Penggunaan Laptop (Sumber gambar Freepik)

Menjadikan Laptop Sebagai Komputer Pribadi

22 September 2022   |   14:57 WIB

Komputer jinjing atau laptop sering menjadi pilihan bagi banyak pengguna karena kepraktisan dan nyaman untuk dibawa kemana-mana. Sayangnya, komputer ini punya sejumlah kekurangan, dari kecilnya ukuran layar, papan ketik yang terbatas dan tidak bisa disesuaikan, hingga jumlah port atau colokan yang terbatas.

Banyak orang yang pertama kali memiliki komputer jinjing (laptop) sebagai komputer pertama, bukan lagi komputer meja (desktop). Bila Anda termasuk sala satu di antaranya, ada kemungkinan Anda tidak merasa perlu untuk membeli lagi komputer meja untuk pemakaian di rumah.

Masalahnya, komputer jinjing tanpa aksesoris tambahan punya banyak kekurangan. Misalnya, ukuran layar yang digunakan cukup sempit (biasanya 12-17 inci). Komputer meja biasanya menggunakan layar di atas 21 inci, bahkan kini banyak tersedia monitor 27 inci ke atas.

Papan ketik yang digunakan juga belum tentu nyaman. Pemilik komputer meja punya keleluasaan untuk mengganti papan ketik sesuai keinginan. Ini tentunya juga bisa dilakukan oleh pemilik komputer jinjing dengan memasang papan ketik eksternal, namun ini tidak praktis bila dibawa-bawa saat bepergian.

Untungnya, banyak aksesoris dan perlengkapan yang digunakan dengan komputer meja juga bisa digunakan dengan komputer jinjing. Dan bila Anda menggunakannya di rumah saja, aksesoris ini bisa ditinggalkan ketika bepergian.

Masalah terbesar untuk pengguna komputer jinjing yang ingin menggunakan aksesoris tambahan ini mungkin adalah jumlah port yang terbatas.

Tidak seperti komputer meja yang biasanya dilengkapi dengan berbagai jenis port (dan mungkin bisa ditambah bila perlu), komputer jinjing sering hanya memiliki pilihan port yang sedikit dengan alasan menjaga ukuran dan portabilitas. Cara mengatasi masalah kekurangan port ini adalah menggunakan hub USB atau  dock USB.


Hub USB dan  dock USB

Perlu dibedakan antara USB hub (“simpul” USB) dan USB dock. Kedua jenis aksesoris ini ditancapkan ke port di komputer jinjing (port USB), dan bisa menyediakan berbagai port tambahan.

 USB Dock
 

USB Dock


Sebagai contoh, bila komputer jinjing Anda tidak punya port USB C (karena terlalu usang), Anda bisa menggunakan hub USB atau dock USB untuk terhubung dengan perangkat yang memiliki sambungan USB C. Berlaku juga sebaliknya untuk menambah jenis port pada komputer baru yang hanya memiliki port USB C.

Hub dan dock USB juga mungkin menyediakan port tipe lain seperti HDMI (untuk monitor), Ethernet (untuk sambungan LAN lewat kabel), kartu memori Secure Card (SD), serta jack untuk mikrofon dan earphone.

Hub USB berukuran lebih kecil, dan tidak dapat memasok daya untuk perangkat yang terhubung dengannya. Jadi hub USB misalnya tidak dapat digunakan untuk mengisi daya ponsel atau perangkat lain. Hub USB lebih cocok digunakan untuk pendamping komputer jinjing saat bepergian, walaupun Anda mungkin ingin memanfaatkannya juga di rumah.

Dock USB ukurannya lebih besar, dan memang dirancang untuk ditaruh di atas meja. Umumnya, perangkat ini akan menawarkan catu daya listrik untuk aksesoris yang terpasang. Karena itu, dock USB lebih cocok buat digunakan dengan perangkat yang mengambil daya listrik dari komputer agar dapat berfungsi dengan baik (misalnya, beberapa model cakram keras eksternal).


Keyboard & Monitor

Papan ketik atau keyboard dan monitor eksternal merupakan keharusan bila Anda berencana menggunakan komputer jinjing untuk waktu yang lama di rumah.
 

Laptop dengan layar monitor eksternal/Unsplash

Laptop dengan layar monitor eksternal/Unsplash


Papan ketik eksternal dapat dihubungkan, baik dengan port USB ataupun lewat sambungan nirkabel (Bluetooth). Karena kita hendak menggunakan aksesoris ini di rumah, tidak ada salahnya memilih model papan ketik yang cukup besar dan nyaman, misalnya model yang dilengkapi dengan tombol angka (numpad).

Layar monitor eksternal bisa dihubungkan lewat port HDMI atau port lainnya yang tersedia di komputer jinjing. Anda bahkan bisa menggunakan lebih dari satu layar monitor bila adapter grafis komputer mendukung.

Komputer jinjing biasanya hanya menyediakan satu port untuk layar monitor eksternal, namun Anda bisa memanfaatkan dongle, hub USB, atau dock buat menambah port untuk monitor.
 
SEBELUMNYA

Mengenal 3 Metode Intermittent Fasting, Diet yang Boleh Makan Apa Saja

BERIKUTNYA

Ini Dia Lima Rekomendasi Bisnis di Bidang Jasa Minim Modal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: