Fryda Lucyana (Sumber gambar: Fryda Lucyana Music)

Penyanyi Fryda Lucyana Sapa Lagi Penggemar Lewat Single Anyar Berjudul Sumpahku

13 February 2023   |   10:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Usia tak menyurutkan semangat penyanyi senior Fryda Lucyana untuk berkarya. Perempuan berusia 51 tahun itu kembali menyapa para penggemarnya dengan merilis single anyar berjudul Sumpahku yang berkolaborasi dengan musisi sekaligus pencipta lagu senior Ryan Kyoto. Keduanya menggarap lagu ini selama 2 tahun. 

Fryda terkenal di kancah industri musik Indonesia lewat lagu Rindu karya maestro musik Eros Djarot, juga tembang S'gala Rasa Cinta ciptaan almarhum Dorie Kalmas dan Fryda Lucyana sendiri. Lagu Rindu sampai kini masih dinyanyikan dan direkam ulang oleh sejumlah penyanyi terkenal lain, dan masih sering di-request dalam setiap penampilan Fryda.

Keberhasilan dua lagu tersebut rupanya mendorong Fryda untuk berinteraksi dan berdiskusi kreatif dengan rekan sejawatnya di industri musik, Ryan Kyoto, untuk menciptakan karya baru. Fryda dan Ryan sama-sama menyadari, mereka masih bersaudara dan kerap jumpa dalam berbagai acara keluarga, dan saling mengagumi karya masing-masing.

Namun, keduanya belum pernah berkolaborasi menciptakan satu karya bersama. Melalui proses yang sering terkendala waktu, akhirnya Ryan Kyoto dan Fryda Lucyana bersepakat untuk melakukan kolaborasi kreatif. 

Baca juga: Solois Farrell Ferdio Ceritakan Pengkhianatan Cinta dalam Single Stay
 

Artwork single Sumpahku (Sumber gambar: Fryda Lucyana Music)

Artwork single Sumpahku (Sumber gambar: Fryda Lucyana Music)

Kolaborasi keduanya berawal ketika Ryan berinisiatif berkunjung ke rumah Fryda, membawa gitar kesayangannya dan melakukan semacam 'workshop' santai, sambil mengukur vocal range Fryda. Termasuk melakukan brainstorming tentang lagu-lagu seperti apa yang disukai dan cocok dengan timbre suara Fryda.

"Papa dan Mama yang saat itu hadir nampak sangat antusias, bahkan sempat terucap dari Papa, bahwa kami sama-sama punya basis budaya Melayu. Buatlah sesuatu yang bisa turut memajukan budaya Melayu," ungkap Fryda dalam keterangan resminya. 

Ryan Kyoto dan Fryda pun menerima saran itu. Proses kolaborasi kreatif Ryan Kyoto dan Fryda Lucyana tak dapat berlangsung cepat karena terkendala oleh aktivitas Fryda, juga karena dia berulang kali jatuh sakit dan mesti dirawat di rumah sakit. Tak hanya itu, selama itu pula, Fryda juga mengalami duka yang mendalam, ketika papanya wafat.

Sebagai anak tunggal yang sangat dekat dengan papanya, peristiwa duka itu sempat memukul batinnya. Perlu waktu cukup lama bagi Fryda untuk melanjutkan kerja kolaborasi kreatif dengan Ryan Kyoto, sampai lagu Sumpahku tercipta.
 

Fryda Lucyana (Sumber gambar: Fryda Lucyana Music)

Fryda Lucyana (Sumber gambar: Fryda Lucyana Music)

Suasana batin yang dalam itu terasa lewat vokal Fryda yang sangat kuat mengartikulasikan lirik dan mengekspresikan melodi lagu Sumpahku karya Ryan Kyoto ini. Fryda berhasil mengekspresikan dan menyajikan lagu ini sebagai refleksi cinta yang dirasakan semua orang. 

"Single ini mengekspresikan komitmen cinta yang sangat kuat, menegaskan kesetiaan dan keteguhan sikap, bahwa cinta pertama adalah cinta terakhir yang abadi selamanya," jelas Fryda. 

Single Sumpahku bukan hanya wujud hasrat dan keinginan Fryda memenuhi harapan, menyapa, dan merangkul lebih erat para penggemar dan penikmat lagu-lagunya selama ini, termasuk para sahabat dan kerabatnya. Juga bukan hanya untuk merawat eksistensinya sebagai pelaku seni yang sangat mencintai dunia nyanyi. 

Lebih jauh lagi, lewat lagu ini, Fryda juga ingin menebar keindahan artistik dan estetik, sekaligus menghidupkan kesadaran penikmat lagu ini untuk selalu merawat cinta. 

"Single Sumpahku mengungkapkan bahwa cinta itu menyatukan yang terserak, mendekatkan yang jauh, memesrakan yang dekat, untuk sama-sama berkomitmen saling memuliakan," kata penyanyi kelahiran Semarang, Jawa Tengah, itu. 

 

Tak hanya Ryan Kyoto, dalam penggarapan lagunya ini, Fryda turut menggandeng sejumlah musisi kenamaan Tanah Air, seperti Sandy Canester bertindak sebagai music producer sekaligus sebagai music arranger bersama Rio Ricardo, serta ewa Budjana yang terlibat sebagai special appearance on guitar.  

Dia pun berharap lagu Sumpahku dapat diterima dengan baik, dinikmati secara luas dan mewakili relung perasaan siapa saja, meski dalam perspektif yang berbeda. "Sungguh, ini lagu yang indah untuk diresapi. Mari kita simak bersama," tambah Fryda. 

Baca juga: NCT Dream Akan Rilis Single Berjudul Best Friend Ever, Liriknya Bercerita tentang Ini

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Pameran Sneakertopia Bakal Hadir di ArtScience Museum Singapura, Pesta Bagi Pencinta Sneakers

BERIKUTNYA

DC Rilis Trailer The Flash, Penampilan Perdana Ezra Miller Curi Perhatian

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: