Jakarta International Stadium, tempat diselenggarakannya konser Dewa 19. (Sumber gambar : Instagram/JIS)

Jadi Lokasi Konser Dewa 19, Intip Fasilitas Canggih Jakarta International Stadium

03 February 2023   |   09:33 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Jakarta International Stadium baru-baru ini terus menjadi perbincangan hangat netizen. Pasalnya, stadion kebanggan warga Jakarta itu akan menjadi lokasi konser band legendaris asal Surabaya, Dewa 19 pada 4 Februari 2023. Konser dengan formasi lengkap itu juga masih menjadi rangkaian tur ulang tahun Dewa 19 ke-30 tahun.

Ya, Selain menjadi tempat pertandingan sepakbola, Jakarta International Stadium (JIS) juga dapat digunakan untuk konser berskala besar. Sebelumnya, JIS sudah digunakan untuk acara-acara akbar, termasuk  festival musik JISphoria dengan mengundang artis Indonesia dan Korea Selatan pada Oktober 2022.

Baca juga: Cek 5 Hotel Terdekat dari Jakarta International Stadium
 
Sebagai sebuah stadion, JIS dapat dikatakan memiliki keunggulan dibanding dengan venue-venue konser lain di Jakarta. Salah satunya adalah kapasitasnya yang bisa menampung hingga 82.000 orang. Tak hanya itu, stadion berstandar FIFA itu pun memiliki sederet fasilitas canggih yang tidak dimiliki venue lain.

Seperti stadion megah dunia lainnya, JIS memang dirancang tidak hanya menjadi stadion biasa semata. Berikut daftar fasilitas dan berbagai fitur unggulan dari JIS yang berhasil dihimpun Hypeabis.id dari sumber resmi.
 


1. Dilengkapi Sistem Audio Canggih

Sebagai stadion bertaraf internasional, JIS dilengkapi dengan sistem audio (sound system) berteknologi canggih yang mendukung konser-konser besar. Tak hanya itu, sistem audio tersebut juga didukung dengan berbagai teknologi khusus yang bakal membuat suara musik terdengar lebih bagus.

Adapun, sound audio video yang digunakan adalah teknologi pro sound untuk mengakomodir konser internasional dengan suara akustik ciamik. Yaitu menggunakan sistem tata suara standar FIFA dengan speech transmission index (STI) tidak kurang dari 100dBA dan maximum 105dBA, dengan toleransi rerata +/- 3.5 dBA yang pastinya menghasilkan audio yang baik.


2. Atap Stadion Bisa Dibuka Otomatis

Fasilitas canggih lainnya dari JIS adalah dengan adanya teknologi retractable roof atau atap stadion yang bisa dibuka maupun ditutup secara otomatis. Artinya setiap gelaran atau event yang dihelat di sana juga bisa dilaksanakan kapan saja tanpa terhalang  dengan kondisi cuaca.

Tentu saja dengan adanya fasilitas tersebut JIS tidak hanya digunakan untuk menggelar pertandingan sepak bola saja. Bahkan bisa juga digunakan untuk event seperti pameran, konser musik, atau acara-acara besar bertaraf internasional lain.


3. Lampu yang Bisa Mengikuti Ritme Musik

Selain retractable roof, JIS juga memiliki keunggulan lain dibanding stadion-stadion yang dimiliki Indonesia. Yaitu dengan adanya teknologi lampu yang bisa mengikuti ritme suara musik saat konser berlangsung. Artinya, tidak hanya terang saja, tetapi desain lampu di sana juga bisa mengikuti irama sesuai program yang dibuat oleh pengelola.

Jadi, saat konser Dewa 19 nanti, para Baladewa dan Baladewi tentunya juga akan dimanjakan dengan teknologi tersebut. Sehingga kalian bisa ikut berajojing bersama hentakan drum dari Tyo Nugros, atau suara khas Once dan Ari Lasso saat menyanyikan nomor-nomor hits Dewa 19.


4. Gunakan Rumput Hibrida Alami 

Stadion JIS juga termasuk stadion pertama di Indonesia yang dibangun dengan konsep keberlanjutan atau sustainable. Tak heran jika stadion ini berhasil mendapat sertifikat Green Building Grade Platinum karena masuk predikat bangunan ramah lingkungan tertinggi.

Salah satu faktornya adalah penggunaan rumput hibrida do stadion utama dan lapangan latih. Adapun, komposisinya terdiri dari 5 persen rumput sintetis berjenis Limonta dan 95 persennya merupakan rumput alami berjenis Zoysia Matrella  dari Boyolali, Jawa Tengah. Oleh karena itu stadion ini bisa digunakan hingga 1.000 jam pertandingan atau event berskala besar lain. 


5. Stadion Ramah Disabilitas

Fasilitas mumpuni lain dari JIS adalah stadion ini juga digadang ramah disabilitas. Pasalnya, dari total kapasitas 82.000 tempat duduk, 200 di antaranya dirancang khusus untuk penyandang disabilitas. Tak hanya itu, PT Jakpro  sebagai pengelola juga menyiapkan 24 lot parkir kendaraan dan 25 toilet khusus yang ramah penyandang disabilitas.

Di sisi lain, untuk memudahkan akses menuju lokasi stadion, Jakpro juga akan membangun area TOD (Transit Oriented Development) di sisi barat stadion yang berjarak kurang lebih 250 meter dari stadion utama. Adapun, akses transportasi yang tersedia di area TOD adalah halte Transjakarta dan LRT Jakarta.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Terdeteksi di Indonesia, Waspada 13 Gejala Varian Kraken

BERIKUTNYA

30 Tahun Berkarier, Ini Dia Daftar Album Terbaik Dewa 19 Sepanjang Masa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: