Penyanyi Fryda Lucyana (Sumber foto: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Hit Manis 90-an S'gala Rasa Cinta Fryda Lucyana Hadir di Platform Digital

23 September 2023   |   13:47 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Penyanyi Fryda Lucyana kembali meluncurkan lagu hitnya yang berjudul S'gala Rasa Cinta. Tembang manis yang sempat populer pada dekade 90-an itu kini dirilis dalam format digital oleh sang musisi agar bisa dinikmati oleh generasi muda di Tanah Air.

S'gala Rasa Cinta merupakan salah satu lagu yang personal bagi penyanyi berusia 51 tahun itu. Sebab, dia mengungkap ada pengalaman pribadi di dalamnya saat Fryda menggubah lagu tersebut bersama penulis lagu Dorie Kalmas. 

Fryda menyebut, lirik yang romantis dan puitis dalam lagu itu memang berasal dari kisah cintanya. Saat diciptakan, dia bertugas membuat lirik, sedangkan Dorie bertanggung jawab menyusun notasi. "Sejujurnya, lirik lagu S'gala Rasa Cinta adalah kisah pengalaman pribadi yang pernah saya alami pada masa itu," ungkap Fryda dalam keterangan resminya. 

Baca juga: Eksklusif Profil Fryda Lucyana: Kiat Penyanyi Lawas Menggebrak Industri Musik

Adapun, dia mengungkapkan bahwa lagu S'gala Rasa Cinta pertama kali dirilis pada 1999. Saat itu tembang tersebut masuk dalam album keduanya yang berjudul Fryda, dan dengan cepat merajai tangga lagu radio dan TV pada masanya. 

Lagu itu bahkan sering disebut sebagai hit kedua Fryda setelah tembangnya yang paling legendaris, yakni Rindu. Saat itu karya ciptaan maestro Erros Djarot tersebut memang menjadi salah satu lagu populer yang kerap dinyanyikan para remaja dekade 90-an.
 

(Sumber: Fryda Lucyana)

Fryda Lucyana (Sumber: dok pribadi)

Sebelumnya, Fryda pun pernah menulis lirik lagu untuk dua artis penyanyi lain. Lagu ini juga memperkuat posisinya dalam industri musik Indonesia dan membuat namanya kian moncer di kalangan pencinta musik. 

Tak tanggung-tanggung, Fryda sempat terpilih menjadi nominee untuk kategori Best Female Artist di Anugerah Musik Indonesia Awards (AMI) Awards pada 1999. Padahal saat itu dia masih merupakan pendatang baru di dunia musik dalam negeri. 

Kini, hampir seperempat abad setelah dirilisnya lagu S'gala Rasa Cinta, menurutnya publik masih tetap mencintai karyanya. Bahkan, sang penyanyi sering diminta untuk menyanyikan lagu tersebut saat manggung. "Atas permintaan yang tak terhitung, lagu ini akhirnya kembali dirilis dalam format digital. Tentu saja untuk mengikuti perkembangan zaman,"katanya.

Adapun, S'gala Rasa Cinta kembali dirilis dalam format digital oleh Aquarius Musikindo. Bagi yang ingin menikmatinya secara visual, official video liriknya juga bisa disimak di YouTube channel Fryda Lucyana. 

Fryda terkenal di kancah industri musik Indonesia lewat lagu Rindu karya maestro musik Eros Djarot, juga tembang S'gala Rasa Cinta ciptaan almarhum Dorie Kalmas dan Fryda Lucyana.

Belum lama ini penyanyi kelahiran Semarang, 17 Desember 1971 itu juga menelurkan karya baru bertajuk Sumpahku. Single tersebut menjadi penanda comeback-nya setelah sang penyanyi hiatus selama pandemi.

Lagu Sumpahku merupakan hasil kolaborasi Fryda dengan Ryan Kyoto. Dia mengungkap selain untuk memenuhi harapan penggemar, peluncuran single tersebut juga untuk merawat eksistensinya sebagai pelaku seni.

Selain Ryan Kyoto, dalam penggarapan lagunya tersebut, Fryda turut menggandeng sejumlah musisi kenamaan Tanah Air. Termasuk Sandy Canester yang bertindak sebagai music producer sekaligus sebagai music arranger bersama Rio Ricardo, serta Dewa Budjana yang terlibat sebagai special appearance on guitar

Baca juga: Penyanyi Fryda Lucyana Sapa Lagi Penggemar Lewat Single Anyar Berjudul Sumpahku

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Profil Desainer Poppy Dharsono, Fashionista Berjiwa Bisnis

BERIKUTNYA

Film Horor Di Ambang Kematian, Angkat Kisah Nyata Mengenaskan dari Thread Viral JeroPoint

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: