Fitur kreasi NVIDIA GeForce RTX 40 Series (Sumber gambar: NVIDIA)

PC Rumahan Makin Diminati, NVIDIA Dorong Optimalisasi Komputer untuk Berkreasi

08 February 2023   |   17:50 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Teknologi berkembang dengan masif, tidak hanya bagi pasar profesional, tapi juga orang awam. Hal itu dibuktikan dari laporan NVIDIA soal peningkatan jumlah komputer dengan spesifikasi tinggi sebesar 4 kali sejak 2019 hingga akhir 2022. Artinya, komputer mulai menjadi kebutuhan penting di pasar yang lebih luas.

Tak bisa dimungkiri, peningkatan itu terjadi seiring dengan tenarnya industri game dan content creator. Adrian Lesmono, Consumer Business Lead Indonesia NVIDIA menyebutkan, kedua insutri pendorong itu bahkan makin menyatu.

Permainan gim video dan konten terlihat sangat fleksibel dan bersinggungan setidaknya satu dekade terakhir. Hal itu dibuktikan dengan tingginya minat seseorang menunjukkan eksistensinya menjadi content creator, gamers, YouTuber, atau streamer.

Catatan NVIDIA pun menyebutkan jika sebagian besar konten justru lebih banyak diciptakan dari perangkat komputer rumahan atau desktop. Akses yang mudah dan semakin terjangkau dinilai menjadi alasan mengapa content creator kian menjamur dan menyatu dengan ragam industri game dan lainnya. 

Baca juga: Menjadikan Laptop Sebagai Komputer Pribadi
 

Peluncuran NVIDIA GeForce GTX 40 Series (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Peluncuran NVIDIA GeForce GTX 40 Series (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Di tengah tingginya minat tersebut, content creator membutuhkan perangkat pendukung yang mumpuni dan praktis. Pembuat konten tentu dihadapkan dengan segudang equipment, software pendukung, dan efisiensi waktu untuk membuat sebuah konten.

NVIDIA getol hadir dengan fitur-fitur untuk mendukung para pembuat konten. Misalnya NVIDIA Broadcast yang mendukung kerja streamer; atau NVIDIA Canvas, platform penciptaan gambar realistis dengan hanya menyoretkan sketsa sederhana yang ingin digambar, dan beberapa fitur lain. 

Mendukung fitur-fitur unggulan itu, NVIDA pun meluncurkan unit pemrosesan grafis terbarunya yaitu NVIDIA GeForce RTX 40 Series. Menariknya, VGA kali ini dibuat NVIDIA tidak hanya fokus dengan dunia gim video saja, tetapi juga pembuatan konten secara keseluruhan.

Irwan selaku PC Manager NVIDIA Indonesia menyebut, perangkat ini mampu membuat proses lebih efisien secara waktu. Misalnya, proses rendering video yang jadi lebih hemat waktu, begitupun juga dengan proses export video yang lebih cepat. Kemudian, terdapat juga teknologi Artificial Intelegence (AI) yang dibuat semakin imersif. 

Ketajaman RTX terbaru ini bisa menajamnya gambar 4,5 kali lebih kencang daripada CPU biasa, atau fitur restoration untuk menghapus grain dari foto zaman dahulu, bahkan mendukung AI Generated Art yang sedang populer sebagai paradigma baru kreasi konten. 
 

Fitur NVIDIA GeForce GTX 40 Series (Sumber gambar: NVIDIA)

Fitur NVIDIA GeForce GTX 40 Series (Sumber gambar: NVIDIA)

Dengan dukungan fitur dan perangkat itu, Adrian kembali menegaskan jika NVIDIA GeForce RTX 40 Series tidak hanya ditargetkan pada kalangan perusahan dan profesional tapi juga content creator yang kian identik dengan PC rumahan. VGA terbaru NVIDIA ini menambah lengkap mulusnya fitur-fitur NVIDA berjalan di perangkat komputer. Apalagi, pengguna VGA GTX bisa menggunakan NVIDA Canvas dan NVIDIA Broadcast secara gratis.

Adrian menambahkan, VGA ini juga menjadi jawaban NVIDA terhadap meleburnya industri kreasi saat ini Perusahaan menegaskan tidak hanya mendukung industri game, tetapi sekaligus merilis tools yang memungkinkan bagi content creator secara umum didukung dengan teknologi AI yang semakin cepat.

“Kita ingin menyamaratakan akses lewat satu perangkat PC, bahkan dengan fitur yang hadir di teknologi saat ini, kita sudah bisa membuat konten setara dengan konten bergengsi di luar negeri meski hanya dengan PC rumahan. Ini menandakan bahwa keterbatasan teknologi sudah benar-benar dihilangkan,” jelas Adrian.

Baca juga: Keren, Ini Nih Daftar Komputer Termahal di Dunia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cara Menjemur Baju di Rumah Agar Cepat Kering, Cuma 4 Jam Doang

BERIKUTNYA

Inilah 3 Ciri Kalian Belom Siap Jadi Pengusaha

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: