Konser Dewa 19 di JIS dihadiri 65.000 penonton (Sumber gambar: Dewa 19)

Ramai Kritik Konser Dewa 19 di JIS, Promotor Minta Maaf & Beri Penjelasan

09 February 2023   |   09:01 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Band rock kawakan Dewa 19 sukses menggebrak panggung Jakarta International Stadium (JIS) dalam konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya. Sebanyak 65.000 penonton memadati JIS untuk menyaksikan aksi panggung salah satu band legendaris di Indonesia itu. Namun, pelaksanaan konser ini juga menyisakan kekecewaan di kalangan penonton.

Tak sedikit pihak yang memberikan kritikan pedas kepada promotor dan penyelenggara konser lantaran lemahnya pengaturan arus mobilitas penonton, sehingga akses jalan macet total hingga berjam-jam baik yang ingin menempuh lokasi konser maupun saat keluar.

Banyak penonton yang kesulitan untuk mengakses jalan keluar venue konser sehingga baru bisa beranjak pulang setelah berjam-jam kemudian sejak konser selesai pada pukul 24.00 WIB. Selain itu, penonton juga mengeluhkan tentang pengecekan tiket masuk yang tidak terkoordinir dengan baik hingga minimnya ketersediaan lahan parkir di sekitar JIS.

Baca juga: Jadi Lokasi Konser Dewa 19, Intip Fasilitas Canggih Jakarta International Stadium

Menanggapi semua kritikan yang beredar, pihak promotor dan penyelenggara pun meminta maaf sekaligus memberikan penjelasan. Rionaldo Liputo selaku CEO Redline Kreasindo mengatakan pihaknya meminta maaf atas kejadian yang terjadi saat arus kepulangan setelah selesai acara.

Menurutnya, kepadatan arus pulang seusai acara merupakan kondisi yang wajar terjadi karena secara bersamaan penonton keluar menuju area parkir ataupun shuttle bus yang telah disiapkan untuk para penonton. Namun, dia pun memahami kondisi yang terjadi mengingat ini merupakan konser terbesar pertama yang pernah dilakukan di JIS.

"Kedua belah pihak baik dari pihak Redline Kreasindo maupun Jakpro akan mengevaluasi secara keseluruhan agar kedepannya penyelenggaraan event serupa bisa berlangsung lebih baik lagi," katanya dalam keterangan resminya.
 

Konser Dewa 19 di JIS dihadiri 65.000 penonton (Sumber gambar: Redline Kreasindo)

Konser Dewa 19 di JIS dihadiri 65.000 penonton (Sumber gambar: Redline Kreasindo)

Terkait ketersediaan lahan parkir, Rionaldo menjelaskan sebenarnya pihaknya telah membagikan informasi kepada audiens yakni kantong parkir untuk mobil & motor terdapat di beberapa titik. Selain itu, penonton juga dapat menggunakan shuttle bus yang sudah disiapkan penyelenggara agar tidak terjadi penumpukkan kendaraan di lokasi acara.

Sebagai informasi, sebelumnya, pihak promotor telah menyediakan kantong parkir kendaraan atau mobil serta shuttle bus di 2 lokasi untuk menuju ke tempat acara yaitu kantong parkir dan shuttle bus di Parkir Barat  JiExpo Kemayoran serta kantong parkir dan shuttle bus di Jakarta International Eprix Circuit. Sementara untuk tempat parkir motor ada di 4 lokasi yaitu parkir ITF, RSPI Sulianti Suroso, D’Arcici Hotel dan Universitas 17 Agustus. 

"Namun, masih terdapat banyak parkir liar di sekitar lokasi acara sehingga menyebabkan arus keluar dari stadion menjadi tersendat, katanya

Hal ini pula yang menjadikan shuttle bus yang seharusnya membawa para penonton kembali ke kantong parkir ikut tersendat. Selain itu, menanggapi informasi lainnya tentang issue yang beredar mengenai tiket double print, Rionaldo menegaskan bahwa tidak ada double print atau double ticket.

Hanya saja, terdapat seat number dan row yang sama di Wing Selatan dimana wilayah Pintu Selatan terbagi menjadi tiga area Pintu masuk, yaitu Pintu Selatan Kiri, Pintu Selatan Tengah dan Pintu Selatan Kanan.

"Kami mohon maaf apabila terjadi miskomunikasi dalam penunjuk arah yang kami buat kurang maksimal dan akan menjadi pembelajaran untuk kami pada event yang akan datang," jelasnya.

Sementara itu, Syachrial Syarif selaku VP Corporate Secretary Jakpro mengatakan persiapan konser Dewa 19 telah dilakukan dengan baik bersama para tenaga profesional yang berpengalaman. Namun, dia pun menerima segala masukan dan kritikan yang menjadi pelajaran berharga untuk perbaikan pada acara-acara selanjutnya di masa mendatang.

"Kegiatan yang telah berlangsung ini juga sekaligus memberikan rujukan pengalaman kepada para mitra penyelenggara agar kegiatan yang berlangsung di JIS menjadi lebih baik kedepannya," ujarnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

5 Ide Kado untuk Orang Tersayang pada Hari Valentine

BERIKUTNYA

Jangan Asal, Cek 5 Aktivitas & Olahraga yang Tepat Untuk Lansia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: