Ello (Dok. Ello Official Instagram)

Ello Resmi Jadi Vokalis Baru Dewa 19

01 March 2022   |   14:23 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Penyanyi Marcello Tahitoe atau yang lebih dikenal Ello, kini resmi bergabung dengan grup band Dewa 19. “Saya tidak pernah menyangka sedikit pun untuk bisa bergabung dengan Dewa 19. Dari dulu hanya mendengarkan dan mengidolakan karya-karya mereka. Namun akhirnya saya mendapatkan kesempatan ini,” tulis penyanyi berusia 39 tahun itu.

Hal itu diketahui melalui unggahan Ello di Instagramnya pada Senin (28/2/2022), yang mengatakan bahwa dia akan mengisi bagian vokalis dari Dewa 19. Ello juga mengaku merasa pesimis bahwa dia tidak akan pernah bisa menggantikan vokalis-vokalis Dewa 19 terdahulunya. Meski begitu, kata Ello, dia akan memberikan kemampuan terbaiknya untuk band besutan Ahmad Dhani dkk tersebut.

“Saya tahu persis tidak akan pernah bisa menggantikan vokalis-vokalis terdahulunya, namun saya akan memberikan yg terbaik untuk band ini,” ungkapnya.

Pada unggahan itu, pelantun lagu Masih Ada itu juga menyapa para fans Dewa 19 yang diberi nama Baladewa. “Dan untuk keluarga baru saya @baladewafamilia, mohon dukungannya untuk memulai perjalanan hidup saya yg baru bersama kalian,” tulis Ello.

Sementara itu, untuk merayakan 30 tahun perjalanan musiknya, Dewa 19 akan menggelar tur di 30 kota di Indonesia dengan membawakan 30 lagu bertajuk 30th Anniversary Tour Concert Dewa 19. Tur konser ini akan diawali di Bandung pada 17 Maret 2022 mendatang.
 

Ello bersama beberapa anggota Dewa 19

Ello bersama beberapa anggota Dewa 19 (Dok. Ello Official Instagram)

(Baca juga: Danilla Lebih Cuek Apa Adanya dalam Album Baru Pop Seblay)

Dewa 19 adalah grup band rock yang dibentuk pada 26 Agustus 1986 di Surabaya, Jawa Timur. Grup ini telah beberapa kali mengalami pergantian personel. Formasi terakhirnya sebelum dibubarkan pada tahun 2011 digawangi oleh Ahmad Dhani (keyboard), Andra Junaidi (gitar), Once Mekel (vokal utama), Yuke Sampurna (bass) dan Agung Yudha (drum). Setelah merajai panggung-panggung festival di akhir era 1980-an, Dewa 19 kemudian hijrah ke Jakarta dan merilis album pertamanya pada tahun 1992 di bawah label Team Records.

Grup ini telah meraih kesuksesan sepanjang dekade 1990-an dengan Ari Lasso sebagai vokalis dan dekade 2000-an menggandeng vokalis Once Mekel. Album yang mereka rilis nyaris selalu mendapat sambutan bagus di pasaran, bahkan album mereka yang dirilis tahun 2000, Bintang Lima, merupakan salah satu album terlaris di Indonesia dengan penjualan hampir 2 juta kopi.

Pada tahun 2005, majalah Hai menobatkan Dewa 19 sebagai band terkaya di Indonesia dengan pendapatan mencapai lebih dari 14 miliar setahun. Di tengah kesuksesan yang diraihnya, grup ini sempat beberapa kali tersandung masalah hukum, termasuk masalah pelanggaran hak cipta dan perseteruan dengan ormas Islam.

Sepanjang perjalanan karirnya, Dewa 19 juga telah meraih sederet penghargaan baik dari BASF Awards maupun AMI Awards. Mereka juga pernah meraih penghargaan LibForAll Award di Amerika Serikat atas kontribusi mereka pada upaya perdamaian dan toleransi beragama. 

Pada tahun 2008, Dewa 19 masuk ke dalam daftar "The Immortals: 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa" oleh majalah Rolling Stone. Dewa 19  diakui sebagai salah satu legenda atau ikon terbesar dalam sejarah musik populer Indonesia.


Editor: Gita

SEBELUMNYA

TikTok Shop Ekspansi ke Thailand, Vietnam dan Malaysia

BERIKUTNYA

Hobi Nonton & Menulis? Yuk Ikutan Lomba Movie Review Hypeabis!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: