Suasana Art Jakarta Gardens 2023 (Sumber: Hypeabis.id/Suselo Jati)

Begini Kata Dian Sastro & Seniman Bill Mohdor Soal Art Jakarta Gardens 2023

12 February 2023   |   19:38 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Pameran seni Art Jakarta Gardens kembali digelar pada 7-12 Februari 2023 di Hutan Kota by Plataran, Jakarta. Mengusung konsep ruang terbuka, gelaran tersebut menampilkan sejumlah koleksi karya seni terbaik dari total 22 galeri di Indonesia dan Malaysia. 

Adapun, galeri yang berpartisipasi di antaranya Andis Gallery, Art Serpong Gallery, CAN'S Gallery, A+ Works of Art, Gudang Gambar, Museum of Toys, dan RUCI Art Space. Mereka turut memacak karya-karya dari para seniman seperti Nyoman Nuarta, Yani Mariani, Adi Gunawan, Laksamana Ryo, Sunaryo,  Darbotz, Entang Wiharso, dan G. Sidharta.

Baca juga: Intip 5 Karya Instalasi & Patung yang Jadi Sorotan di Art Jakarta Gardens 2023
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Art Jakarta (@artjakarta)


Pada hari terakhir Art Jakarta Gardens 2023, bahkan sejumlah galeri tersebut sudah mencatat raihan positif penjualan karya koleksi mereka. Hal ini didorong oleh antusiasme masyarakat terhadap seni rupa yang mulai membaik seiring berakhirnya pandemi di Tanah Air. 

Aktris dan selebritas Dian Sastrowardoyo, yang mengunjungi Art Jakarta Gardens 2023 pun turut mengapresiasi bursa seni rupa tahunan itu. Berbeda dari sebelumnya, kali ini animo masyarakat untuk datang ke pameran seni itu memang lebih semarak. Hal itu tentunya menimbulkan geliat positif seni rupa Indonesia.

"Kalau dari orangnya aku kira lebih banyak yang dateng. Pas tahun lalu kan masih pandemi, masih PPKM kalo sekarang udah enggak. Berasa banget, kalau [tahun] kemarin itu nggak seramai sekarang, mungkin cuma setengahnya," katanya saat ditemui Hypeabis.id, Minggu, (12/2/23).

Melihat antusiasme tersebut, perempuan berusia 40 tahun itu berharap geliat pasar seni rupa bisa kembali membuat seniman lebih giat dalam berkarya. Menurutnya, dengan adanya gelaran seperti ini, seniman bisa terus melanjutkan proses berkarya agar lebih baik lagi ke depannya, terutama para seniman muda. 

Dia mencontohkan, salah satu booth galeri, yakni STEM Project, yang banyak mengakomodir karya-karya seniman generasi muda, bahkan berstatus mahasiswa yang ikut serta dalam ajang ini. Menurutnya program itu perlu diapresiasi karena bakal membuat mereka termotivasi untuk mengembangkan skill-nya sebelum jadi seniman profesional.

"Mayoritas dari mereka itu mahasiswa, belum lulus, jadi benar-benar memang dibina sama beberapa galeri yang project-nya seperti itu. Menurut saya itu bagus banget," Papar Dian Sastro. 

Sementara itu, saat ditanya apakah gelaran serupa perlu digalakkan di berbagai kota lain di Indonesia, pemain film Ada Apa Dengan Cinta? itu berharap ke depannya memang harus dilakukan. Namun, sebisa mungkin dihelat secara berkala dulu di Jakarta baru menyebar ke berbagai daerah. 

"Sebisa mungkin sih continue di Jakarta dulu, ini kan sudah lumayan yang setahun cuma sekali, sekarang bisa dua kali. Yaitu Art Gardens dan yang di Jakarta Convention Center. Barulah nanti setelah stabil bisa diselenggarakan di kota-kota besar lain," jelas Dian Sastro.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Nabil Muhdor (@billmohdor)


Setali tiga uang, seniman sekaligus influencer seni Bill Mohdor juga turut mengapresiasi Art Jakarta Gardens 2023. Menurutnya bursa seni tersebut merupakan tempat di mana seniman, galeri, dan kolektor bisa bersatu padu untuk memajukan seni rupa Indonesia. 

"Ini tempat yang dibutuhin banget, karena Art Jakarta punya pasarnya sendiri. Tentunya dengan adanya gelaran ini, seni rupa  di Indonesia bisa lebih dikenal banyak orang, " papar Bill Mohdor.

Tak hanya itu, perupa bernama lengkap Nabil Muhdor itu juga mengungkap karya seni yang dipajang di Art Jakarta Gardens 2023 tidak perlu diragukan lagi kualitas dan nilainya. Pasalnya, karya tersebut dibawa oleh galeri seni kenamaan Tanah Air dan dikurasi dengan baik oleh kurator.

"Karya yang dipajang di sini itu nggak perlu dipertimbangkan lagi bagus atau enggak. Sebab lu tinggal nikmatin aja menurutku. Jadi nggak harus ngeliat karya mana yang baik. Karena dari ujung ke ujung udah pantes untuk dipacak di sini," jelasnya.

Baca juga: Art Jakarta Gardens 2023: Penyelenggara Pede Target Pengunjung Bakal Tercapai

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sutradara Alice in Borderland Bakal Garap Live Action My Hero Academia Netflix

BERIKUTNYA

Hari Terakhir, Galeri Sebut Pengunjung & Penjualan di Art Jakarta Gardens 2023 Lampaui Ekspektasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: