Ilustrasi olahraga (Sumber gambar: Freepik)

Rekomendasi Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

24 October 2022   |   17:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Memiliki berat badan yang ideal adalah dambaan setiap orang. Namun, proses menuju berat badan ideal sering kali tidak mudah. Meski sudah melakukan berbagai cara, terkadang seseorang masih saja tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, perlu ada strategi khusus untuk menurunkan berat badan.

Selain dengan diet, olahraga adalah salah satu strategi umum yang digunakan untuk membantu menurunkan berat badan. Sebab, olahraga sangat efektif membantu tubuh membakar kalori dan memainkan kunci penurunan berat badan secara efektif.

Melansir dari Healthline, ada beberapa rekomendasi olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan. Yuk langsung aja cobain beberapa variasi olahraga di bawah ini.

Baca juga4 Olahraga Mudah untuk Menghilangkan Lemak Perut


1. Joging

Joging atau berlari ringan adalah latihan yang baik untuk membantu menurunkan berat badan seseorang. Sebaiknya kamu menjadikan joging sebagai olahraga rutin setiap minggu. Sebagai awalan, kamu bisa mencoba joging 3-4 kali per minggu dengan durasi selama 20 menit-30 menit.

Penelitian dari Harvard Health memperkirakan seseorang dengan berat 70 kilogram dapat membakar 288 kalori hanya dengan 30 menit joging. Dalam penelitian tersebut, joging juga ternyata efektif membakar lemak perut.


2. Bersepeda

Selain joging, bersepeda juga efektif menurunkan berat badan sekaligus menjaga kebugaran tubuh. Sepeda juga jadi olahraga yang cukup fleksibel. Jika ingin berolahraga di luar ruang, kamu bisa memilih sepeda konvensional. Namun, jika ingin olahraga di dalam ruangan, kamu bisa menggunakan sepeda statis yang banyak tersedia di gym.

Hanya dengan bersepeda selama 30 menit, seseorang dapat membakar sekitar 252 kalori di tubuhnya. Namun, manfaat sepeda ternyata bukan hanya menurunkan badan saja. Bersepeda juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi penyakit jantung, kanker, dan sebagainya.
 

3. Latihan Beban

Mengecilkan lemak dan mengurangi berat badan juga bisa dengan cara latihan beban. Seseorang yang melakukan latihan beban selama 30 menit dapat membakar sekitar 108 kalori.

Rutin melakukan latihan beban juga dapat membangun dan meningkatkan pertumbuhan otot. Jadi, bukan hanya berat badan yang berkurang, melainkan bentuk tubuh pun jadi lebih baik.
 

4. Lompat Tali

Meski terlihat sederhana, lompat tali juga bisa membantumu menurunkan berat badan. Seseorang yang melakukan lompat tali dapat membakar 1.300 kalori per jam. Jenis olahraga ini juga baik untuk memperbaiki detak jantung.

Untuk memulainya, kamu bisa melakukan pemanasan dengan 8-10 kali lompatan. Kemudian, lakukan lompatan secara konsisten selama 1,5 menit. Setelah itu, istirahatlah selama 15-30 detik. Kamu bisa mengulanginya sebanyak 3 set.


5. Berenang

Berenang adalah olahraga yang menyenangkan untuk menurunkan berat badan. Seseorang yang berolahraga selama 30 menit dapat membakar sekitar 216 kalori di tubuhnya. Renang juga dapat menjadi pilihan bagi kamu yang punya masalah cedera sendi. Karena tidak mengandalkan beban, renang cenderung jadi olahraga yang cukup aman bagi pengidap masalah persendian.

Banyaknya kalori yang terbakar rupanya dipengaruhi oleh gaya dalam berenang. Seseorang yang berenang dengan gaya dada, kupu-kupu, punggung, dan bebas lebih banyak membakar kalori dibanding gaya yang lain.


6. High Intensity Interval Training (HIIT)

High intensity interval training (HIIT) adalah pola olahraga yang memiliki intensitas tinggi. Biasanya latihan HIIT hanya berlangsung 10-30 menit. Meski sebentar, efek gerakannya dapat membakar 25 persen-30 persen lebih banyak kalori dibanding jenis latihan biasa.

Kamu hanya perlu memilih jenis olahraga apa yang akan menggunakan pola HIIT, seperti lari, bersepeda, push up, mountain climbers, dan sebagainya. Misalnya, kamu dapat mengayuh sepeda sekencang yang bisa dilakukan selama 30 detik. Kemudian, lakukan pelambatan selama 1-2 menit. Ulangi pola ini selama 10-30 menit.


7. Berjalan

Berjalan adalah olahraga yang sangat nyaman dilakukan pemula. Meskipun demikian, olahraga ini dapat membakar sekitar 175 kalori per 30 menit. Jadi, olahraga ini bisa jadi pilihan buat kalian yang masih belum terbiasa olahraga jenis yang berat.

Berjalan juga olahraga yang mudah dan murah. Selain itu, berjalan juga jadi cara berolahraga yang lebih aman, terutama bila kamu memiliki masalah persendian.

Baca juga5 Jenis Olahraga Cocok Buat Kalian yang Super Sibuk

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Resep Fish & Fettuccine Carbonara, Creamy dan Kaya Protein!

BERIKUTNYA

Stuntman Punya Peran Lebih Penting dari Sekadar Pemeran Pengganti

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: