Konser Dewa 19 di Kota Malang (sumber gambar Instagram Dewa 19/high_iso)

30 Tahun Berkarier, Ini Dia Daftar Album Terbaik Dewa 19 Sepanjang Masa

03 February 2023   |   10:38 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kiprah Dewa 19 tentu sudah tidak asing lagi di kalangan pencinta musik Indonesia. Lewat lagu-lagunya yang populer di era 1990-an, grup band asal Surabaya ini memang telah malang melintang di industri musik tanah air selama hampir tiga dekade.

Meski beberapa kali sempat berganti formasi dan personil, Dewa 19 setidaknya telah menelurkan total 12 album sejak dibentuk di Kota Pahlawan pada 1986. Bagi banyak orang, nomor-nomor hits dari album tersebut juga masih abadi dan tak pernah lekang oleh zaman.

Kiwari, Dewa 19 bakal comeback menyapa Baladewa dan Baladewi dengan menggelar konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 yang dihelat pada 4 Februari 2023 di Jakarta International Stadium (JIS). Konser itu  akan menampilkan formasi lengkap para personil mereka yang sempat berganti formasi.

Baca juga: 4 Kali Ganti Vokalis dan Drummer, Simak Kiprah Grup Band Dewa 19

Nah, sebelum bertandang ke stadion JIS untuk bernostalgia mendengar gebukan drum Tyo Nugros, suara khas Ari Lasso dan Once Mekel yuk simak daftar 5 album terbaik Dewa 19 dalam ulasan Hypabis.id berikut ini. 


1. Bintang Lima (2000)

 

Bintang Lima (2000). (Sumber foto: Wikimedia Commons)

Bintang Lima (2000). (Sumber foto: Aquarius Musikindo)

Bintang Lima merupakan album kelima dari Dewa 19 dan menjadi salah satu album terbaik mereka. Album ini juga menandai debut pertama Once Mekel saat menggantikan posisi vokal yang sebelumnya diisi oleh Ari Lasso. Bintang Lima pun tercatat menjadi salah satu album terlaris di Indonesia dan terjual sekitar 1,7 juta keping usai dirilis.

Tak hanya itu, meski masih menyesuaikan dengan pergantian vokalis, lagu-lagu di album ini pun mendapat respon positif  dari penikmat musik. Beberapa single di dalamnya juga sempat hits di eranya, bahkan hingga saat ini. Sebut saja track seperti Separuh Nafas, Risalah Hati, dan Roman Picisan yang pastinya akrab di telinga para Baladewa.


2. Cintailah Cinta (2002)

 

Cintailah Cinta (2002). (Sumber foto:

Cintailah Cinta (2002). (Sumber foto: Aquarius Musikindo)

Selang dua tahun pasca menggebrak skena musik Indonesia, Dewa 19 kembali meluncurkan album Cintailah Cinta untuk mengulang kesuksesan sebelumnya. Gayung pun bersambut, meski tidak semasif Bintang Lima, album yang meluncur pada 5 April 2002 itu berhasil terjual 1,4 juta keping di pasar lokal.

Adapun, beberapa track yang ngehits pada masanya di album ini adalah lagu Arjuna yang berhasil memaksimalkan karakter suara Once Mekel yang lebih nge-rock. Kemudian terdapat pula single Angin, Kosong, Bukan Rahasia, dan Mistikus Cinta. Bagi para Baladewa, track tersebut tentunya sudah tidak asing lagi dan hafal di luar kepala.

Pada album ini, Ahmad Dhani sebagai penggawa band juga banyak terinspirasi dengan ilmu tasawuf. Selain itu ada juga sosok penyair Jalaludin Rumi yang kelak banyak mempengaruhinya dalam menulis lirik lagu yang lebih sublim dalam menafsir tema-tema cinta.   


3. Pandawa Lima (1997)

 

Pandawa Lima (1997). (Sumber foto: Aquarius Musikindo)

Pandawa Lima (1997). (Sumber foto: Aquarius Musikindo)

Album Pandawa Lima yang dirilis pada 1997 juga menjadi salah satu album terbaik Dewa 19 dengan penjualan mencapai lebih dari 800.000 keping. Album keempat ini oleh Majalah Hai juga masuk dalam daftar 40 Album Terbaik Indonesia 1997-2007. Bahkan berhasil mengalahkan album Bintang Lima yang jauh lebih mengkilap angka penjualannya.

Menurut laman Pop Hari Ini, Pandawa Lima juga mengusung semangat alternatif dari Dewa 19 dengan tidak lagi memamerkan atraksi individu. Baik dari segi lengkingan vokal, atau lirik-lirik balada manis yang sentimentil layaknya di album sebelumnya. Hal ini bisa disimak lewat track Cukup Siti Nurbaya, Manusia Biasa, dan tentu saja Restoe Boemi.
 
1
2


SEBELUMNYA

Jadi Lokasi Konser Dewa 19, Intip Fasilitas Canggih Jakarta International Stadium

BERIKUTNYA

Review Film Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: