Komputer dengan sistem operasi Windows (Unsplash/Piero Nigro)

Asyik, Komputer Tua Juga Bisa Jajal Sistem Operasi Windows 11

28 August 2021   |   18:56 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Raksasa teknologi Microsoft telah resmi memperkenalkan sistem operasi terbarunya yakni Windows 11 beberapa waktu lalu. Perusahaan juga sebelumnya sudah mengumumkan persyaratan atau spesifikasi tertentu untuk perangkat bisa memakai Windows baru.

Akan tetapi, Microsoft akhirnya mengumumkan bahwa perangkat lebih tua yang tidak mencapai syarat spesifikasi awal masih tetap bisa menginstal sistem operasi anyarnya tersebut.

Sebelumnya, tepatnya pada Juni lalu, Microsoft  mengumumkan sejumlah persyaratan sistem minimum bagi perangkat komputer personal untuk dapat menggunakan sistem operasi Windows 11.

Ini termasuk prosesor dual-core 1GHz 64-bit, RAM 4GB, penyimpanan 64GB, layar 9 inci dengan resolusi setidaknya 1366x768 piksel, dukungan EUFI, dukungan Secure Boot dan TPM 2.0, dan grafis yang kompatibel dengan DirectX 12 atau WWDM 2x.

Namun, sebagaimana telah dinyatakan bahwa komputer yang lebih lama dengan spesifikasi yang tidak sepenuhnya memenuhi syarat - utamanya harus memiliki prosesor 1GHz 64 bit, RAM 4GB dan penyimpanan 64GB - masih tetap bisa menjajal dan melakukan instalasi Windows 11.

Hanya, perlu dicatat bahwa untuk perangkat yang demikian, instalasi tidak akan muncul secara otomatis di bagian pembaruan. Mereka harus melakukan upaya lebih dengan mengunduh fail ISO dan meng-instal Windows secara manual.

Selain itu, Microsoft juga memperingatkan bahwa hal tersebut tidak sepenuhnya dianjurkan karena persoalan kompatibilitas dan fungsionalitas secara umum, serta perihal teknis lainnya.

Akan tetapi, ini menjadi kabar baik bagi banyak orang untuk setidaknya bisa menjajal sistem operasi terbaru dari perusahaan, yang telah dinyatakan bisa didapatkan secara gratis bagi pengguna Windows sebelumnya.

Adapun, bagi kalian yang ingin mengetahui kompatibilitas perangkat komputer terhadap sistem operasi Windows 11, Microsoft telah menyediakan fitur yang bisa memudahkan. Cek selengkapnya disini.

Editor : Dika Irawan

SEBELUMNYA

Seagate Luncurkan 2 Solusi Penyimpanan Khusus Gaming, Cek Harganya

BERIKUTNYA

Tips Mitigasi Risiko Saat Pakai Fintek untuk Solusi Keuangan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: