4 vokalis Dewa pada konser reuni di Candi Prambanan, 2022. (Sumber foto: Official Instagram)

4 Kali Ganti Vokalis dan Drummer, Simak Kiprah Grup Band Dewa 19

01 February 2023   |   14:04 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Album Bintang Lima & Formasi Terbaru Dewa 19

Tahun 2000, Dewa membuat formasi baru lewat personel lengkapnya seperti Ahmad Dhani, Andra, Tyo Nugros, dan Once Mekel. Di momen inilah mereka juga merilis album Bintang Lima yang terjual sekitar 1,7 juta keping dan menjadi salah satu album terlaris di Indonesia.

Pada 2005, majalah Hai juga menobatkan Dewa 19 sebagai band terkaya di Indonesia dengan pendapatan mencapai lebih dari Rp14 miliar setahun. Tetapi, di tengah kesuksesan yang diraihnya, grup ini sempat beberapa kali tersandung masalah hukum, termasuk masalah pelanggaran hak cipta dan perseteruan dengan ormas Islam.

Masa keemasan Dewa 19 juga semat tergerus saat masing-masing personilnya mulai memiliki project di luar Dewa. Salah satunya adalah Andra yang memiliki band baru Andra & The Backbone hingga Ahmad Dhani yang membuat project Republik Cinta Management. Bahkan, pada 2011 Once memilih mengundurkan diri untuk bersolo karier.

Baca juga: Dewa 19 Siap Gebrak Panggung JIS 12 November, Gaet 4 Vokalis & 4 Drummer!

Pada 2022, Dewa 19 akhirnya juga resmi menggaet penyanyi Marcello Tahitoe atau yang lebih dikenal Ello sebagai vokalis baru grup band tersebut. Sebelum Ello, mereka sempat menggandeng Virzha untuk mengisi posisi vokalis featuring. Jadi, formasi terakhir terkini dari Dewa 19 adalah Ahmad Dhani (keyboard), Andra Junaidi Ramadhan (gitar), Yuke Sampurna (bass) dan Agung Yudha Asmara (drum), dan Ello (vokal).

Kini, setelah 3 dekade berlalu, Dewa 19 bakal menggelar reuni untuk menunjukkan eksistensi dengan menyapa para penggemar. Sebagai gebrakan baru, mereka sebelumnya telah menggelar tour ke berbagai kota di Indonesia dan Malaysia.

Adapun, dalam konser yang digelar pada Rabu, 4 Februari 2023 juga akan semakin semarak dengan kehadiran beberapa musisi lainnya yang turut meramaikan, seperti Mulan Jameela dan The Lucky Laki. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda


 
1
2


SEBELUMNYA

Rekomendasi 5 Pameran Fotografi Februari 2023, dari Tema Sejarah hingga Pandemi

BERIKUTNYA

Tampak Lebih Muda, Intip 5 Prosedur Operasi Anti Aging yang Dijalani Titi DJ

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: