Ilustarsi tempat gim arkade (Sumber: Unsplash/Joey kwok)

5 Museum Video Game Terbaik di Dunia, Cocok untuk Nostalgia Para Gamer

24 January 2023   |   15:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Genhype penggemar video game, tentu kamu sudah sering memainkan berbagai macam permainan mulai dari konsol jadul, dingdong, hingga Nintendo Entertainment System kan? Meski permainan tersebut saat ini sudah jarang ditemukan, tapi artefaknya masih banyak yang disimpan di museum di berbagai belahan dunia, lho.  

Ya, selain memiliki museum sejarah dan seni, beberapa negara juga membangun museum khusus untuk video gim. Tujuanya adalah untuk menunjukkan pada generasi muda mengenai evolusi permainan dari masa ke masa. Tak hanya itu, mereka pun turut menyajikan berbagai informasi unik dan cerita di balik penciptaannya. 

Nah, bagi yang ingin bernostalgia menikmati pameran inovatif mengenai sejarah permainan gim video dunia, kamu bisa berkunjung ke berbagai museum video game populer di dunia. Berikut Hypeabis.id rangkum informasinya buat Genhype!, simak yuk!

Baca juga: Cek 4 Game Strategi yang Seru Buat Main Bareng Teman!


1. National Videogame Museum

 

Terletak di Frisco, Texas, Amerika Serikat, di museum ini kamu bisa melihat pemeran mengenai sejarah informasi tentang pembuatan video game dari masa ke masa. Tak hanya itu, Genhype juga dapat memainkan konsol jadul tersebut dengan arahan dari pemandu museum.

Dihimpun dari laman resminya, museum ini pun banyak menampilkan sistem permainan game Pong yang jadul hingga yang terbaru, termasuk reproduksi penuh dari arkade tahun 80-an. Keberadaan museum ini adalah evolusi dari pameran museum Classic Gaming Expo dengan lebih dari 20.000 item video game.
 

2. American Museum of Natural History

 

Berbeda dengan National Videogame Museum yang menampilkan deretan gim video dari mas ke masa, museum yang terkenal lewat film Night at the Museum banyak menampilkan arsip mengenai video dan foto saat masyarakat sedang bermain gim, juga dari waktu ke waktu. 

Dikutip dari laman resminya, tim museum memang mengerjakan pameran video dengan menampilkan foto orang-orang yang bermain gim komputer, gim komputer, dan gim arkade. Hal ini bertujuan untuk mengulang kembali nostalgia, dan mengenalkan sejarah permainan gim video pada khalayak.
 

3. National Museum of Play

 

Jika suatu hari Genhype berkunjung ke New York, sempatkan juga untuk mampir ke Museum of Play yang terletak di Rochester's. Pasalnya di sini kalian bisa melihat pameran khusus Star Wars, mencakup permainan arkade dari galaksi yang sangat jauh. Bahkan kamu juga bisa melihat Star Wars Battle Pod. 

Tak hanya itu, di museum ini kamu pun bisa ikut mencoba berbagai permainan video game klasik. Termasuk arkade berukuran besar yang menampilkan game-game top dalam sejarah, lengkap dengan pengalaman Tetris yang luar biasa serta terdapat permainan legendaris pinball.

Baca juga: 4 Rekomendasi Game Horor Multiplayer Buat Mabar
1
2


SEBELUMNYA

Fakta Menarik Film Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang yang Bakal Tayang di Bioskop

BERIKUTNYA

Intip Sejarah dan Keunikan Museum Lawang Sewu & Ambarawa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: