Dewa 19 (Sumber gambar: FB/Dewa19)

11 Lagu Terbaik Dewa 19 Pilihan Hypeabis

03 February 2023   |   21:27 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Like
Walau sudah dirilis puluhan tahun lalu, lagu-lagu Dewa 19 masih enak untuk dinikmati saat ini. Enggak percaya? Coba saja putar salah satu lagu-lagu populer mereka. Kalian bakal merasakannya. Irama lagu-lagu band mereka tidak membosankan. Kemudian, liriknya masih relate dengan kondisi sekarang. 

Kekuatan lagu-lagu Dewa terletak pada keragaman genre yang ditawarkan. Otak di kelahiran karya-karya terbaik Dewa tentu adalah Ahmad Dhani. Sebagai pentolan band ini, Dhani piawai meracik musik dengan beragam sentuhan. Mulai dari jaz hingga bernuansa rock

Kekuatan lainnya pada lagu-lagu Dewa ada pada liriknya. Beberapa lirik lagu band ini memiliki makna yang dalam. Lagi, Dhani adalah orang yang membindai kelahiran lagu-lagu tersebut. Beberapa karyanya, kental unsur-unsur sastra. Dalam sebuah wawancara di akun Youtube Virgoun, Dhani mengakui bahwa dia terinspirasi dari para pengarang dalam menciptakan lagu. Salah satunya Khalil Gibran. 

Baca juga: 30 Tahun Berkarier, Ini Dia Daftar Album Terbaik Dewa 19 Sepanjang Masa

Dalam kesempatan ini, Hypeabis.id mengumpulkan berbagai lagu Dewa 19 untuk kalian. Beberapa lagu ini telah dipopulerkan kembali oleh musisi generasi sekarang, sehingga terasa semakin relevan. Di sisi lain, karya-karya Dewa ini bisa menjadi ajang nostalgia bagi para pendengar setia, juga bisa menemenai aktivitas kalian. 


1. Risalah Hati

 

Lagu ini masuk dalam album Bintang Lima, yang dirilis pada 2000. Album ini merupakan capaian penting Dewa 19 selama berkarier di belantika musik Indonesia. Bintang Lima termasuk dalam album tersukses Dewa, terjual hingga 1,7 juta keping. Lewat album ini juga, Dhani mengenalkan dua personel baru Dewa 19, Once Mekel pada vokal dan Tyu Nugros sebagai drummer


2. Roman Picisan

 

Album Bintang Lima memang meneluarkan sukses menelurkan lagu-lagu hits. Salah satunya lagu ini. Roman Picisan memiliki makna dalam, bercerita tentang keutuhan cinta, kendati tidak memiliki. Dhani mengakui bahwa lagu ini terinspirasi dari karya sastrawan dunia Kahlil Gibran. 


3. Pupus

 

Lagu ini enggak boleh dikesampingkan dalam daftar lagu populer Dewa. Pupus masuk dalam album Cintailah Cinta yang diluncurkan pada 2002. Lirik lagu ini bernuansa sendu, berkisah tentang cinta bertepuk sebelah tangan. Oleh karenanya, Pupus cocok untuk diputar untuk kalian yang tengah patah hati. 


4. Elang

 

Lagu ini adalah satu dari lagu-lagu Dewa yang dirilis pada 90-an. Saat itu, Ari Lasso masih menjadi vokalis band tersebut. Dirilis pada 1999, Elang masuk dalam album The Best of Dewa 19. Kabarnya, album itu menjadi perpisahan Ari Lasso dengan band yang membesarkan namanya tersebut. 
 

5. Cukup Siti Nurbaya

 

Lagu ini termasuk yang populer. Masuk dalam jajaran lagu di album Terbaik-Terbaik (1995), Cukup Siti Nurbaya memiliki tempo yang tinggi. Bahkan, vokalisnya pun Ari Lasso cukup kesulitan karena bernada tinggi. Selain itu, lagu ini kabarnya tentang Dhani dan orang tua mantan istrinya, Maia Estianty. 
 

6. Kirana

 

Lagu Kirana sempat booming pada masanya. Diputar di berbagai acara musik televisi nasional kala itu. Kirana masuk dalam album Pandawa Lima yang dikeluarkan pada 1997. Cerita di balik lagu tersebut, Kirana sempat direkam ulang karena nadanya tidak sesuai. 


7. Kamulah Satu-satunya

 

Buat generasi 90-an, harusnya enggak asing dengan lagu ini. Bernuansa ceria, cocok buat yang sedang kasmaran. Kamulah Satu-Satunya termasuk dalam lagu hits Dewa 19. Kamulah Satu-Satunya berada dalam album Pandawa Lima yang diluncurkan pada 1997.  


8. Restoe Boemi

 

Lagu ini bersama Cukup Siti Nurbaya, Satu hati, dan Cinta Kan Membawamu masuk dalam album Terbaik Terbaik. Album yang didistribusikan oleh Aquarius Musikindo ini dianggap sebagai karya terbaik Dewa 19. Majalah Rolling Stone edisi 2007 menaruh album ini pada urutan 26 dalam daftar 150 Album Terbaik Indonesia. 
 

9. Kangen

 

Video dari lagu Kangen terbilang mengesankan. Sebab video tersebut menampilkan Ahmad Dhani, Ari Lasso dan kawan-kawan yang kala itu masih belia. Tentu, pesan lirik dalam Kangen tak bisa diabaikan begitu saja. Lagu ini bercerita tentang cinta yang tertahan oleh jarak dan waktu. 
 

10. Separuh Nafas

 

Selepas kepergian Ari Lasso, Dewa memang tidak redup. Bahkan, terus menyala bersama Once Mekel. Berbagai lagu yang dibawakan Once berhasil memikat penikmat musik di Tanah Air. Salah satunya Separuh Nafas. Dirilis pada 2000 lewat album Bintang Lima, Separuh Nafas menjadi lagu hits kala itu. Lagu ini pun telah dikover berulang kali oleh para musisi. 


11. Angin


Lagu ini sempat meledak pada 2002 bersama Pupus dan Mistikus Cinta.Lagu-lagu tersebut mendominasi tangga musik Indonesia. Khusus Angin, video klip lagu ini sangat populer. Sampai-sampai kaos bertuliskan Flash yang dikenakan oleh Once dalam video itu, banyak replikanya dijual di pasar-pasar. 

Baca juga: Konser Dewa 19 Siap Digelar di Jakarta International Stadium, Simak Info Lengkapnya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Gaet 30 Perupa, Art Xchange Gallery Gelar Pameran New Hope di Galeri Nasional

BERIKUTNYA

Kisah Servasius Bambang Pranoto yang Sukses Kembangkan Bisnis Minyak Kutus Kutus

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: