Samsung DDR5

Siap-siap Sambut Kehadiran Memori Komputer Terbaru DDR5 SDRAM

16 August 2021   |   15:30 WIB

Genhype berminat membeli atau mengupgrade komputer dalam waktu dekat? Tunggu saja hingga produsen komputer merilis komputer yang sudah menggunakan teknologi memori terbaru, DDR5 SDRAM yang memiliki banyak kelebihan ketimbang pendahulunya.

Meskipun keping RAM (random access memory) yang menggunakan teknologi terbaru ini sudah dirilis sejak tahun 2017, standarnya sendiri baru diresmikan tahun 2020 lalu. Sementara itu, adopsinya secara meluas baru akan terjadi bila prosesor mainstream keluaran Intel dan AMD mendukungnya.

Produk Intel sendiri baru akan mendukung DDR5 SDRAM pada paruh akhir 2021 ini dengan arsitektur Alder Lake. Sementara itu, AMD kemungkinan baru akan mendukung teknologi RAM ini pada tahun 2022.

Meskipun perusahaan seperti Hynix dan Samsung sudah merilis keping RAM yang menggunakan teknologi terbaru ini, perusahaan lain sepertinya menunggu Intel merilis prosesornya terlebih dahulu.

Sambil menunggu para pembuat keping RAM merilis produknya yang menggunakan teknologi ini, mari kita lihat lebih jauh seluk beluk DDR5 SDRAM.

Generasi kelima
Seperti namanya, DDR5 SDRAM (Double Data Rate 5 Synchronous Dynamic Random Access Memory) merupakan generasi kelima standar  teknologi RAM yang sudah dikenal dari tahun 2000, dengan nama DDR SDRAM. Tentunya sudah banyak perkembangan dalam 20 tahun terakhir.

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya,  teknologi generasi kelima ini menggunakan voltase lebih rendah (1,1 V  dibandingkan 1,2V  pada DDR4 SDRAM). Voltase yang lebih rendah ini berakibat pada konsumsi daya yang lebih hemat.

Kelebihan lain adalah kapasitas memori yang lebih tinggi untuk tiap kepingnya. Secara teoretis, satu keping DDR5 SDRAM bisa mencapai kapasitas maksimum 128 GB.

Bandingkan dengan kapasitas DDR4 yang mencapai maksimum 64 GB per keping, atau DDR3 yang hanya bisa maksimum 16 GB. Kapasitas ini mungkin terlalu besar untuk pengguna rumahan, tetapi akan sangat membantu untuk pengguna korporasi dan data center.
 

Keping RAM DDR 5 dari Hynix

Keping RAM DDR 5 dari Hynix



DDR5 SDRAM juga akan lebih cepat dibandingkan pendahulunya. Keping memori yang akan dirilis dengan standar ini  dalam waktu dekat akan memiliki frekuensi 4800MHz atau lebih.

Bandingkan dengan DDR4 yang saat ini hanya berkisar antara 3600-4000MHz untuk keping memori kelas atas. Namun pembuat memori masih mungkin merilis produk dengan kecepatan lebih rendah untuk keping RAM yang lebih murah.

Sebaliknya, keping RAM kelas atas yang menggunakan DDR5 SDRAM diperkirakan akan mencapai kecepatan sampai 8400MHz.

Migrasi
Bila Anda tidak segan untuk merakit sendiri, Anda mungkin lebih cepat bisa mencicipi kebolehan teknologi terbaru ini. Namun harus diingat, untuk memanfaatkannya, komponen lain juga harus sudah mendukung.

Selain prosesor (yang sudah disebutkan sebelumnya), motherboard komputer juga sudah harus mendukung. Prosesor yang dirilis Intel dan AMD bisa mendukung baik DDR4 ataupun DDR5, namun motherboard hanya bisa bekerja dengan satu jenis RAM saja. Karena itu Anda harus teliti ketika membeli motherboard: pastikan komponen tersebut benar-benar mendukung keping RAM yang Anda inginkan.

Kedua keping RAM dari genrasi berbeda ini berbeda secara fisik. Anda tidak akan dapat menancapkan keping RAM DDR5 pada DDR4, dan sebaliknya. Ini tentunya membantu Anda untuk tidak salah pilih.

Ini juga berarti komputer lama Anda yang menggunakan DDR4 tidak akan dapat memanfaatkan segala kelebihan keping RAM DDR5. Bila Anda sudah lama menunda membeli komputer, mungkin ini saat terbaik untuk merakit yang baru.

Bila Anda tidak merakit komputer pribadi sendiri, Anda harus menunggu pembuat komputer meja dan komputer jinjing merilis produk dengan DDR5 SDRAM. Ini berarti paling cepat akhir tahun 2021 ini, atau malah tahun 2022 mendatang (untuk perangkat AMD).

Masa peralihan teknologi RAM seperti dari DDR4 ke DDR5 ini sangat penting bila Anda berencana membeli komputer pribadi baru dalam waktu dekat.

Bila Anda ingin memastikan bahwa komputer terbaru Anda siap diupgrade sampai beberapa tahun mendatang, pastikan produk tersebut sudah mendukung DDR5 SDRAM. Sebaliknya, bila Anda masih ingin mendayagunakan komponen dari komputer lama, Anda mungkin ingin tetap bertahan dengan DDR4 SDRAM.

Editor: M R Purboyo
SEBELUMNYA

Grup Ciputra Gelar Vaksinasi Covid-19 Sepanjang 2021

BERIKUTNYA

Tas Koja, Aksesoris Khas Suku Baduy dari Kulit Pohon Teureup

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: