Efek Rumah Kaca Bius Penonton dengan Lagu-lagu Satir di Soundsfest 2022 (Hypeabis.id/Arif Hermawan P.)

Efek Rumah Kaca Bius Penonton dengan Lagu-lagu Satir di Soundsfest 2022

06 November 2022   |   08:30 WIB

Aksi panggung Efek Rumah Kaca cukup membius para pengunjung Soundsfest 2022. Walaupun di panggung utama ada Isyana Syarasvati sedang tampil, namun Cholil Mahmud (vokal, gitar), Poppie Airil (vokal, bas), Akbar Bagus Sudibyo (drum) dan Reza Ryan (gitar) tetap menarik ribuan penonton dengan penampilannya.

Desember menjadi salah satu hits yang dinyanyikan band yang kerap dipanggil dengan sebutan ERK itu. Bukan lagu galau, Desember dibuat untuk mengenang banjir besar yang pernah terjadi di Jakarta saat Desember 1999. 

Baca juga:  Isyana Sarasvati Tampil Garang di Soundsfest 2022

Lagu ciptaan Cholil ini berisikan harapan doa untuk sabar dalam menghadapi bencana alam maupun musibah yang terjadi di bulan Desember. Ya, lagu tersebut sangat pas dinyanyikan ERK mengingat Desember tinggal sebulan lagi dan kini beberapa wilayah di Indonesia mengalami curah hujan yang cukup tinggi.

Cholil juga membawakan hits Di Udara. Petikan khas gitar dialunkan dan menarik sorak sorai para penikmat musik ERK yang hadir.

Penonton terhanyut dalam suasana haru dan kesal ketika menyanyikan lagu yang terinspirasi dari peristiwa pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib. Munir diketahui tewas diracun dalam sebuah penerbangan pesawat pada 2004 lalu.

 

Penampilan Efek Rumah Kaca di Soundsfest 2022.  (Hypeabis.id/Arif Hermawan P.)

Penampilan Efek Rumah Kaca di Soundsfest 2022. (Hypeabis.id/Arif Hermawan P.)

.
ERK memang selalu tampil epik dengan lagu satir yang membuat kulit bergidik. Band asal Jakarta yang dibentuk pada 2001 ini, muncul pertama kali dalam album kompilasi bertajuk SCIENCE IN MUSIC pada 2008. 

Debut album perdana ERK bertajuk EFEK RUMAH KACA hadir pada 2005 dan dilanjutkan dengan album kedua bertajuk KAMAR GELAP pada 2008. Pada 2015, Cholil dan kedua temannya mengeluarkan Sinestesia dan baru-baru ini mereka hadir dengan single Heroik yang memiliki makna mendalam dam tentunya sindiran.

Selain ERK, Feel Koplo juga cukup menyita perhatian pengunjung Soundsfest 2022 hri pertama. Membawakan lagu kompilasi, mereka mampu membius penonton untuk bernyanyi dan bergoyang dalam lantunan musik EDM dicampur koplo.

Seketika suasana semakin riuh ketika Fell Coplo memutarkan lagu No Comment yang tengah viral kembali pasca kemunculan influencer Bunda Corla. "Mana anaknya Bunda Corla," kata sang vokalis disambut sorak sorai penonton.

Benar saja, penonton dengan kompak menyanyikan lagu milik penyanyi dangdut Tuty Wibowo itu.

Adapun Soundsfest berlangsung selama dua hari di area parkir Summarecon Bekasi, Jawa Barat, pada 5-6 November 2022. Total 22 musisi baik solo maupun grup. 

Untuk penampilan hari pertama, festival musik ini diisi RAN, Kangen Band, Project Pop, Kerispatih ft Sammy SImorangkir, Raisa, Isyana Sarasvati, dan The Changcuters di panggung Soundsfest Stage. Sementara di panggung Le Minerale Stage ada Gangga, Soulvibe, Ardhito Pramono, Trio Ambisi X Bataks Band, Efek Rumah Kaca, dan Feel Koplo. 

Baca juga: Pecah! Ardhito Pramono Sihir Penonton dengan 9 Hits di Soundsfest 2022

Pada hari kedua, Soundsfest menghadirkan Rizky Febian, Fourtwnty, Fiersa Besari, Vina Panduwinata with Her Boys, Vierratale, Kahitna, Dewa 19 ft ELLO di panggung Soundsfest Stage. Adapun di panggung Le Minerale Stage ada OKAAY., Danilla, Marcell, HIVI!, dan Maliq and D’Essentials. 

Editor:  Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Fenomena Vtuber & Tantangannya, Benarkah Raup Penghasilan Fantastis? (3)

BERIKUTNYA

Profil Danilla Riyadi, Musisi Indie yang Siap Riuhkan Panggung Soundsfest 2022 Day 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: