Ilustrasi pasangan (Sumber gambar: Budgeron Bach/Pexels)

Intip 9 Tradisi Unik Perayaan Valentine di Dunia

14 February 2022   |   14:45 WIB

Setiap tanggal 14 Februari dirayakan sebagai Hari Valentine oleh orang-orang dari seluruh dunia. Pada perayaan hari kasih sayang tersebut, biasanya para pasangan akan menyiapkan rencana seperti makan malam romantis hingga memberi hadiah sebagai ungkapan rasa kasih sayang.

Meskipun begitu, muda-muda di belahan dunia tetap memiliki berbagai cara untuk merayakannya sesuai dengan tradisi di negara masing-masing. Melansir dari berbagai sumber, berikut 9 tradisi Hari Valentine unik dari berbagai negara.
 

1. Denmark

Negara yang terletak di Eropa Utara ini memiliki tradisi di Hari Valentine yakni bertukar puisi kepada orang lain. Tidak hanya puisi, tradisi ini biasanya disertai dengan pemberian kartu ucapan yang berisi lelucon yang disebut sebagai gaekkebrev. Jika orang yang menerima kartu tersebut dapat menebak siapa identitas dari pengirimnya, maka mereka harus mendapatkan telur permen ketika Hari Paskah tiba.
 

2. Prancis

Di Prancis, terdapat kebiasaan antara pasangan muda-mudi untuk merayakan Hari Valentine yakni pihak wanita harus masuk ke suatu rumah, sementara sang pria harus pergi ke rumah yang terletak di seberang rumah wanita tersebut.

Nantinya, mereka akan memanggil satu sama lain dari jendela. Namun, jika pria tidak tertarik kepada wanita tersebut, dia dapat meninggalkannya. Beberapa hari setelahnya, akan diadakan api unggun dan para wanita yang ditinggalkan oleh para pria tersebut dapat membakar gambar atau foto pria tersebut.
 

3. Jepang

Saat perayaan Hari Valentine di Jepang, para wanita harus memberikan cokelat kepada pria, baik itu kekasih, suami, atau teman. Namun, para pria tidak perlu memberikan balasan apapun. Lalu, pada bulan berikutnya tepatnyai 14 Maret atau kerap disebut sebagai ‘White Day’, para pria harus membeli cokelat untuk diserahkan kepada kekasih atau istri mereka.
 

4. Jerman

Beda negara, berbeda pula tradisi dalam merayakan Hari Valentine ini. Di Jerman, pada tanggal 14 Februari, para pria muda akan memberikan buket bunga yang indah dan pesan cinta kepada seseorang yang mereka cintai.

Namun, jumlah bunga dalam buket tersebut harus berjumlah ganjil, misalnya 1, 3, 5, 7, dan seterusnya. Jika jumlah bunga dalam buket tersebut memiliki angka genap misalnya 2, 4, 6, dan seterusnya, menurut kepercayaan, mereka akan mendapatkan nasib buruk.
 

b

Ilustrasi pasangan (Dok. Budgeron Bach/Pexels)

5. Amerika Serikat

Masyarakat di Amerika Serikat kebanyakan telah merayakan Hari Valentine sebagai Hari Kasih Sayang pada umumnya, yakni dengan mengungkapkan perasaan mereka terhadap orang yang dicintai.

 
1
2


SEBELUMNYA

Google Rayakan Hari Valentine dengan Doodle 3D Interaktif

BERIKUTNYA

Drama The King of Pigs Tunjukkan Kesan Seram Pembunuh Berantai di Poster Terbaru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: