Daftar komputer non-laptop paling mahal (Sumber gambar: Unsplash/Federica Galli)

Keren, Ini Nih Daftar Komputer Termahal di Dunia 

30 March 2022   |   15:49 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Penemuan komputer menjadi salah satu milestone penting dalam sejarah peradaban manusia yang mengubah kehidupan dunia secara menyeluruh. Perangkat elektronik itu juga terus berkembang sedemikian rupa. 

Masa kini kita mengenal komputer personal (personal computer/PC) yang secara garis besar dibagi menjadi komputer rumahan (desktop) dan komputer jinjing (laptop). Sebelumnya, kita telah mengulas daftar laptop termahal yang pernah dijual. 

[Baca juga: Daftar laptop termahal yang pernah dijual di dunia]

Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah beberapa list dari komputer non-laptop yang pernah terjual dengan harga selangit atau paling mahal di seluruh dunia. Ada berbagai daftar menarik yang mungkin familiar dan asing sama sekali : 
 

1. 1975 IBM Portable Computer 

 

(Sumber gambar: Sandstein)

(Sumber gambar: Sandstein)
 

Seperti namanya, ini merupakan komputer era 1970-an. Pada masanya perangkat ini sangat luar biasa karena menjadi komputer mini pertama. Portabilitasnya memang tidak seefisien laptop era modern, tapi perangkat ini jauh lebih simpel dari komputer pada generasinya. 

Spesifikasinya? Mungkin kurang familiar, tapi begini: komputer memiliki drive pita magnetik, layar CRT 5 inci yang dapat menampilkan 16 baris teks dengan masing-masing 64 karakter, hard drive pita kartrid yang mampu menyimpan 204KB, dan prosesor papan sirkuit PALM. 
Harga : US$19.975. 
 

2. Yoyotech XDNA Aurum 24K 

 

(Sumber gambar: ASUS ROG)

(Sumber gambar: ASUS ROG)

Perusahaan penyedia solusi olahraga elektronik yang berbasis di Inggris, Yoyotech, pada 2013 meluncurkan komputer yang ditujukan bagi para pemain gim (gamers) untuk dapat memainkan gim tiga dimensi apa pun dalam resolusi 4K. 

Untuk dapat melakukan hal tersebut, spesifikasi yang dihadirkan tentunya tidak sembarangan. Yoyotech menggabungkan Intel Core i7-4960 Extreme Edition, dua Nvidia Titan Graphic Cards, dan memori Corsair 64GB RAM. 

Harga : US$13.000 


3. Cromemco System Three 

 

(Sumber gambar: Computinghistory.org)

(Sumber gambar: Computinghistory.org.uk)

Salah satu komputer termahal di dunia lainnya berasal dari kategori lawas. Cromemco System Three pertama kali dirilis pada 1979, ditenagai oleh CPU Z-80A pada kecepatan 4MHz. RAM komputer ini antara 64KB hingga 512KB dan tampilannya adalah teks pada terminal RS-232. 

Perangkat ini dirancang oleh dua mahasiswa doktoral dari Stanford University sebagai komputer multi pengguna, yang bisa dipakai hingga enam terminal. Ini juga merupakan salah satu pencapaian besar dalam teknologi komputer pada masanya. 

Harga : US$12.495 


4. Apple Lisa 1983 

 

(Sumber gambar: Mac History)

(Sumber gambar: Mac History)

Berikutnya, daftar komputer non-laptop yang memiliki harga selangit datang dari periode sebelum 2000. Adalah Apple Lisa yang diluncurkan pada 1983. Ini merupakan komputer penting bagi perusahaan Apple karena beberapa alasan. 

Pertama, Lisa adalah nama dari putri mendiang Steve Jobs. Kedua, Apple Lisa menjadi komputer personal pertama di dunia yang menggunakan tetikus atau mouse dan dipasarkan ke publik luas. Ini dinilai merupakan komputer yang sangat ramah digunakan pada 1980an. 

Harga : US$9.995 


5. 1989 Portable Macintosh 

 

(Sumber gambar: Computinghistory.org)

(Sumber gambar: Computerhistory.org)

Sekali lagi, daftar ini dilengkapi dengan komputer era sebelum 2000an yakni Macintosh Portable yang dirilis pada 1989. Ini bukan komputer jinjing pertama yang dibuat, tetapi salah satu pionir yang nyaman digunakan. 

Macintosh 1989 menggunakan CPU Motorola 16MHz, 1MB RAM yang dapat diperluas hingga 9MB, dan hard drive 40MB. Layar pada model ini memiliki resolusi 640x400 monokrom dan di dalamnya terdapat baterai dengan berat 2 pon atau 0,9 Kg. 

Harga : US$6.500 

Baca jugaMac Studio: Komputer Pribadi Paling Ampuh dari Apple

Editor : Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Hari Film Nasional, Melihat Peran Usmar Ismail dan Industri Perfilman Hari Ini

BERIKUTNYA

Simak 3 Fakta Menarik Sebelum Menonton Serial Moon Knight

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: