuk memakan jajangmyeon atau mie saus kacang hitam.


6. Taiwan

Selain 14 Februari, masyarakat Taiwan juga merayakan Valentine pada 7 Juli. Hal ini mengacu pada kalender China, yang membuat hari kasih sayang tersebut jatuh setiap tanggal 7 bulan 7. tanggalnya pun kadang bisa berubah-ubah setiap tahunnya. Selain itu, pria juga akan memberikan karangan bunga besar untuk kekasihnya. Jika seorang wanita menerima karangan bunga berjumlah 108 mawar, artinya dia sedang dilamar.


7. Italia

Pada 14 Februari, orang Italia merayakan La Festa Degli Innamorati untuk memperingati Juno, Dewi Wanita dan Pernikahan. Mitosnya pria pertama yang dilihat oleh seorang wanita lajang di tanggal 14 Februari maka akan menjadi suaminya di masa depan.

Baca juga: Rekomendasi Kado Valentine untuk Cowok, Dijamin Tambah Sayang

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Biennale Seni Islam Pertama di Dunia

BERIKUTNYA

5 Fakta Unik Katarsis, Serial Dark Comedy Thriller yang Dibintangi Pevita Pearce

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: