Ilustrasi film (sumber gambar Unsplash/Tech Daily)

5 Film yang Wajib Ditonton Buat Calon Entrepreneur, Salah Satunya tentang Mafia

29 January 2023   |   20:51 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Ketika memulai sebuah usaha atau bisnis terkadang kita dihadapkan dengan berbagai tantangan. Terlebih di era globalisasi saat ini, persaingan tentu semakin ketat. Untuk itu, kita pun dituntut mesti berpikir taktis dan strategis. Untuk bisa berpikir seperti itu kita bisa mencarinya dari berbagai sumber. Salah satunya film. 

Tak hanya sebagai media hiburan film juga dapat menjadi materi edukasi lewat narasi visual dan konflik di dalamnya untuk dijadikan pembelajaran.  Bagi yang sedang mencari inspirasi terkait dunia usaha, ada banyak  film yang mengangkat cerita terkait kisah para enterpreneur dalam mewujudkan impian mereka.

Baca juga: Rekomendasi Film Bioskop Februari 2023, Ada Genre Horor hingga Romantis

Namun, film-film ini berbeda karena tidak menampilkan perjuangan seseorang membangun usaha. Melainkan menceritakan perjuangan seseorang keluar dari persoalan mereka. Tentu dengan cara yang cerdas. Dirangkum Hypeabis.id.id dari berbagai sumber, berikut deretan film yang bisa dijadikan motivasi bagi calon pengusaha yang sedang mulai merintis jalan kewirausahaan mereka.
 

1. Catch Me If You Can (2002)

 

Catch Me If You Can merupakan film kriminal biografi yang diadaptasi dari kisah nyata seorang konsultan keamanan bernama Frank Abagnale. Film ini mengisahkan tentang perjalanannya sebagai perampok bank paling top dalam sejarah Amerika Serikat yang diburu oleh agen FBI. Dia terkenal karena kelihaiannya menipu para korban, dengan pura-pura menjadi dokter, pengacara, hingga co-pilot.

Film besutan Steven Spielberg ini juga mendapuk aktor-aktor ternama Hollywood, termasuk Leonardo DiCaprio, Tom Hanks, Martin Sheen, dan Christopher Walken. Debut pada 2002 film ini juga berhasil meraup keuntungan US$ 352 juta atau setara Rp25 miliar (kurs Rp14.972). Adapun laman IMDb mengganjar film ini dengan rating 8 dari 10 berdasarkan 993 orang yang memberikan penilaian. 
 

2. 12 Angry Men (1957)

 


Bagi yang ingin menikmati romansa 12 Angry Men boleh dicoba. Film ini diadaptasi dari teleplay dengan judul yang sama karya Reginald Rose. Pada 2007 sinema besutan Sidney Lumet ini sendiri dipilih menjadi National Film Registry oleh Library of Congress sebagai yang signifikan secara budaya, sejarah, atau estetika.

Film 12 Angry Men mengisahkan tentang 12 juri yang harus memutuskan hukuman atau atau pembebasan terdakwa berusia 18 tahun atas dasar keraguan yang masuk akal. Keunikan 12 Angry Men adalah selama 96 menit durasi film berlangsung adegan tidak keluar dari ruang sidang. Terlebih saat para juri saling mempertanyakan moral dan nilai-nilai yang dianut. Laman IMDb sendiri, mengganjar film ini dengan nilai 9 dari 10 berdasarkan 796.000 penilaian.


3. The Goodfather (1967)

 


Film legendaris karya Francis Ford Copola ini bercerita tentang bisnis keluarga mafia asal Italia. Bisnis mereka tumbuh menjadi organisasi besar di New York. Namun, saat yang sama mereka harus menghadapi para musuh, yang memiliki tujuan sama untuk menguasai pasar legal dan ilegal di negeri Paman Sam.

Meski dibalut adegan-adegan berdarah, tapi film ini juga menawarkan wawasan mengenai apa yang diperlukan bagi orang yang ingin merintis usaha dari nol. Tak hanya itu, trilogi The Godfather juga bakal membuat kita berpikir mengenai strategi terbaik untuk mendiversifikasi bisnis agar lebih berkembang. Laman IMDb mengganjar flm ini sebagai film terbaik kedua sepanjang masa dengan rating 9,2 dari 10 berdasarkan 1,9 juta orang yang memberikan penilaian.
 
1
2


SEBELUMNYA

Ketahui Penyebab & Cara Mencegah Kebobolan Kata Sandi 

BERIKUTNYA

Pendapatan Film Avatar: The Way of Water Cetak Rekor Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: