Cuplikan film Everything Everywhere All At Once. (Sumber gambar: Youtube/A24)

Aktor & Aktris Asia Meramaikan Nominasi Oscar 2023, Pengamat Sebut Tidak Mengejutkan

25 January 2023   |   20:12 WIB

Nominasi Piala Oscar 2023 yang baru saja diumumkan, pada Selasa (24/1/2023), menjadi perbincangan publik pencinta film di dunia. Salah satu yang menjadi sorotan mereka adalah kehadiran aktor dan aktris Asia pada perhelatan tersebut.  

Berbeda dari tahun sebelumnya, Oscar pada 2023 kali ini juga lebih beragam dengan banyaknya aktor dan aktris asal Asia yang masuk dalam perolehan nominasi. Termasuk Michelle Yeoh, Ke Huy Quan, Stephanie Hsu lewat akting mereka dalam film Everything Everywhere All At Once (EEAAO).

Baca juga: Jadi Aktris Asia Pertama yang Masuk Nominasi Piala Oscar, Michelle Yeoh: Butuh 95 Tahun!

Tak hanya itu, film besutan duo sutradara Daniel Kwan dan Daniel Scheinert itu berhasil memboyong 11 nominasi, termasuk kategori Best Pictures, Best Director, dan Best Actress. Sedangkan film drama besutan Darren Aronofsky juga mengantarkan Hong Chau sebagai aktris asal Asia yang berhasil masuk dalam kategori Best Supporting Actress.
 


Pengamat film Adrian Jonathan Pasaribu menilai bahwa dominasi film Everything Everywhere All At Once di nominasi Academy Awards ke-95 kemungkinan bisa memboyong banyak piala. Namun, hal itu juga perlu dilihat lewat corak keseluruhan nominasi  dari keseluruhan ketegori piala yang dibagikan.

"Kalau dilihat dari film dan nama yang jadi nomine, Oscar tahun ini tampaknya cukup memberi ruang buat film-film genre populer. Hal ini terlihat dari pilihan judul-judul seperti Top Gun atau Elvis. Dengan begitu, EEAAO bisa jadi rentan dianggap tidak 'unik' atau kurang lebih sama dengan film-film tersebut," kata Adrian saat dihubungi Hypeabis.id. 

Salah satu faktor yang berpengaruh dalam ajang Oscar dari film bertema multiverse tersebut adalah banyaknya rekasi dari publik. Film Everything Everywhere All At Once ini menurutnya disukai publik yang lebih beragam ketimbang film-film lain.

"Dengan adanya panelis Oscar yang konon makin beragam pada tahun ini, mungkin hal tersebut juga bisa jadi faktor tambahan," imbuh Adrian.

Sementara itu, terkait aktor dan aktris Asia yang mendominasi raihan nominasi Oscar, Adrian mengungkap ini bukan lagi soal momentum mereka untuk unjuk gigi dalam lanskap global. Sebab,Piala Oscar selalu terkait dengan politik selera, terlebih acara tersebut sebenarnya hanyalah acara 'lokal' untuk kawasan Amerika Utara.

Oleh karena itu, Oscar tahun ini jadi sangat mudah diprediksi. Bahkan dalam momen-momen mengejutkan saat gelarannya berlangsung. Adrian mencontohkan film Parasite, misalnya, yang menang ketika suara publik di media-media Hollywood banyak menjagokan film tersebut.

Namun, di sisi lain, film Decision to Leave yang dianggap banyak pihak sebagai salah satu puncak sinema tahun lalu sama sekali tidak dapat tempat di Oscar tahun ini.

"Apabila kita melihat terpilihnya Michelle Yeoh dan aktor Asia lain dalam nomine Oscar sebagai momentum. Mungkin lebih tepat mengalamatkan popularitas mereka dan momentum setelahnya, menuju kesuksesan film-filmnya, alih-alih ke nominasi Oscar," tandas Adrian.

Baca juga: Pernah Bersaing di Ajang Oscars, 5 Film Indonesia Ini Wajib Ditonton

Editor: Dika Irawan
 
SEBELUMNYA

Intip Peluang Bisnis Catering MPASI yang Makin Diminati

BERIKUTNYA

8 Langkah Mudah Berbelanja dengan Metode Cash on Delivery (COD)

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: