ilustrasi (sumber gambar : Grouu)

Intip Peluang Bisnis Catering MPASI yang Makin Diminati

25 January 2023   |   22:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Memiliki buah hati tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para ibu muda atau orang tua baru. Selain memberikan Air Susu Ibu (ASI), anak-anak yang sudah mencapai usia 6 bulan perlu mendapatkan tambahan nutrisi berupa makanan pendamping ASI alias MPASI.

Namun,  menyiapkan menu MPASI sering kali menjadi salah satu permasalahan yang kerap dialami para ibu muda saat merawat buah hatinya. Apalagi sebagian besar ibu baru saat ini didominasi oleh kelompok milenial yang masih bekerja sehingga seringkali memiliki keterbatasan waktu mempersiapkan menu MPASI untuk bayinya.

Baca juga: Si Kecil Masuk Fase MPASI, Perhatikan 5 Hal Ini ya Moms

Memang saat ini sudah ada MPASI fortifikasi atau MPASI instan yang banyak dijual di pasaran sebagai pilihan para ibu yang ingin lebih praktis. MPASI instan ini telah menjadi salah satu industri yang sudah mature dan didominasi oleh para pemain besar.

Namun kini mulai banyak bermunculan catering MPASI yang bisa menjadi pilihan karena menawarkan menu makanan yang lebih segar dan bernutrisi serta dapat dibuat sesuai permintaan salah satu brand yang ikut meramaikan bisnis catering MPASI ini adalah Grouu.

Bisnis yang baru didirikan pada awal 2020 oleh Jessica Marthin ini berangkat dari pengalaman pribadinya yang cukup kesulitan saat pertama kali memberikan MPASI kepada sang bayi. Bukan hanya Jessica, rupanya persoalan tersebut juga banyak dihadapi oleh orang tua lainnya. Dia lantas bercerita kepada rekannya yang justru melihat permasalahan tersebut sebagai peluang bisnis.

“Selanjutnya kami melakukan riset lebih mendalam dan meminta masukan dari Dokter Spesialis Anak. Dari hasil diskusi dan riset inilah kami sepakat untuk membuat bisnis Grouu pada Agustus 2020,” ujarnya.

Saat pertama kali mengembangkan bisnis ini, Jessica mengumpulkan modal bersama Co-founder lainnya. Seiring berjalannya waktu, permintaan akan produk Grouu terus meningkat cukup tinggi. Hal ini menurutnya tidak lepas dari prospek bisnis catering MPASI yang potensial seiring dengan angka kelahiran di Indonesia yang melampaui 5 juta pada tahun 2022.

Selain itu, pandemi yang terjadi mendorong pertumbuhan awareness akan pentingnya asupan nutrisi. Kondisi ini ikut mendorong tingginya permintaan terhadap makanan sehat dan segar terutama di kalangan generasi milenial.

Untuk menghasilkan menu yang lezat dan bergizi dilengkapi nutrisi seimbang dengan cita rasa yang kaya, Grouu menggandeng orang tua dan tim ahli gizi, ahli pangan, juru masak dan dokter spesialis anak dalam setiap proses pembuatan menu.  

Semua produk dan menu Grouu yang diproduksi di fasilitas sudah memenuhi standar kebersihan oleh Dinas Kesehatan maupun Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), serta sudah memiliki sertifikat Halal.

Adapun produk yang ditawarkan Grouu yakni catering yang merupakan paket langganan dengan menu berganti setiap hari. Customer juga dapat mengatur sendiri jadwal dan alamat pengiriman dengan fleksibel, dengan tekstur makanan sesuai kebutuhan si kecil.

“Saat ini tersedia lebih dari 200 menu yang dapat dicoba, semua menu catering MPASI Grouu bebas pengawet, penguat rasa, maupun tambahan gula dan garam,” ucapnya.

Dalam mengembangkan bisnisnya, Jessica masih mengutamakan penjualan secara online mengingat target pasar utamanya adalah orang tua milenial yang mayoritas melek digital. Meski demikian, Grouu juga mulai aktif berpartisipasi pada kegiatan pemasaran offline seperti exhibition maupun distribusi ke toko retail offline.

Strategi tersebut rupanya cukup ampuh, terbukti dalam sebulan rata-rata Grouu mampu menyajikan lebih dari 50.000 porsi makanan kepada ribuan pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah ini diperkirakan terus bertumbuh.

“Setelah beroperasi beberapa bulan permintaan mulai tinggi akhirnya kami memutuskan mencari dukungan investor agar bisa lebih cepat memenuhi kebutuhan pasar,” ucapnya.

Baca juga: Cek 5 Resep MPASI yang Praktis Untuk Si Kecil

Bahkan saat ini Grouu berhasil mendapatkan suntikan pendanaan dari berbagai investor di antaranya Selera Kapital, Teja Ventures dan beberapa angel investor lainnya. Modal tersebut menurutnya akan digunakan untuk pengembangan produk, peningkatan pelayanan melalui kanal website, serta ekspansi ke kota-kota lain di Indonesia.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Platform B2B Digital Makin Diminati Pelaku UMKM

BERIKUTNYA

Aktor & Aktris Asia Meramaikan Nominasi Oscar 2023, Pengamat Sebut Tidak Mengejutkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: