Ilustrasi (Sumber gambar: Rodnae Productions/Pexels)

Ingin Mulai Usaha? Intip Sektor Bisnis yang Diprediksi Moncer pada Tahun Kelinci Air

23 January 2023   |   13:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Menurut Steven, kondisi tersebut tercipta lantaran semenjak pandemi, masyarakat kini sudah bisa lebih selektif dan menentukan daftar prioritas dalam membeli suatu barang atau jasa. Kendati demikian, tahun Kelinci Air ini dinilai tetap menjadi momen yang baik untuk memulai bisnis.

Hal tersebut juga harus diperkuat dengan analisa bisnis atau studi kelayakan bisnisnya sebelum memulai suatu usaha. Mulai dari seberapa besar supply (penawaran) dan demand (permintaan), kompetitor, hingga daya beli konsumen.

"Tapi lifestyle masyarakat itu akan jalan, dan produk-produk yang menyangkut gaya hidup itu akan laku tahun ini. Karena gayanya si Kelinci itu selalu dilihat dengan penampilan terbaik dan menunjukkan dirinya," katanya.

Secara umum, model usaha terdiri dari tiga jenis yakni usaha sendiri, waralaba (franchise), dan perkongsian atau patungan. Steven menilai pada tahun Kelinci Air ini, bisnis waralaba akan kurang menguntungkan. Sebaliknya, menurutnya, lebih baik menjalankan usaha secara mandiri.

Sekalipun akan menjalankan bisnis dengan mitra atau berkongsi, kebanyakan pebisnis dinilai akan merasa ragu-ragu. Menariknya, di tahun Kelinci ini, para pelaku usaha akan lebih menggandeng keluarga sebagai mitra dalam menjalankan bisnis mereka.

Dalam menjalankan bisnis, dia mengatakan para pengusaha perlu melakukan inovasi pada tahun ini agar bisnisnya semakin berkembang, termasuk memberikan kenyamanan pada konsumen. "Pengusaha harus berpikiran positif, inovasi, bikin satu gebrakan dimana orang-orang jadi tahu bisnis Anda," tambahnya.

Sebab, meski pada tahun 2023 krisis pandemi Covid-19 semakin mereda, dia melihat bahwa masih akan banyak terjadi pergolakan yang diakibatkan oleh sifat manusia yang kurang baik dan fenomena alam.

Terlebih, berbagai kondisi yang cukup menantang dari segi perekonomian seperti tingginya angka inflasi dan harga-harga barang kebutuhan, menciptakan kondisi yang berat bagi masyarakat.

Sebagai shio keempat, Steven menjelaskan bahwa Kelinci memiliki sifat pintar berpikir (smart thinking), sehingga pada tahun ini akan terjadi banyak negosiasi terhadap suatu keputusan atau kebijakan. 

"Akan tetapi, sifat Kelinci cenderung tidak bisa menjadi pemimpin, yang pada akhirnya akan menimbulkan banyak perubahan dengan waktu yang relatif cepat," ujarnya.

Baca juga: Intip 5 Shio yang Diprediksi Hoki pada Tahun Kelinci Air

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Mengenal Supply Chain Management yang Jadi Resep Rahasia Sukses Mixue

BERIKUTNYA

Pesan Nasionalisme Tersembunyi dalam Film Box Office Bollywood Bharat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: