Ilustrasi otak. (Dok. Bret Kavanaugh dari Unsplash)

6 Cara Asyik Latihan Otak Buat Melawan Lupa

10 July 2021   |   14:22 WIB

Pernah enggak mengalami momen di mana saat Genhype lagi mencari suatu barang dan benar-benar lupa ditaruh di mana? Atau mungkin pernah juga mengalami momen ketika keluar dari atau masuk ke sebuah ruangan lalu lupa mau melakukan apa?

Momen di mana tiba-tiba kerja otak sedang kurang baik, seperti dua contoh di atas sebenarnya adalah hal yang wajar loh. Hal itu teryata masih bisa diatasi sejak dini dengan berbagai cara ini.

Nah buat mengatasinya, simak yuk tips dari para ahli kesehatan untuk mengubah gaya hidup yang berkaitan dengan kerja otak!

1. Menari
 

Ilustrasi menari. (Dok. Rainier Ridao dari Unsplash)

Ilustrasi menari. (Dok. Rainier Ridao dari Unsplash)

Aktivitas fisik seperti olahraga dan menari selama ini dikenal bisa meningkatkan kesehatan fisik, tapi tahu enggak kalau kesehatan otak juga terdampak dari aktivitas ini?

Ini disebabkan karena aktivitas fisik bisa memicu lepasnya hormon pertumbuhan yang bisa meningkatkan kemampuan memori dan fungsi otak. Berdansa sendiri melatih kemampuan mengingat langkah-langkah dan mengingat kembali rutinitas yang bisa menjaga otak agar tetap aktif.

2. Istirahatkan pikiran dan tubuh.
Tidur menyimpan sejumlah manfaat baik bagi kesehatan, termasuk bagi otak. Beberapa studi menunjukkan ketika seseorang tidur dalam fase rapid eye movement (REM), otak akan memproses informasi yang diterima selama satu hari.

Inilah mengapa biasanya kekurangan tidur punya pengaruh terhadap kemampuan menerima informasi yang kemudian berpengaruh terhadap memori, konsentrasi, dan suasana hati.

3. Buat relasi pertemanan
 

Ilustrasi kegiatan sosialisasi. (Dok. Priscilla Du Preez dari Unsplash)

Ilustrasi kegiatan sosialisasi. (Dok. Priscilla Du Preez dari Unsplash)

Hubungan sosial ternyata punya peran yang cukup besar dalam menjaga kesehatan otak meski sebenarnya hal ini bisa saja dianggap sebagai hal yang simpel.

Selain bisa meredakan stres, hubungan sosial bisa membuat otak bekerja dengan lebih aktif karena serangkaian kegiatan membutuhkan kinerja otak, misalnya mengingat nama, memerhatikan lawan bicara, hingga menanggapi suatu pembicaraan.
 

 

 

1
2


SEBELUMNYA

Penderita Hipertiroid, Simak Hal Ini Ya

BERIKUTNYA

Hati-hati dengan 5 Risiko Kesehatan Ini jika Sering Malas Gerak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: