Ilustrasi investasi (Sumber: Freepik)

Banyak Diminati, Yuk Kenali Kelebihan & Kekurangan Investasi Safe Haven

23 January 2023   |   17:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Kondisi perekonomian dunia 2023 sedang dihadapkan pada risiko resesi masal. Sejumlah ekonom memprediksi akan ada banyak negara yang jatuh ke jurang resesi sepanjang tahun ini. Kondisi tersebut tidak hanya berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi, tetapi juga pasar investasi termasuk investor individu. 

Perencana Keuangan Zelts Consulting, Ahmad Gozali, mengatakan pasar investasi yang tidak stabil biasanya akan berakibat pada penurunan nilai pada beberapa aset-aset tertentu. Kondisi ini biasanya direspons investor dengan melakukan pemindahan dana ke jenis investasi yang nilainya cenderung lebih aman.

Gozali mengatakan sangat wajar apabila pada kondisi seperti sekarang, investasi safe haven mulai dilirik kembali. Investasi safe haven merupakan jenis instrumen yang diharapkan dapat menjaga nilainya atau tetap menguntungkan walaupun dalam kondisi ekonomi yang sedang sulit. Dari pengertiannya, sudah bisa dilihat mengapa instrumen ini kemungkinan bakal banyak dipilih. 

Baca juga: Tengok 5 Hal Ini Sebelum Mengubah Portofolio Investasi pada Tahun Resesi

Praktik seperti ini memang selalu berulang, terutama ketika perekonomian dunia sedang tidak stabil. Ibarat perjalanan, safe haven adalah titik pemberhentian sementara (rest area). Umumnya, orang akan memilih beristirahat saat merasa capek atau merasa ada sesuatu yang berbahaya di depannya.

Begitu pula dengan investasi. Safe haven adalah tempat pemberhentian sementara ketika kondisi ekonomi dan pasar investasi sedang buruk.

“Jadi, ini adalah strategi investasi. Dana investasi diparkir dahulu di safe haven sampai cuaca ekonomi cukup cerah untuk melanjutkan perjalanan,” ujar Gozali kepada Hypeabis.id.

Investor biasanya membeli aset safe haven untuk membatasi kemungkinan kerugian yang dialami akibat penurunan kondisi pasar. Namun, safe haven sebenarnya juga bukan hanya sebagai alat bertahan. Jenis investasi ini juga dapat menghasilkan keuntungan meski nilainya relatif tidak setinggi instrumen lain yang agresif.

Ada beberapa faktor yang membuat suatu aset bisa disebut sebagai safe haven. Aset atau instrumen investasi ini umumnya memiliki keamanan yang terjamin. Selain itu, aset safe haven juga memiliki risiko yang rendah. Jadi, instrumen ini sangat cocok untuk kondisi perekonomian yang sedang tidak stabil.

Selanjutnya: Aset Safe Haven
1
2


SEBELUMNYA

Intip 5 Alat Musik Termahal di Dunia, Ada Biola Stradivarius hingga Piano Steinway

BERIKUTNYA

5 Tren Seni Rupa yang Bakal Menggeliat pada 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: