Ilustrasi kulit bercahaya dan lembab. (Sumber foto: Pexels/

Tren Skin Flooding yang Viral di TikTok, Apa Manfaatnya?

09 February 2023   |   15:49 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Cara mempraktikkan skin flooding

Saat melapisi pelembab, selalu mulai dengan produk paling ringan dan akhiri dengan yang terberat untuk meningkatkan penyerapan. Misalnya, akan bermanfaat untuk mengoleskan serum terlebih dahulu dan kemudian melapisinya dengan pelembab dalam formula krim yang lebih berat untuk mengunci manfaat dan hidrasi.

Jika produk pertama yang diaplikasikan ke wajah terlalu kental atau oklusif, hal itu dapat memengaruhi penetrasi produk lain dan mengganggu fungsinya.

Penting juga untuk memastikan bahwa wajah kalian bersih dan bebas make-up sebelum memulai proses skin flooding. Hal ini untuk memastikan produk yang diaplikasikan dapat terserap dengan baik
 

Ilustrasi mencuci muka. (Sumber foto: Pexels/Ron Lach)

Ilustrasi mencuci muka. (Sumber foto: Pexels/Ron Lach)


Double cleansing juga sangat disarankan untuk menyiapkan wajah dalam kondisi terbaiknya. Pilih sabun cuci muka yang tidak membuat kulit terasa tertarik atau kering. Penggunaan berlebihan pembersih yang berbusa atau mengandung asam pengelupas dapat melucuti dan membahayakan lapisan penghalang kulit (skin barrier) serta menyebabkan Trans Epidermal Water Loss (TEWL).

TEWL adalah fenomena yang menyebabkan kulit kering dan dehidrasi. Meskipun lebih banyak terjadi pada malam hari, efeknya meningkat secara signifikan saat pelindung kulit rusak.

Pada wajah yang masih lembap, aplikasikan essence, toner, atau facial mist. Toner dan facial mist di masa lalu memiliki reputasi buruk karena dianggap tidak berkontribusi banyak pada rutinitas perawatan kulit. Namun, toner adalah produk yang telah berevolusi begitu dan sekarang dapat digunakan sebagai bagian dari langkah untuk melembabkan, bukan hanya sebagai pembersih wajah.

Baca juga: Segudang Manfaat Niacinamide, Cocok untuk Kulit Sensitif

Selanjutnya adalah serum. Serum berbasis air yang mengandung humektan seperti asam hialuronat dan niacinamide sangat bagus karena membantu menarik kelembapan pada kulit. Peptida juga merupakan tren yang ideal untuk skin flooding guna meningkatkan hidrasi dan merangsang produksi kolagen.

Skin flooding diakhiri dengan pelembab. Disarankan untuk menggunakkan produk yang kaya akan bahan seperti ceramide, beta glucan, dan asam lemak. Konsistensi yang lebih kental dan ukuran molekul yang relatif lebih besar berarti pelembab menciptakan penghalang pelindung pada kulit, mengunci semua yang telah diaplikasikan sebelumnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: M R Purboyo

1
2


SEBELUMNYA

Mulai Masuk ke Indonesia, Cek Harga, Fitur & Cara Berlangganan Twitter Blue 

BERIKUTNYA

Viral Cosplay Jadi Boa Hancock, Intip 5 Fakta Menarik Aura Kasih

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: