Ilustrasi otak. (Dok. Bret Kavanaugh dari Unsplash)

6 Cara Asyik Latihan Otak Buat Melawan Lupa

10 July 2021   |   14:22 WIB

4. Makan makanan sehat.
Urusan makan makanan sehat, para ahli menyarankan bahwa pola makan orang Okinawa, Jepang merupakan yang cukup baik mengingat angka harapan hidup rata-ratanya berada di usia 85 tahun dan masyarakatnya yang sedikit mengalami penyakit terkait usia.

Menu makanan mereka terdiri dari ikan berlemak, tofu, rumput laut, nasi, sayuran, teh hijau, dan tidak ada makanan olahan. Beberapa di antara menu ini merupakan menu yang dikenal memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan otak.
 

Ilustrasi bermain puzzle. (Dok. Ross Sneddon dari Unsplash)

Ilustrasi bermain puzzle. (Dok. Ross Sneddon dari Unsplash)


5. Banyak belajar.
Selain pola makan dan gaya hidup, aktivitas mental seperti permainan bisa melatih kemampuan otak. Teka-teki silang, puzzle, serta kegiatan belajar bahasa baru dan bermain musik bisa melatih ketajaman otak, kemampuan memori, dan kreativitas.

6. Lindungi bagian kepala.
Banyak studi yang menunjukkan bahwa kepala yang berkali-kali mengalami cidera bisa berisiko pada penyakit demensia. Cidera yang dimaksud dalam hal ini adalah benturan keras pada otak yang disebabkan karena kecelakaan atau hantaman benda.

Karena itu, pemakaian helm saat melakukan olahraga bersepeda, bermain ski, bermain skateboard, dan aktivitas lainnya penting untuk mencegah atau mengurangi peningkatan risiko penyakit di masa depan.

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Penderita Hipertiroid, Simak Hal Ini Ya

BERIKUTNYA

Hati-hati dengan 5 Risiko Kesehatan Ini jika Sering Malas Gerak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: