Banyak orang Indonesia mulai jalani pola makan sehat (Sumber gambar: Polina Tankilevitch/Pexels)

Konsumsi Makanan Sehat Naik 2 Kali Lipat di Luar Kota Besar

24 January 2023   |   21:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Pandemi Covid-19 ternyata berdampak besar terhadap pola hidup masyarakat yang semakin peduli dengan gaya hidup sehat. Dari analisis Tokopedia, terjadi pertumbuhan dua kali lipat terhadap konsumsi makanan sehat sepanjang 2022 dibandingkan dengan 2021. Uniknya, peningkatan tersebut lebih banyak terjadi di daerah, bukan di kota besar. 

Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan permintaan produk makanan kekinian nan sehat dan bergizi transaksinya cukup tinggi di Tokopedia pada 2022.

"Jus lemon, biji-bijian seperti chia, granola, madu hingga sereal menjadi beberapa makanan dan minuman sehat yang paling laris di Tokopedia sepanjang 2022,” ujarnya dalam Media Gathering di Jakarta, Selasa (24/1/2023). 

Baca juga: Jadi Metode Diet Terbaik di Dunia, Cek 5 Keunggulan Diet Mediterania

Ekhel menyebut ada temuan menarik. Peningkatan jumlah transaksi makanan dan minuman (mamin) sehat paling tinggi ternyata bukan dari kota besar. Transaksi tertinggi justru berasal dari Kampar (Riau), Pringsewu (Lampung), Tabanan (Bali), Dumai (Riau), dan Buleleng (Bali). “Penyebarannya tidak terpusat di kota besar,” imbuhnya. 

Di sisi lain, wilayah dengan peningkatan penjual mamin sehat paling tinggi di antaranya Kotawanngin (Kalteng), Lampung Timur (Lampung), Indragiri Hulu (Riau), Bukittinggi (Sumbar), dan Musi Banyuasin (Sumsel).

Sementara itu, Ekhel menyampaikan Bengkalis (Riau), Lampung Tengah (Lampung), Demak (Jateng), Kubu Raya (Kalbar), dan Buleleng (Bali) mengalami lonjakan pembeli makmin sehat paling unggul pada 2022. 

Dia menuturkan inisiatif Hyperlocal di Tokopedia akan terus digencarkan untuk mendekatkan penjual, termasuk di industri makanan dan minuman sehat. Contoh manifestasinya, ada Kumpulan Toko Pilihan (KTP) untuk membantu UMKM memperluas jangkauan pasar di dalam kota dan sekitarnya. 

Selain itu, ada Dilayani Tokopedia agar UMKM bisa menjangkau pembeli di luar kota. Saat ini, pihaknya juga menyediakan fitur Bagikan Alamat yang memungkinkan masyarakat mengirim hampers, termasuk hampers makanan dan minuman sehat dengan lebih mudah. “Jadi tidak pertu memasukkan alamat yang dituju secara manual,” tambah Ekhel. 
 

Media gathering Tokped. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini)

Media gathering Tokped. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini)


SUMBER PANGAN LOKAL
Ahli Gizi dari RS Pondok Indah Juwalita Surapsari untuk menerapkan pola hidup sehat, bisa dimulai dari sumber pangan lokal. Indonesia dilimpahi sumber pangan lokal yang bisa dimanfaatkan terutama untuk diet mulai dari sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, umbi-umbian, hingga ikan dan seafood. “Berdayakan dahulu sumber bahan makanan yang ada di sekitar kita dan mudah dicari sehari-hari,” tegasnya.

Prinsip utama diet memang mendapatkan bahan makanan sehat yang mudah didapat. Jika tidak ada waktu untuk mengolahnya, menurutnya saat ini ada banyak pelaku UMKM yang menyediakan makanan sehat. Contoh sumber pangan lokal yang bisa dimanfaatkan masyarakat adalah modified cassava flour (mocaf) bebas gluten yang diusung Rumah Mocaf dan makanan vegan khas Nusantara oleh Loka Padang. 

Sesuaikan pula sumber bahan pangan dengan kriteria gizi seimbang. Perhatikan asupan serat terutama dari sayur dan buah. Kemudian batasi gula, garam, dan minyak, serta rajin memantau berat badan. “Pastikan mengonsumsi makanan dalam kadar seimbang, yakni antara sumber energi, lauk pauk, sayuran, dan buah," tambah Lita.

Guna mendukung hidup sehat lainnya yakni perbanyak protein hewani atau nabati. Menurut Kemenkes RI, standar angka kecukupan protein bagi masyarakat Indonesia adalah 60 gram per hari untuk perempuan dan 65 gram per hari bagi laki-laki. 

“Protein diperlukan tubuh untuk mengganti sel-sel yang rusak. Indonesia terkenal dengan sumber protein nabati, mulai dari tahu, tempe, kacang-kacangan dan lain-lain," jelasnya. 

Salah satu UMKM yang mendukung gaya hidup sehat dengan memanfaatkan pangan lokal yakni Rumah Mocaf. Owner Rumah Mocaf Riza Azryumarridha Azra menggandeng ratusan petani singkong untuk membuat modified cassava flour (mocaf) bebas gluten yang diolah menjadi berbagai makanan yang lebih sehat seperti tepung hingga kue kering. 

“Berkat Tokopedia, produk Rumah Mocaf yang dipasarkan dengan merek Mocafine bisa dikenal lebih banyak masyarakat, bahkan jumlah transaksi toko bisa naik 25 kali Iipat pada 2022.” ujar Riza.

Baca juga: Sebelum Mencoba, Yuk Kenali Bahaya dan Efek Samping Fenugreek Bagi Kesehatan

Sementara itu, Irene Umar melalui Loka Padang berinovasi dengan menciptakan berbagai olahan masakan khas Nusantara berbahan dasar nabati. "Kami menggandeng ahli gizi internal untuk memastikan seluruh makanan Loka Padang tetap sehat dan bergizi dengan tidak menggunakan MSG, perasa, pewarna, dan pengawet,” jelasnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Rekomendasi Serial Anime School Terpopuler, Tontonan Ringan Saat Libur

BERIKUTNYA

Daftar Lengkap Nominasi Piala Oscar 2023, Film Everything Everywhere All At Once Boyong 11 Nominasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: