Avatar menjadi film paling laris pada 2022 (Sumber gambar: Disney)

Pendapatan Film Avatar: The Way of Water Cetak Rekor Baru

30 January 2023   |   06:45 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Film Avatar: The Way of Water terus menunjukkan sejumlah pencapaian selama sekitar lebih dari 40 hari penayangannya di bioskop di seluruh dunia. Terbaru, film ini berhasil mengalahkan pendapatan Avatar (2009) dalam 44 hari penayangannya di pasar domestik.

Laman Boxofficemojo mencatat perkiraan pendapatan Avatar: The Way of Water dari pasar domestik Amerika Serikat mencapai US$616,29 juta atau sekitar Rp9,18 triliun (US$1=14.889,18) selama 44 hari penayangan.

Baca juga: Daftar Film Terlaris Sepanjang Masa, Ada Avatar & Avengers: Endgame

Sementara itu, pendapatan Avatar (2009) mencapai US$585,70 juta atau sektiar Rp8,72 triliun dalam jumlah hari penayangan yang sama pada saat itu.

Perkiraan pendapatan Avatar: The Way of Water selama 44 hari itu juga membuat selisih pendapatan dengan Avatar selama 54 minggu atau 379 hari penayangan di pasar domestik hanya sebesar US$133,48 juta. Selama penayangan, Avatar (2009) berhasil memperoleh perkiraan pendapatan sebesar US$749,77 juta di pasar domestik.  

Tidak hanya itu, film yang dirilis pada 16 Desember 2022 silam di pasar domestik dan 14 Desember 2022 di sejumlah pasar internasional juga tercatat memiliki raihan lain yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan film pertamanya.

Flm Avatar: The Way of Water memiliki opening weekend di pasar domestik mencapai US$134,1 juta. Pencapaian ini tercatat lebih besar 74,1 persen jika dibandingkan dengan film pertamanya. Pada 2009, Avatar hanya memiliki opening weekend sebesar US$77,03 juta pada 14 tahun silam.

Film yang terkenal dengan Avatar 2 itu juga tercatat telah menyamai pencapaian Avatar pertama yang menempati posisi pertama selama tujuh minggu dalam perolehan pendapatan setiap minggu di pasar domestik.

Sementara di pasar seluruh dunia, pendapatan Avatar: The Way of Water telah mencapai US$2,12 miliar sejak penayangannya, dan membuat selisih perkiraan perolehan dengan film Avatar sekitar US$627,0 juta.

Rata-rata perkiraan pendapatan Avatar : The Way of Water dari seluruh dunia juga jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata pendapatan Avatar setiap minggunya. Rata-rata pendapatan film Avatar : The Way of Water setiap minggu adalah US$302,37 minggu selama 7 minggu, dan Avatar hanya US$50,8 juta setiap minggu selama 54 minggu.

Selain diputar di pasar dalam negeri Amerika Serikat, film Avatar: The Way of Water juga diputar di banyak negara. Berikut negara-negara yang memberikan pendapatan besar terhadap film garapan James Cameron ini di luar pasar dalam negeri


China

Dirilis pada 16 Desember 2022 silam, Avatar: The Way of Water mampu mencatatkan pembukaan sebesar US$56,8 juta. Sementara itu, perkiraan pendapatan kotor sampai dengan saat ini di China mencapai US$229,73 juta.


Perkiraan pendapatan itu membuat Negeri Tirai Bambu berhasil menjadi pemberi kontribusi terbesar bagi Avatar: The Way of Water di pasar internasional, dan mengalahkan banyak negara baik di Asia Pasifik maupun Eropa.


Prancis

Prancis adalah negara lain yang memberikan kontribusi besar terhadap pendapatan film Avatar: The Way of Water. Diputar pertama kali pada 14 Desember 2022, film ini berhasil memperoleh US$130,72 juta sampai dengan saat ini.

Pendapatan ini membuatnya menjadi yang terbesar kedua di pasar internasional, dan menjadikannya sebagai pemberi pendapatan terbesar pertama di pasar Eropa, Timur Tengah, dan Afrika.


Jerman

Jerman adalah negara lainnya yang juga mampu membuat pundi-pundi uang Avatar: The Way of Water bertambah. Film ini memperoleh pendapatan sebesar US$119,09 juta sampai dengan saat ini sejak dirilis pertama kali pada 14 Desember 2022.

Selain menjadi kontributor terbesar ketiga di pasar internasional, masyarakat Jerman juga menjadi pemberi kontribusi terbesar kedua di pasar Eropa, Timur Tengah, dan Afrika dalam daftar laman Box Office Mojo.


Korea Selatan

Negara terbesar keempat pemberi kontribusi pendapatan film Avatar: The Way of Water adalah Korea Selatan. Negara di Asia Pasifik ini tercatat memberikan sebanyak US$100,57 juta terhadap film Avatar 2 sejak rilis pada 14 Desember 2022. Korea Selatan juga menjadi negara kontributor terbesar pertama di pasar Asia Pasifik terhadap film Avatar: The Way of Water sampai dengan saat ini.


Britania Raya

Pemberi kontribusi pendapatan terbesar kelima bagi film Avatar: The Way of Water datang dari pasar Eropa, Timur Tengah, dan Afrika, yakni Britania Raya. Masyarakat Britania Raya memberikan pendapatan sebesar US$84,10 juta terhadap film Avatar 2 sampai dengan saat ini.

Britania Raya yang menjadi kontributor terbesar kelima bagi film garapan James Cameron ini menjadikan pasar Eropa, Timur Tengah, dan Afrika sebagai pasar dengan negara terbanyak pemberi kontribusi besar terhadap film ini.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Film yang Wajib Ditonton Buat Calon Entrepreneur, Salah Satunya tentang Mafia

BERIKUTNYA

Bunda, Ini Zat Paling Penting untuk Mencegah Stunting pada Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: