Ilustrasi olahraga 10 menit (Sumber gambar: Karolina Grabowska/Pexels)

Tak Punya Banyak Waktu? Ini 5 Olahraga Ringan 10 Menit yang Efektif Bugarkan Tubuh

02 October 2022   |   19:21 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Tidak memiliki cukup waktu bukanlah alasan untuk pekerja atau mahasiswa tidak melakukan olahraga. Selain memiliki manfaat yang kruisial untuk mencegah penyakit, olahraga juga penting dalam menjaga kebugaran manusia yang berguna bagi kelancaran aktivitas sehari-hari.

Misalnya berolahraga membuat kita lebih fokus dalam melakukan pekerjaan, tidak mudah lelah setelah beraktivitas, hingga memiliki waktu tidur yang lebih tertata.

Walaupun kamu hanya memiliki waktu 10 menit, upayakan untuk melakukan olahraga ringan di rumah saat sebelum mandi dan pergi ke kantor. Yuk simak kira-kira olahraga apa saja yang bisa dilakukan dalam 10 menit.

Baca jugaYuk Cobain 5 Olahraga Ringan Saat Di Rumah
 

1. Burpees

Burpee termasuk salah satu gerakan simple yang intens dan meningkatkan detak jantung dengan cepat. Dilansir dari crossfitinvictus, burpess dapat melatih banyak otot sekaligus seperti bagian lengan, dada, paha depan, hingga glutes. Melakukan burpee yang benar akan membuat kamu banjir keringat hanya dalam 10 menit saja.

Lakukanlah gerakan seperti push up kemudian ikuti berdiri diawali posisi squat jump dengan lompatan di udara. Sebaiknya, lakukan sebanyak 4 kali burpee dalam satu interval hingga 10 menit.
 

2. Lunges


Malas olahraga dengan gerakan melompat? Cukup lakukan gerakan lunges yang sederhana namun tetap melatih otot dan pernapasan. Bagi yang sudah biasa amelakukan gerakan ini, sebaiknya lakukan modifikasi gerakan touchdown lunges.

Gerakannya sama seperti lunges, namun kedua tangan harus menyentuh lantai disamping bagian kaki yang berada di depan. Selain menjaga berat badan ideal, gerakan lunges juga mampu memperbaiki postur tubuh.
 

3. Push up


Gerakan tanpa melompat selanjutnya adalah push up. Dapat membantu menjaga kekuatan dan keseimbangan tubuh bagian atas, lebih baik lagi jika push up dilakukan dengan menyentuh dada bagian kanan dan kiri secara menyilang di setiap gerakan push up. Kamu bisa menentukan frekuensi push up dapat disesuaikan dengan kebutuhan ya!
 

4. 180 Jump Squat


Sama dengan gerakan jump squat pada umumnya, namun gerakan ini berfokus pada putaran badan hingga 180 derajat ditengah melakukan jump squat. Dilansir dari Runtastic, gerakan ini sangat baik untuk membakar lemak di sekitar kaki. Lakukan hingga 180 kali hingga 10 menit.
 

5. High Plank Leg Lifts


Ambil sikap seperti saat hendak melakukan push up, kemudian angkat kaki kanan dan kiri ke atas secara bergantian. Jangan terburu-buru dan fokuslah pada otot perut dan kaki. Gerakan ini bisa membantu menguatkan otot tubuh, menjaga kelenturan tubuh, hingga membakar kalori dengan cepat.

Nah Genhype, itulah beberapa jenis olahraga dengan waktu 10 menit yang bisa kamu lakukan di rumah. Gerakan sederhana ini akan bermanfaat jika dilakukan secara konsisten 10 menit setiap harinya. Yuk manfaatkan 10 menit dengan maksimal!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Mau Tayang Sebentar Lagi, Cek 5 Informasi Penting tentang Film Pamali

BERIKUTNYA

Selain Sedia Payung, Ini 5 Persiapan yang Wajib Kalian Lakukan Saat Musim Hujan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: