Viktor&Rolf Haute Couture Spring/Summer 2023. (Sumber foto: Viktor & Rolf)

Ini Alasan Rumah Mode Viktor & Rolf Menampilkan Karya Unik Koleksi Spring/Summer 2023 Paris Fashion Week

28 January 2023   |   13:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Koleksi karya haute couture rumah mode asal Belanda, yakni Viktor & Rolf, yang tampil di Spring/Summer 2023 Paris Fashion Week (PFW) viral di media sosial beberapa waktu lalu lantaran keunikannya.

Keunikan yang diusung oleh rumah mode ini akan membuat banyak pencinta fesyen geleng-geleng kepala lantaran koleksi tersebut tidak normal bagi kebanyakan orang. Salah satunya adalah gaun yang terbalik.

Jika gaun pada umumnya memiliki bagian panjang ke bawah dengan bagian terbuka di atas, koleksi yang ditampilkan justru bagian panjang yang biasanya ke bawah ditempatkan di bagian atas. Meskipun begitu, terdapat juga karya yang normal layaknya gaun pada umumnya.

Baca juga: Doja Cat Curi Perhatian di PFW 2023 dengan Tampilan Serba Merah dan 30.000 Mata Kristal

Terkait presentasi koleksi tersebut, dikutip dari laman viktor-rolf.com, rumah mode menghadirkan parade gaun pesta tulle romantis yang menawan, mengacu pada tradisi megah dan masa keemasan Haute Couture pada pertengahan abad ke-20 dalam peragaan busana Spring/Summer 2023 Paris Fashion Week.

“Bentuk tubuh constructed, bahu telanjang, décolletés terbuka. Bagian pinggang diberi aksen dan disandingkan dengan rok mille-feuille yang tebal dalam lapisan tulle yang tak berujung. Korset dihiasi dengan sulaman dan busur berkilau,” demikian tertulis.

Bertajuk Late Stage Capitalism Waltz, Viktor & Rolf menciptakan koleksi 18 ballgown yang sebagian besar dibuat dari tulle, yang dimaksudkan untuk mengenang masa keemasan haute couture pertengahan abad ke-20.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Viktor&Rolf (@viktorandrolf)


Sementara pertunjukan dimulai dengan serangkaian tampilan malam yang familiar, saat presentasi berlangsung, para model menampilkan gaun yang telah dibalik ke berbagai arah untuk menciptakan siluet yang tidak biasa.

Pakaian tradisional termasuk gaun kuning pucat dengan korset berlapis kristal Swarovski diganti dengan gaun lilac berikat koral dengan rok mille-feuille, yang dimiringkan secara dramatis pada sudut miring di seluruh tubuh model. Strukturnya dicetak dengan mesin tiga dimensi bekerja sama dengan produsen manekin Hands Boodt Mannequins.

Rumah mode mewah avant-garde ini juga menuliskan bahwa skema warna pastel yang tersemat mengingatkan pada lukisan karya Boucher atau Watteau. Dengan atmosfirnya yang halus, koleksi tersebut tampak mengatur nada untuk visi Haute Couture yang hampir stereotip sebagai mimpi anakronistik dari feminitas yang lembut.

Koleksi ini memvisualisasikan rasa keterasingan yang dirujuk oleh judul koleksi. 'Fashion ideal' yang tunggal dan didefinisikan secara sempit disajikan dan dimanipulasi secara artistik untuk menggugah rasa penasaran siapa pun yang melihatnya.

 

Viktor&Rolf Haute Couture Spring/Summer 2023. (Sumber foto: Viktor & Rolf)

Viktor&Rolf Haute Couture Spring/Summer 2023. (Sumber foto: Viktor & Rolf)


Setiap potongan tulle, kristal , dan pita seakan dilukis menjadi kenyataan dengan presisi tajam dan dalam palet warna lavender pastel, baby blues, dan pink lembut yang sama-sama indah. Namun, melalui kelembutan dan romansa serta kemewahan, koleksi ini secara artistik memanipulasi gagasan haute couture, menciptakan pemandangan mimpi yang berubah menjadi eksplorasi nyata saat gaun mengambil kehidupan mereka sendiri.

Karya Viktor dan Rolf diakui secara luas dan dihormati karena Haute Couture menampilkan karya yang provokatif dan kemewahan secara konseptual. Rumah mode ini memiliki cita-cita untuk menghasilkan karya yang indah dan spektakuler juga keanggunan yang tidak terduga melalui pendekatan mode yang tidak konvensional.

“Mementaskan koleksi khas selama lebih dari dua puluh tahun selama Paris Fashion Week – sejak koleksi Haute Couture pertama di koleksi Spring/Summer 1998 – kreasi Viktor&Rolf membangkitkan semangat provokatif yang dipadukan dengan kontras surealis,” demikian tertulis.
1
2


SEBELUMNYA

Perdoski Ingatkan Masalah Kulit Tak Boleh Dianggap Remeh

BERIKUTNYA

Catat, Ini Daftar Konser Musik Sepanjang Februari 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: