personel baru ERK (sumber gambar Efek Rumah Kaca)

Efek Rumah Kaca Kembali Kobarkan Otokritik Lewat Album Rimpang

25 January 2023   |   19:12 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Grup band indie Efek Rumah Kaca (ERK) akan meluncurkan album penuh terbaru keempat mereka pada Jumat, 27 Januari 2023. Mengambil tajuk Rimpang album tersebut menjadi benang merah dari berbagai kritik dan otokritik, serta kegelisahan band asal Jakarta itu terhadap kondidi sosial di Indonesia.

Album baru Rimpang menjadi kelanjutan album penuh dari ERK setelah terakhir mengeluarkan album Sinestesia pada 2015. Album ini juga menandai format personel baru ERK yang kini hanya diisi empat personil, yaitu Cholil Mahmud, Akbar Bagus Sudibyo, Poppie Airil, dan Reza Ryan.

Baca juga: Efek Rumah Kaca Bius Penonton dengan Lagu-lagu Satir di Soundsfest 2022

Tajuk Rimpang terinspirasi dari teori rhizome oleh Deleuze dan Guattari. Rimpang merupakan gambaran tentang betapa harapan-harapan, baik yang kecil maupun besar, muncul secara acak, tak linier, tanpa hirarki, dan dalam berbagai situasi dapat menjalar secara diam-diam.

"Rimpang menjadi album yang, kami rasa, berbeda dari album-abum kami sebelumnya. Semoga, begitu juga dengan album-album berikutnya, akan tetap menjelajah," demikian siaran tertulis yang diterima Hypeabis.id pada Rabu, (25/1/23).
 
 


Proses pengerjaan album Rimpang sendiri sempat diselingi pengerjaan mini album Jalan Enam Tiga pada 2020. Materi album tersebut telah diolah oleh ERK sejak 2016 dengan mengaransemen, mendengarkan hasil rekaman, dan membongkar ulang kembali berbagai materi. Hingga didapatilah sepuluh lagu yang berhasil diselesaikan dengan berbagai problem di dalamnya.

"Ini merupakan album penuh pertama kami tanpa Adrian Yunan, yang sidik jarinya begitu tebal dalam lagu maupun lirik Efek Rumah Kaca. Tapi dengan hadirnya Poppie Airil dan Reza Ryan membuat kami mampu melangkah ke wilayah-wilayah yang belum pernah dijelajahi sebelumnya," tulis ERK.

Album Rimpang Rimpang mengikuti jejak tiga album ERK sebelumnya, yaitu Efek Rumah Kaca (2007), Kamar Gelap (2008), dan Sinestesia (2015). Penggemar akan disuguhi hitsa awal seperti Heroik yang sempat diluncurkan pada September 2022,dan menjadi single pertama dari Rimpang.

Nomor berikutnya adalah, Fun Kaya Fun, yang sempat dibawakan bersama Suraa pseudonim dari Cempaka Surakusumah. Penyanyi perempuan itu memang kerap membantu ERK tampil di berbagai panggung, yang dalam album terbarunya juga menjadi focus track. Keunikan lain dari album Rimpang adalah ERK juga berkolaborasi dengan dedengkot hip-hop Morgue Vanguard, pada lagu Bersemi Sekebun.

ERK dibentuk pada 2001 band yang sekarang terdiri dari Cholil, Adrian Yunan Faisal, Airil "Poppie" Nur Abadiansyah, dan Akbar Bagus Sudibyo. Band yang terinspirasi dari The Smashing Pumpkins, R.E.M. dan The Smiths itu pada awalnya bernama Hush dan Superego. Barulah pada 2007, saat menelurkan album pertama, band itu memutuskan bernama pasti Efek Rumah Kaca.

Kini, di album keempat mereka, ERK juga menulis sepuluh (10) lagu dalam album Rimpang. Meliputi  Fun Kaya Fun, Bergeming, Heroik, Tetaplah Terlelap, Sondang, Kita yang Purba, dan Ternak Digembala. Dalam album ini juga terdapat lagu Rimpang, Bersemi Sekebun, dan Manifesto. 

SEBELUMNYA

Sejarah & Tokoh Pencetus Hari Gizi Nasional, yang Diperingati Setiap 25 Januari

BERIKUTNYA

Missing the Other Side 2 Dikit Lagi Tamat, Simak Sinopsisnya Yuk

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: