Kesalahan saat Push Up (Sumber Foto: Pexel/Gustavo Fring)

5 Kesalahan Push Up yang Bisa Menyebabkan Cedera Fatal

31 January 2023   |   17:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Push up sebetulnya gerakan olahraga yang mudah dilakukan. Kita tidak memerlukan alat olahraga apa pun untuk memulainya. Kalian bahkan bisa mempraktikkan sendiri di rumah tanpa bantuan trainer profesional. Latihan ini sangat efektif untuk meningkatkan kekuatan inti tubuh serta membentuk otot dada, lengan, dan punggung. 

Walaupun gerakannya sederhana, sayangnya masih banyak yang salah saat melakukan push up. Padahal teknik yang kurang tepat bisa menyebabkan cedera fatal. Berikut ini adalah lima kesalahan saat push up yang sering dilakukan dan akibat yang bisa ditimbulkan. Yuk simak! 

Baca juga: Rekomendasi Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan


1. Merentangkan Siku Terlalu Lebar

Banyak yang beranggapan tubuh harus membentuk huruf 'T' saat melakukan push up. Sehingga kita merentangkan siku lebar-lebar sampai sejajar dengan bahu. Padahal posisi ini salah dan bisa menyebabkan cedera bahu. Posisi siku yang benar dapat memberikan dorongan yang tepat pada tubuh saat push up. Posisi siku sebaiknya diposisikan ke belakang dan lebarnya 60 derajat sehingga tubuh membentuk anak panah. 
 

2. Memposisikan Tangan di Bawah Dada

Saat push up biasanya kita menyelipkan tangan di bawah dada. Ada juga yang memposisikan pergelangan tangan ke dalam atau ke luar. Ini adalah kesalahan yang dapat menimbulkan cedera parah pada bahu dan tubuh bagian atas, karena sebagian besar berat badan bertumpu pada tangan dan siku. Posisi tangan yang benar adalah mengarah lurus ke depan dan sejajar dengan jari tengah. 


3. Posisi Tubuh Membungkuk

Melakukan push up sambil membungkuk sampai punggung dan pinggul melengkung dapat mengganggu kelenturan bahu. Posisi ini juga bisa membuat kita cepat lelah. Hal ini karena punggung menopang sebagian besar beban tubuh. Selain itu, posisi pinggul yang terlalu tinggi juga akan memberikan tekanan berlebih pada punggung bawah. Sebaiknya posisikan pinggul dan punggung dengan lurus saat push up.
 

4. Tempo Terlalu cepat

Tempo gerakan push up yang terlalu cepat bisa membahayakan sendi siku dan membuatnya rentan terhadap cedera. Push up membutuhkan lebih banyak kontrol dan konsentrasi. Dengan begitu, kita bisa mencapai bentuk tubuh dan otot yang diinginkan.


5. Posisi Muka ke Bawah

Seringkali kita memposisikan muka ke bawah sambil menggantungkan leher saat push up. Padahal cara ini salah. Pastikan pandangan lurus ke depan dan usahakan untuk bisa menahan posisi tersebut selama latihan push up berlangsung untuk hasil olahraga yang lebih maksimal. 

Baca juga: Tak Punya Banyak Waktu? Ini 5 Olahraga Ringan 10 Menit yang Efektif Bugarkan Tubuh

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Resep Kopi Jahe Betawi, Minuman yang Sudah Ada Sejak Abad ke-18

BERIKUTNYA

Menguak Tabir Foto-Foto Revolusi & Triumvirat di Yayasan Matawaktu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: